Cara Mengganti PIN ATM BRI

Cara mengganti PIN ATM BRI pada mesin ATM, bisa kita bilang adalah pengetahuan yang wajib nasabah BRI yang memiliki ATM dan sering menggunakan mesin ATM untuk bertransaksi untuk ketahui. Mengapa ? karena biasanya ketika pertama kali kita membuka rekening kita di wajibkan untuk mengganti PIN atm.

Selain itu, terkadang sistem ATM pada BRI mewajibkan kita untuk mengganti PIN secara berkala. Biasanya muncul notifikasi pada layar ATM untuk mengganti PIN. Atau notifikasi kode reserved for iso, response code: 69 ataupun notifikasi FORCE PIN.

Jika seperti itu, kita perlu mengganti PIN untuk tetap bisa menggunakan mesin ATM untuk bertransaksi. Karena jika pemberitahuan ini kita abaikan, biasanya kita tidak bisa melanjutkan transaksi. Namun ketika sudah ganti PIN standar dan masih muncul notifikasi seperti itu. Maka kita wajib mengganti PIN melalui CS BRI.

Apa itu PIN ?

PIN atau Personal Identification Number merupakan kode rahasia yang perlu kita inputkan untuk mengakses atau bertransaksi melalui ATM. Bahkan tidak hanya untuk ATM saja. Hampir setiap layanan transaksi elektronik mewajibkan penggunaan PIN demi keamanan.

Kalau dulu jumlah PIN terdiri dari 4 digit angka. Sekarang sudah menjadi 6 digit angka.

Lihat juga : Cara daftar Internet Banking BRI lewat ATM

Cara Mengganti PIN ATM BRI Melalui Mesin ATM BRI

Hal ini sangat mudah kita lakukan. Cukup ikuti apa yang ada pada artikel ini. Maka PIN atm yang pertama akan terganti. Namun sebelum itu, kita harus mengetahui PIN yang pertama. Karena sebelum menginputkan PIN yang baru mesin atm akan meminta PIN pertama. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini !

  • Kunjungi mesin ATM terdekat.
  • Masukkan kartu atm,
  • pilih bahasa Indonesia
  • Masukkan PIN
  • Setelah itu, pada tampilan utama pilih Menu Lainnya
Cara Mengganti PIN ATM BRI
  • Cari menu Ubah PIN
mengganti pin atm bri lewat atm
  • Masukkan PIN lama, tekan BENAR
ganti pin
  • Inputkan PIN baru
mengganti pin atm
  • Ulangi input PIN baru. Nantinya masin ATM akan memproses permintaan transaksi. Lalu akan muncul notifikasi berhasil pada layar jika PIN telah berhasil terganti. Juga akan keluar struck pergantian PIN.

Lihat juga : Cara top up tabungan Emas lewat ATM Bri

Sebagai catatan, buatlah PIN yang tidak mudah untuk di tebak seperti penggunaan tanggal, bulan dan tahun lahir. Jangan catat PIN pada kertas lalu simpan di dompet. Atau menyimpan nomor kode PIN pada handphone. Hal ini sudah BRI ingatkan pada laman resminya untuk tetap menjaga kerahasiaan PIN. Adapun fasilitas layanan ATM bisa kita lihat di sini

Lihat juga : Cara bayar Indihome lewat ATM BRI

Tetapi jangan juga buat PIN yang tidak mudah kita ingat. Penggantian PIN tidak akan mendebet saldo rekening. Proses ini tidak ada biaya alias gratis. Kecuali kalau kita mengganti PIN di depan CS BRI akibat PIN terblokir. Maka ada biaya Rp. 5.000,-.

Mengganti PIN akibat terblokir harus kita lakukan di kantor BRI dan akan di kerjakan oleh Customer Service. Jika kita tidak sempat ke BRI. Kita bisa mengurus ATM terblokir dengan di wakilkan. Demikianlah cara mengganti PIN ATM BRI dengan benar terbaru tahun ini.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *