cara memelihara ikan koi yang benar agar tidak mati

Cara Memelihara Ikan Koi Yang Benar Agar Tidak Cepat Mati

C. Jumlah koi dalam kolam

Seperti yang di sebutkan di atas bahwa Koi membutuhkan ruang gerak yang lapang. Oleh sebab itu, silahkan perhatikan di kolam yang telah di persiapkan dengan jumlah koi yang di masukkan. Apakah terlihat longgar, ataukah tidak.

Hal ini juga turut mempengaruhi pertumbuhan Koi. Jadi bisa di perhatikan lagi kolamnya.

D. Makanan

Untuk makanan ikan koi, bukan hal yang sulit di dapatkan bagi pemula yang sedang belajar memelihara ikan koi. Pasalnya pakan ikan Koi banyak di jual di toko-toko pakan. Namun yang perlu menjadi pertimbangan adalah pakan yang baik itu akan membuat ikan koi cepat tumbuh dan sehat. Dan biasanya pakan yang bagus itu, tentu memiliki harga yang juga lumayan tinggi. Karena pakan itu harus di impor dari negeri asalnya yaitu Jepang. Harga per kilonya bisa mencapai 150 ribu. Dan hal tersebut tergantung dari daerah dimana di pasarkan.

Memberikan makanan koi bisa di lakukan 2 kali sehari yaitu ketika pagi dan sore hari. Selain untuk menghemat pakan, hal ini akan membuat koi akan lebih agresif ketika di berikan makanan lagi. Hal tersebut membuatnya lebih lincah bergerak. Yang otomatis akan baik bagi kesehatan dan pertumbuhannya.

Dan sebagai makanan alternatif bisa di berikan sawi, kubis, udang-udangan, cacing darah, semangka, dan cacing rambut.

E. Menjaga kondisi air

Kondisi air yang perlu di perhatikan adalah tingkat kekeruhan dan suhu air tersebut. Oleh sebab itu, untuk menjaga kondisi air kolam ikan koi sebaiknya kuras air kolam sampai 10% tiap rentang waktu. Apakah per minggu-per 2 minggu atau per bulan. Hal ini bisa di sesuaikan dengan kondisi air, geografis yang ada. Mengganti air bersih yang baru, mengisyaratkan Koi membutuhkan waktu lagi untuk beradaptasi dengan kondisi air yang baru. Oleh sebab itu, mengganti air sampai 10 – 20 % merupakan langkah yang cukup baik untuk menghindari kadar stress bagi Ikan KOi.

Yang perlu di ketahui juga adalah, bahw kondisi air turut mempengaruhi pola warna pada ikan Koi

F. Menghabiskan waktu senggang di kolam Koi

Salah satu tips yang cukup mumpuni terkait cara memelihara ikan koi yang benar bagi pemula adalah banyak menghabiskan waktu dan memperhatikan kondisi ikan dan pergerakannya. Meski terkesan sederhana, namun bagi pemula hal ini akan membangkitkan intuisi antara kita dengan ikan koi tersebut.

Hal ini juga, dapat menyiratkan penanganan cepat jika ada gejala-gejala yang perlu di atasi. Misalnya kolam kemasukan dengan binatang lain seperti serangga atau binatang air lainnya. Tentu hal tersebut, akan sangat fatal bagi kelangsungan hidup Koi.

G. Cara memasukkan Koi tambahan

Koi tambahan yang di beli tidak boleh langsung di masukkan ke kolam berbaur dengan Ikan koi yang sudah beradaptasi dengan kolamnya. Koi tambahan yang di beli tersebut, perlu di lakukan karantina terlebih dahulu di sebuah media atau tempat lain yang membuatnya bisa bergerak bebas.

Beberapa keuntungan karantina ini di lakukan dalam cara memelihara ikan koi

  • Menetralisir bakteri atau zat-zat asing yang di bawah oleh Koi tersebut
  • Bisa menteralisir penyakit, yang jika Koi yang di beli itu tidak sehat. Jangan karena 1 ikan Koi bisa merusak puluhan koi yang ada

Artikel budidaya :

Demikianlah beberapa tips penting yang perlu di ketahui oleh pemula terkait cara memelihara ikan koi yang benar agar tidak cepat mati.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.