Use Filmora video editor to express your creativity and amaze with beautiful results.

Cara Mengamankan Jaringan Wifi Internet Dari Upaya Pembobolan

  • Bagikan

Cara Mengamankan Jaringan Wifi – Pada postingan sebelumnya bisnisonlineusaharumahan telah menulis cara mengganti password speedy sebagai salah satu alternative untuk menjaga akses internet agar tetap aman dari upaya pembobolan. Sekarang ini hampir semua warung kopi, cafe-cafe, restaurant, dan kantor-kantor sudah memiliki jaringan internet. Oleh sebab itu, sebagai pemilik jaringan patut kiranya mengetahui cara mengamankan jaringan internet dari upaya pembobolan.

Namun upaya untuk mengamankan akses internet dari upaya pembobolan tidak semudah itu. Masih ada trik-trik lain yang perlu di lakukan, sebab membobol wifi milik orang lain sudah dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi tertentu yang dengan mudah di download gratis di internet.

Paket speedy kini telah di-bundle dengan wifi router yang memungkinkan memberi jaringan hotspot sendiri di rumah.

Yang jadi perhatian utama bagi pemilik wifi rumahan adalah masalah keamanan jaringan. Yaitu bagaimana kita memberi ruang akses internet terbatas hanya oleh orang yang kita ketahui atau izinkan saja. Bukan oleh orang yang tidak di kehendaki.

Mengatasi upaya pembobolan wifi dan mengamankannya dari orang yang tida berhak, dapat dilakukan melalui wifi router. Apa itu Wifi Router ? Wifi router adalah hardware yang menghubungkan antara perangkat computer, laptop, android, dll dengan internet baik dalam jaringan local (LAN) maupun internet. Wifi Router di kenal oleh banyak orang sebagai modem.

Cara Mengamankan Jaringan Wifi Di Rumah Melalui Wifi Router

Sebelum melakukan konfigurasi atau settingan pada router kita perlu mengetahui alamat standar (IP Adress). Tiap router memiliki alamat IP yang berbeda. Untuk mengetahui alamat IP address Wifi router ada di bagian belakang.

Dalam kesempatan ini, Wifi router yang jadi contoh kasus adalah TP-LINK TD-W8151N alamat Ip nya 192.168.1.1

Cara Mengetahui IP Address Router

Umumnya alamat IP setiap router tercantum pada bagian belakang router atau modem itu sendiri. Namun mungkin beberapa hal lain, sticker tersebut bisa saja tercabut. Maka untuk mengetahuinya dapat kita lakukan sebagai berikut.

klik Start » Run dan ketik cmd /k ipconfig /all (pada search box) Hingga muncul jendela di bawah.

Cara Mengamankan jaringan wifi

Pada jendela CMD cari bagian Default Gateway itulah alamat IP nya.

Langkah-langkah Cara Mengamankan Jaringan Internet

Selanjutnya setelah mendapatkan alamat IP Wifi Router. Saatnya memasukkan pada address Bar browser.

Isikan username dan password pada login router. Jika belum pernah ganti maka username dan password standar adalah admin.

Ganti username dan password login ke Wifi Router

Jika login router masih menggunakan user dan password standar yaitu “admin”, maka sangat disarankan untuk mengganti login ini. Caranya pilih menu maintenance lalu masukkan password baru. Seperti gambar di bawah.

Ganti Password Hotspot

Inilah yang paling umum di pergunakan orang lain untuk mendapatkan akses internet dari jaringan speedy yang di miliki dengan mengetahui password hotspot. Di sarankan untuk sering mengganti password caranya dapat di lihat pada cara mengganti password speedy. Gunakan kombinasi huruf besar kecil angka dan karakter ASCII agar lebih aman.

Pada bagian wireless security, pilih WPA-PSK/WPA2-PSK. Pada bagian Password (Passphrase Key) masukkan password yang berisi kombinasi tadi.

Jika password baru belum terbaca. Silahkan melakukan reboot. Pilih Maintenance lalu Reboot. Juga dapat kita lakukan dengan mencabut kabel power wifi router untuk sementara.

MAC Filtering

Merupakan tindakan mengamankan jaringan wifi dengan memanfaatkan Mac address setiap perangkat yang terhubung pada internet. Mac Adress merupakan nama setiap perangkat yang tidak ada yang sama. Tujuannya setiap mac address perlu kita masukkan kedalam wifi router lalu kita pilih apakah nama mac address tersebut di berikan akses atau malah kita lakukan black list.

Caranya cari bagian DHCP lalu DHCP clients. Jika semua perangkat terhubung ke internet akan tampak di sini.

Untuk memberikan akses atau malah akan memblack list caranya cari bagian advance security lalu pilih mac address filtering. Lalu tambahkan daftar perangkat mac address ke dalam filtering.

Setelah itu pindah ke bagian firewall security. Pilih enable. Lalu aktifkan Mac filter dengan memilih enable mac address filtering lalu pilih Allow

Memilih Allow mengisyaratkan hanya memberi akses pada semua perangkat yang terdaftar dalam Mac filter

Jadi untuk mengkoneksikan jaringan baru atau perangkat baru perlu mematikan sementara Mac filter. Agar perangkat dapat mengakses wifi, lalu masukkan kedalam daftar filter lalu aktifkan lagi filteringnya.

Gunakan SSID Unik

Salah satu trik yang cukup ampuh cara mengamankan jaringan wifi internet di rumah adalah menggunakan nama SSID yang unik seperti “Network Unavailable atau No Internet Connection” atau nama lain seperti “C:\Virus.exe”

SSID (Service Set Identifier) adalah nama hotspot milik kita.

Cara untuk menganti SSID,  Pilih Wireless Setting, dan ganti SSID dengan nama unik kemudian klik Save.

Secara sederhana mengganti nama SSID ini akan mencegah orang untuk mencoba mengakses hotspot anda.

Demikian beberapa langkah Cara mengamankan jaringan wifi di rumah, kantor maupun di cafe-cafe yang menggunakan jaringan indihome. yang dapat dilakukan untuk mengamankan jaringan wifi di rumah dari upaya pembobolan dari pihak luar yang tidak di kehendaki. Semoga dengan apa yang di sajikan di atas mampu melindungi jaringan internet anda. Terima kasih

  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *