cara mendapatkan modal usaha

Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha Bagi Pelaku UKM

Berapa besar Pinjaman Yang diberikan adalah 80% dari Laba bersih di lihat dari angsuran yang akan di berikan. Contohnya : Jika Laba Bersihnya Rp 15.000.000 dikali dengan 80% maka di dapat Rp.12.000.000, Itulah jumlah angsuran yang dapat diberikan tidak boleh melewati itu terkecuali kalau ada deviasi atau pertimbangan lain.

3. Memiliki Track Record Di bank Yang baik

Hal ini dapat diketahui dari penarikan Informasi dari bank indonesia perihal histori pembayaran kita di tempat lain. Jika Kita pernah mendapat pinjaman modal usaha di tempat lain namun menunggak maka hal ini dapat menjadi alasan bagi bank untuk menolak permohonan berkas yang diajukan.

Nasabah yang memiliki histori pernah menunggak lebih dari 3 bulan biasanya permohonan wajib di tolak oleh pihak bank. Namun kalau penunggakan dengan 1 atau 2 bulan masih menjadi pertimbangan untuk di berikan modal usaha asalkan faktor kedua poin di atas terpenuhi dan penunggakan 1 atau 2 bulan itu memiliki mitigasi yang kuat bahwa menunggaknya bukan disebabkan isu karakter.

4. Karakter Yang Baik.

Pertimbangan karakter cukup memberi sumbangsih besar dalam pertimbangan pemberian kredit. Biasanya pihak surveyer akan melakukan pengecekan informasi minimal dari Pihak konsumen dari pemohon kredit, Tetangga Usaha, tetangga rumah, Pihak Suplayer atau dari pihak yang berwenang.

5. Value Agunan

Bank atau pembiayaan memberikan bantuan modal kerja, Investasi atau konsumsi dengan melihat dari nilai jaminan yang diserahkan oleh pemohon modal usaha. Kecuali dari program-program tertentu dari pihak bank atau pembiayaan yang tidak mensyaratkan jaminan. Seperti KUR, KTA dan lain-lain.

Besarnya Jumlah dana yang diberikan pihak pemberi pinjaman menerapkan 70 atau 80 % dari nilai jaminan. Kalau Nilai jaminan Rp 100.000.000 maka jumlah nilai jaminan yang dapat diinput oleh bank hanya 70 juta atau 80 juta maksimal.

Bagaimana Caranya mendapatkan pinjaman dari bank jika tidak memiliki jaminan? ada beberapa alternatif misalnya Bank Konvensional seperti BRI, BNI, Mandiri Biasanya memiliki program pemberian pinjaman yang tidak mengharuskan adanya jaminan, seperti ada Program Kemitraan, KUR, dan KTA Atau dari BUMN Telkom Juga melayani pemberian modal untuk pengembangan bisnis lewat program kemitraan. Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi websitenya syarat-syarat apa yang harus di miliki untuk mendapatkan mitra dari Telkom.

Baca Juga : Cara Memulai Usaha

***

Itulah Tahapan-tahapan memulai usaha dengan pertimbangan modal, Mendapatkan modal usaha dari bank harus melewati ke 5 syarat-syarat di atas. Kalau kita memiliki kriteria tersebut. maka mendapatkan pinjaman atau modal usaha sesuai keinginan dan tidak di tolak bisa terwujud. Namun Jika ada salah satu atau bagian dari poin tersebut yang tidak dipenuhi maka siap-siap saja modal usaha yang di impikan tidak akan terealisasi.

Namun kalau kita kreatif dalam memulai sebuah bisnis bukan hal yang mustahil dilakukan tanpa modal, Kalaupun modal usaha memang kita butuhkan pengajuan kepihak bank dapat terpenuhi jika kita pandai menyiasati usaha dan diri kita agar dapat memenuhi ke 5 poin itu.


One thought on “Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha Bagi Pelaku UKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.