cara mendapatkan modal usaha

# 8 Solusi Cara Mendapatkan Modal Usaha Bagi Calon Pengusaha

Cara Mendapatkan Modal Usaha – Salah satu hal yang menghalangi orang untuk memulai usaha adalah modal. Modal merupakan sesuatu yang menjadikan usaha dapat berjalan. Seseorang yang baru memulai bisnisnya, tentu dia perlu membeli barang yang akan di jual, perlu memberi perlengkapan bisnisnya sendiri. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan modal atau dana awal.

Lalu tantangan yang paling besar adalah bagaimana sih cara mendapatkan modal usaha ? tentu ini bukan pertanyaan yang mudah untuk di jawab. Apalagi bagi kita yang tidak terbiasa berhubungan dengan pihak perbankan atau pembiayaan. Atau memiliki track record yang buruk di perbankan sehingga pengajuan permohonan dana tidak dapat terealisasi. Oleh sebab itu, mungkin beberapa alternatif yang ada di artikel ini dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang di hadapi terkait kebutuhan dananya.

Artikel Terkait : Alasan Seseorang Lebih Memilih Berwirausaha

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Perlu Ke Bank

1. Menjual Aset Yang Di Miliki

Salah satu cara mendapatkan modal usaha adalah menjual aset yang dimiliki. Berapa taksiran kebutuhan dana, kemungkinan ada aset yang setara yang dapat di jual dengan jumlah uang tersebut.

2. Menggunakan Uang Tabungan

Tabungan bisa menjadi solusi memulai usaha yang memerlukan modal. Jika kita memiliki tabungan maka kita tidak perlu di pusingkan dengan meminjam uang dari luar. Namun bagaimana jika kita tidak memiliki tabungan untuk mendapatkan modal usaha ? kita bisa lanjut ke poin berikut ini

Artikel terkait : Cara Memulai Usaha

3. Tukar Tambah Barang

Jika kita tidak memiliki tabungan untuk memulai usaha, maka kita bisa mencoba menggunakan tips dengan menukar barang dengan barang di bawah harga, agar kita memiliki selisih harga atau uang dari hasil penukaran tersebut. Misalnya kita memiliki Smartphone dengan harga 5 juta kita bisa menukarnya dengan orang yang memiliki smartphone dengan harga 3 juta. Dengan demikian kita akan mendapatkan uang fresh sejumlah 2 juta rupiah.

Baca juga : Tabel Angsuran KUR
4. Gadai Barang

Namun bagaimana jika sekiranya kita tidak rela untuk melepas barang di miliki dengan menjualnya atau dengan melakukan tukar tambah. Hal tersebut masih bisa di siasati dengan menggadaikan barang tersebut. Solusi seperti ini kita tetap mendapatkan uang modal usaha sekalian barang kesayangan tetap menjadi kepunyaan kita. Cukup hanya membayar sewa gadainya……

5. Melalui Arisan

Arisan merupakan salah satu solusi cara mendapatkan modal usaha tanpa perlu ke bank atau pembiayaan.

6. Menemukan Rekan Kerja Sama

Jika kita hendak memulai usaha namun modal yang di miliki tidak cukup kita bisa menggunakan strategi berikut ini yaitu menemukan rekan kerja sama yang bisa di ajak berkongsi modal agar modal untuk memulai usaha tersebut tercukupi.

Yang perlu di perhatikan dalam hal kerja sama ini adalah kita perlu mengenal betul orang yang di ajak kerja sama agar bisnis berjalan sesuai dengan plan awal. Kita perlu menghadapi perbedaan komunikasi yang sudah menjadi keniscayaan dalam sebuah perkongsian.

7. Menemukan Investor

Cara mendapatkan modal usaha berikutnya adalah menemukan investor yang mau menanamkan modalnya terhadap ide bisnis yang di miliki. Kita bisa memanfaatkan database teman SMP, SMU ataupun teman lainnya yang di sinyalir memiliki sejumlah dana. Kita bisa menjelaskan mengenai proposal bisnis yang akan di buka. Jika teman tersebut memiliki dana dan persentase proposal bagus sampai kepada tahap pembahagian bagi hasil keuntungan usaha maka besar kemungkinan kita akan mendapatkan modal usaha tanpa perlu berhubungan dengan pihak perbankan.

8. PreOrder

Preorder atau yang biasa di kenal dengan PO merupakan cara penjualan barang dengan mengharuskan pembeli melakukan pemesanan dan membayar sejumlah uang baik lunas maupun sebagai pembayaran DP dari harga barang yang di pesannya.

Jika kita memiliki bisnis berupa penjualan barang atau jasa, dan kita bisa menanamkan kepercayaan kepada nasabah untuk melakukan pembayaran di awal maka, hal ini bisa menjadai salah satu solusi terakhir dan paling ampuh menjalankan bisnis tanpa modal.

Demikianlah sejumlah ide kreatif yang sempat admin tulis di blog ini yang di peruntukkan bagi calon pengusaha yang mengalami kebuntuan bisnis sebab tidak memiliki modal usaha. Semoga artikel cara mendapatkan modal usaha ini bermanfaat untuk sobat onliner semuanya. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *