cara menggali potensi diri

Mau Tahu Cara Menggali Potensi Diri ? – Ala Khaer

Potensi Diri – Banyak buku-buku motivasi yang sering kita baca, katanya kalau ingin sukses dalam hidup ini kita perlu memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri. Setiap orang memiliki potensi keunggulan yang masing-masing berbeda satu sama lainnya. Potensi itu jika di temukan, di gali, dan di asah, maka akan menjadi keunggulan yang memiliki nilai tinggi di dunia ini. Memiliki nilai mahal yang mengantarkan kita mewujudkan impian menjadi orang sukses.

Namun meski diakui bersama bahwa setiap orang memiliki potensi. Terkadang kita masih bingung apa sih potensi saya ? Banyak orang yang belum mengenal siapa dirinya yang sesungguhnya. Mengenal Potensi diri erat kaitannya dengan mengenal diri. Siapa diri kita sesungguhnya ?

Dalam artikel singkat ini saya mencoba menguraikan bagaimana cara mengenal potensi diri. Parameter-parameter seperti apa yang dapat dijadikan tolak ukur bahwa inilah potensi yang kita miliki. Dengan mengetahui potensi tentu akan lebih mudah buat kita fokus dalam menjalani hidup ini. Karena dengan mengembangkan dan menjaga potensi kita akan menjadi mahluk yang sesuai dengan fitrah yang Allah anugerahkan. Potensi dalam diri kerap juga di sebut bakat alami seseorang.

Indikator Yang Dapat di jadikan Pedoman Cara Mengenal Potensi Diri

1. Apa yang membuat lupa waktu  ?

Dalam setiap aktivitas yang dilakukan, terkadang ada sebuah pekerjaan yang membuat kita merasa lupa waktu, merasa senang melakukan hal itu, dan yang lebih penting kita merasa tertantang utnuk terus melakukannya. Tidak ada seruan dari pihak luar, tetapi lebih dari pada diri kita sendiri dan kehendak batin.

Melakukan analisa seperti ini perlu juga di libatkan logika, jangan sampai kita hanya melakukannya berdasarkan emosi sesaat. Misalnya; Pemain judi, mereka terbiasa duduk sampai ada yang berhari-hari tak mempedulikan dengan keadaan dirinya, tentu ini bukanlah sebuah pekerjaan yang sesuai potensinya. Karena Judi sudah jelas-jelas di larang di dalam agama.

One thought on “Mau Tahu Cara Menggali Potensi Diri ? – Ala Khaer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *