cara buat webiste

Cara Membuat Blog WordPress Dengan Domain sendiri

Cara membuat blog wordpress dengan domain sendiri – Maksud dari judul ini nama domain yang kita buat itu nantinya adalah nama yang sudah di tentukan sebelumnya. Artikel ini sengaja di buat, sebagai panduan bagi pemula yang pengen memiliki blog namun tidak tahu harus mulai dari mana. Sama seperti penulis, awalnya juga tidak tahu, bagaimana sih membuat blog itu ? Setelah belajar, ternyata hal itu tidak sulit di lakukan.

Kendala yang paling saya rasakan saat awalnya membuat blog di wordpress dengan domain pilihan saya sendiri adalah tidak menemukannya artikel yang lengkap mulai dari A sampai blog tersebut benar-benar jadi.

Olehnya itu, di kesempatan ini saya mencoba menuliskannya di sini.

Namun sebelum melangkah lebih jauh ! Ada beberapa istilah yang perlu kita pahami dan bedakan artinya. Agar nantinya kita bisa mengerti panduan ini.

Cara Membuat Website Dengan Script wordpress Lengkap, Pada bagian ini saya mencoba membuat uraian singkat, lengkap dan insya Allah mudah di pahami buat yang betul betul mau belajar membuat website atau blog dengan menggunakan platform wordpress dengan self hosting.

Sebelum kita melangkah, perlu dipahami dan diluruskan pemahaman kita bersama apa itu blog ? apa itu wordpress ? Dan apa itu website ?. Blog merupakan bagian dari website, wordpress juga merupakan bagian dari blog juga bagian dari website, kalau kita ilustrasikan gambarnya kurang lebih seperti ini

Jadi semua apapun yang ada di internet di sebut sebagai website, ragam website itu memiliki jenis yang berbeda, sesuai dengan tujuan dan kehendak pemiliknya. Ada website yang berbentuk forum, social bookmarking, social network, search engine, dan blog.

Blog sendiri terbagi lagi, ada blogspot.com, multiply.com,webs.com, tumblr.com, wordpress.com.

Namun yang akan kita bahas di sini adalah tahapan-tahapan langkah cara membuat website dengan hosting dan domain sendiri menggunakan script wordpress.

 

Apa itu Wordpess ? wordpress adalah sebuah script yang dipergunakan untuk membangun sebuah blog atau website. Tanpa memiliki keahlian dalam ilmu koding, seseorang bisa saja membangun sebuah website mudah dengan menggunakan script ini. Jadi apa yang nampak dilayar monitor itu adalah hasil kerjasama berbagai kode php, css, html yang bersinergi kemudian memunculkan sebuah tampilan yang dapat dimengerti oleh manusia.

Singkatnya WordPress berusaha menerjemahkan bahasa robot dengan manusia. Bila ingin mengetahui lebih lengkap pengertian wordpress dapat melihat blog wikipedia tentang wordpress

Lalu bagimana cara mendapatkan scipt wordpress ? mudah sekali jika kita mau menggunakan worpress dan hal itu dapat di download secara gratis di https://wordpress.org/download/. Kita bisa langsung mendownload scriptnya yang ada di samping kanan halaman.

Apakah performa wordpress dapat di andalkan, sebagaimana kita ketahui bahwa kebanyakan yang gratisan itu cenderung kualitasnya buruk. Tunggu dulu !, wordpress memang gratisan tetapi kualitasnya sangat tinggi, karena di dukung oleh programmer handal yang terus melakukan update script untuk lebih membuat nyaman dan enak untuk di pergunakan untuk membuat website.

 

Cara Membuat Website Menggunakan Scipt WordPress

WordPress awalnya bernama Cafelog berdiri sejak tahun 2004 yang di pimpin oleh Ryan Boren dan Matt Mullenweg. Sampai sekarang terus melakukan inovasi dan update terbaru sehingga menjadikan WordPress dapat bertahan, dan menjadi salah satu scipt yang paling banyak di pergunakan oleh kalangan webmaster. Mengapa ? inilah keunggulan WordPress di banding script pembangun web yang lain.

 

1. Tersedianya Sistem Tema,

mengganti template / tema sangat mudah di wordpress, cukup dengan sekali klik maka website kita pun dapat berubah tampilannya. Tanpa mempengaruhi konten blog.

 

2. Terintegrasi dengan Link Management,

Memungkinkan kita mengatur link di webiste kita dengan website lain dengan hanya mengisi formulir.

 

3. Memiliki Struktur permalink Yang seo Frendly dengan search engine.

Alamat Url yang dibentuk oleh wordpress mudah di kenali oleh Search engine.

 

4. Support dengan banyak Plugin,

Website yang kita bangun dapat di rubah fungsinya dengan menggunakan plugin sesuai keinginan cara install dan merubahnyapun cukup dengan sekali klik.

 

5. Kemampuan untuk mengumpulkan artikel dalam satu kategori,

atau beberapa kategori untuk satu artikel, untuk lebih memudahkan navigasi dalam menjelajahi website.

 

6. Tersedia Widget yang dapat di pasang dan dicabut,

di bagian website yang lebih memberi kemudahan dalam mengoptimalisasi ruang webiste agar cakupan lebih luas dan tampilan tetap rapi.

 

7. Dapat terhubung dengan blog-blog dan website lain dengan sistem Trackback dan pingback.

Cara membuat website dengan menggunakan scipt wordpress, jika ada link yang mengarah kealamat URL artikel baik link internal maupun link dari luar akan terbaca di email sebagai ping

 

8. Terdapatnnya formatting pengetikan,

Memungkinkan membuat artikel, model huruf, memberi warna huruf dengan sistem formatting text yang dapat di kerjakan dengan mudah tanpa perlu mengerti bahasa robot.

 

9. Mampu membuat halaman statis,

maka wordpress dapat melakukan hal itu.

 

10. Cara membuat website dengan WordPress dapat memanajemen banyak admin atau pengisi konten,

Setiap admin memiliki akses yang sama dalam satu website.

 

11. Memiliki statistik

untuk mengetahui jumlah pengunjung, referensi dari search engine atau media sosial seperti facebook, twitter, google+. dalam perhari, minggu, perbulan, dan mengetahui kata kunci apa yang dipergunakan hingga menemui web kita.

 

12. Dapat memblokir pengunjung

dengan melacak IP

 

13. Terintegrasi dengan Kolom komentar,

agar dapat menjalin hubungan dengan pengunjung.

 

14. Memiliki pemberitahuan kepada pengunjung loyal website

kita setiap ada artikel yang di publish, melalui RSS Feed.

 

15. Kemampuan menyimpan konsep tulisan.

terkadang ketika kita menulis artikel baiknya di simpan dikonsep dahulu sebelum di publish, untuk di edit.

 

Cara membuat website dengan menggunakan wordpress memiliki banyak kelebihan di banding scipt pembangun lainnya, navigasinya lebih mudah sangat sesuai dengan pemula yang ingin belajar membuat websitenya sendiri, hasilnya akan tampil mewah dengan banyaknya fitur-fitur plugin yang dapat ditambahkan.

Hebatnya lagi, wordpress terus melakukan update, jika terdapat kelemahan-kelemahan dalam scipt mereka. terus melakukan inovasi dan tambahan fitur agar lebih nyaman di pergunakan, baik dari segi keamanan maupun kemudahan dalam menjalankannya.

Itulah sebab kenapa sampai sekarang wordpress, masih menjadi script pembuat webiste yang mendominasi dunia internet.

Setelah kita mengetahui kelebihan script wordpress. Mungkin kita akan lebih bersemangat menggunakannya.

Tanpa perlu mengetahui bahasa-bahasa kode php, html, css kita sudah bisa membangun website yang cantik, elegan, mewah, dan tentu sesuai dengan keinginan pemiliknya.

 

Apa yang perlu kita lakukan jika memilih wordpress sebagai script pembangun blog ?

Cara membuat website dengan wordress sangat mudah. kita hanya perlu tahu cara menginstallnya, mengelola, dan memeliharanya.

Hanya itu yang perlu di pahami, dan itulah tujuan yang mendasari artikel ini memberikan tuntunan cara membuat website dengan wordpress secara lengkap, detail tahap demi tahap. Mulai dari menginstall mengelola, managemen, dan memeliharanya dengan prinsip SEO frendly agar baik dimata search engine.

Dalam dunia online / internet kita perlu membedakan ada wordpress yang dapat membangun website secara gratis, yang di bahas di atas ini adalah wordpress yang kita install sendiri, bukan wordpress instan, alias membangun website itu tidak gratis diperlukan Domain dan Hosting untuk membuatnya.

 

Perbandingan Website WordPress Self Hosted Dengan Website WordPress Instan.

WordPress Instan memang tidak perlu membeli domain dan hosting, karena website kita nantinya akan diletaakkan di server / hosting di wordpress.com. Nanti nama alamat website menyertakan wordpress.com. Misalnya nama web, caramembuatwebsite.wordpress.com, websitesaya.wordpress.com, dll.

Mungkin kita pernah melihat atau sering menemukan alamat website yang seperti itu, karena banyak juga yang menggunakan fasilitas wordpress.com.

Kelemahan menggunakan wordpress instan, kita tidak memiliki keleluasaan dalam mengelola website sendiri, mengganti tema atau template terbatas hanya template yang dimiliki wordpress.com, kita tidak dapat membuat kolom formulir, edit kode, dan pengembangan website juga terbatas karena plugin yang dimiliki tidak ada.

Nama domain terlihat tidak profesional, karena terkesan gratisan.

Kalau ditelaah lebih jauh, wordpress membuat website instan itu hanya di pergunakan untuk melakukan optimasi pada wordpress self hosting. Apalagi kalau tujuan komersil, sebaiknya menggunakan hosting dan domain sendiri agar terbuka ruang untuk melakukan perluasan fungsi / kemampuan blog kita nanti.

 

Cara Membuat Website Langkah Pertama Adalah Membeli Domain dan Hosting 

Baiklah kita lanjut praktik, kalau sebelumnya mungkin baru pendahuluan karena hal itu di rasa perlu agar lebih memudahkan langkah kita untuk membuat website, karena akan banyak istilah-istilah asing yang di ketemukan nantinya. Tapi tidaak perlu bingung dulu karena di sini saya akan membeberkan sedikit demi sedikit istilah itu agar lebih mudah di praktikkan dalam cara membuat website.

 

1. Domain.

Apa itu domain ? Domain adalah nama alamat website kita. Agar mudah diketahui / kenali oleh manusia. Misalnya

facebook.com, google.com, bisnisonlineusaharumahan.com. Itu semua merupakan nama domain.

Domain terdiri dari 2 bagian yaitu nama domain itu sendiri dan extension. bisnisonlineusaharumahan = nama domain, com = extension

Nama domain hanya diperkenankan menggunakan huruf, angka, dan tanda penghubung. Sedangkan huruf kecil dan kapital itu akan di sesuaikan menuju ke nama domain itu sendiri.

Nama domain hanya bisa dimiliki oleh satu orang saja, jadi tidak akan ada orang yang akan salah alamat dalam mengunjungi sebuah blog. Asalkan tidak salah dalam mengetikkan nama alamat domain.

Sedangkan extension sendiri memiliki banyak nama, seperti com,org,id,net, dll.

Untuk penjelasan lebih detail tentang Extension dan bagian-bagiannya dapat mengunjungi blog wikipedia di sini

Hal yang perlu diperhatikan untuk memilih nama domain,

Buatlah nama domain yang mudah di ingat, mudah untuk ditulis, dan yang lebih penting lagi adalah nama domain searah dengan tema konten blog atau mengandung kata kunci.

Misalnya konten blog tentang mainan anak-anak, maka nama domain dapat seperti mainananakanak.com, mobil_mobilan.com, temanmain.com dll. Nama domain yang paling bagus menurut saya adalah nama domain yang mengandung ide / niche website.

 

Sebuah domain dapat membentuk sebuah domain turunan, atau dikenal dengan subdomain. Misalnya Domain utamanya bisnisonlineusaharumahan.com, dapat dibuatkan subdomain dengan nama blog.bisnisonllineusaharumahan.com atau punyaku.bisnisonlineusaharumahan.com

Domain utama dan subdomain, masing-masing berdiri sendiri, dalam satu hosting.

Kalau diibaratkan domain utama itu adalah sebuah rumah permanen dan subdomainnya adalah gardu yang ada di halaman rumah permanen itu.

Ruangan yang ada di halaman rumah itu diibaratkan sebagai subdomain, yang dapat memiliki fungsi yang berbeda dengan rumah induk atau domain utama.

Baca Juga : Pentingnya Riset Kata Kunci Dalam Membangun Website

 

2. Hosting.

adalah tempat domain berpijak, kalau di ibaratkan sesuai dengan gambar rumah diatas. Maka hosting itu adalah tanahnya, yang memiliki ukuran tertentu sesuai dengan sertifikattnya, ada ukuran panjang dan lebar.

Begitupun saat kita menyewa hosting ada ukuran space, bandwith, serta jumlah subdomain yang dapat berdiri diatasnya.

untuk keterangan tentang pengertian ilmiahnya silahkan https://id.wikipedia.org/wiki/Layanan_hos_web

Membeli Domain dan Hosting

Tempat untuk membeli domain dan hosting cukup banyak, baik yang ada di dalam negeri maupun yang ada dari luar. Domain dan hosting dalam negeri tidak kalah dengan perusahaan yang ada diluar negeri. Sudah banyak perusahaan hosting di indonesia yang memiliki ribuan bahkan ratusan juta member.

Yang lebih utama lagi dalam memilih perusahaan penyedia layanan hosting adalah customer service atau layanan chat 24 jam, karena terkadang ada ada saja yang ingin di tanyakan apakah itu terkait, username, password Cpanel yag dilupa, terjadi erorr pada control panel hosting, tampillan eror pada website atau apapun yang ingin dikonsultasikan terkait dengan domain dan hosting perusahaan harus siap. Jam berapapun itu,

Ok. Langsung saja diantara banyaknya penyedia layanan hosting saya memilih Niagahoster sebagai panduan membeli domain dan hosting. Banyak keunggulan memilih Niagahoster, terutama unlimited space dan unlimited bandwith. ok langsung saja kita praktik beli hosting dan domain di NiagaHoster  klik di sini

Setelah halamannya muncul coba scroll kebawa sampai menemukan pilihan paket

cara membuat website

Saran saya pilihlah personal atau minimal pelajar. setelah memilih paket maka akan muncul durasi pembayaran apakah memilih 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun lama kontrak hosting.

cara membuat website

No. 1 pilihan paket : Bayi, Pelajar, Personal, dan Bisnis ( Saran Pilihlan Personal )

No. 2 Memilih Durasi Pembayaran Apakah per 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun.

Selanjutnya akan muncul halaman

No. 1 tempat memasukkan nama domain ,

No. 2 pilihan extension yang akan di pakai ( ada puluhan extension di situ, dan kabar gembiranya menggunakan Niagahoster, ada 12 extension dengan domain gratis, jadi yang dibayar hanya jasa sewa hosting.

cara membuat website

Jika sudah memiliki domain sendiri Klik No. 3  lalu isikan nama domain dan extension. Jika belum punya, silahkan masukkan nama domain baru di kolom No,1 dan pilih extension yang dikehendaki No.2,  Jika domain dan extension tersedia maka akan muncul pemberitahuan tersedia.

cara membuat website

Klik tombol Tambah Ke Cart, Maka muncul rincian order Hosting akan tampil seperti di bawah ini,

cara membuat wesbite

Rincian order hosting akan nampak fasilitas yang dapat ditambahkan ke paket yang diorder, seperti Weebly website builder ini Gratis. Dan Rekomendasi keamanan SSL Certificate (Option).

Jika Fasilitas tambahan tidak di pilih kosongkan saja, Scroll ke bawah dan klik lanjutkan. Maka Muncul halaman di bawah !

cara membuat website

Kolom No. 1 Jika Kita Pengguna baru Niagahoster tentu belum memiliki akun. Buat akun dahulu.

Kolom No. 2 jika kita telah memiliki akun sebelumnya langsung masukkan email dan password yang terdaftar di niagahoster. Jika belum memiliki akun Tekan Lanjutkan di Kolom No.1 untuk mengisi data diri.

cara membuat website

isikan Informasi data diri anda, mulai email aktif, Password, perusahaan (jika perusahaan yang order), n0.telpon, alamat dll. Dibagian bawah pilih metode pembayaran yang akan di gunakan, Transfer bank atau aktivasi instant dengan Cartu credit. Selanjutnya jika punya kode promosi masukkan juga karena akan ada potongan harga  10 % dari nominal biaya order.

Setelah itu Tekan Tombol CheckOut No.2, Jika ada Kode promosi masukkan Juga di No. 1

cara membuat website

Jika semua tahapan-tahapan kita lakukan berhasil maka pemberitahuaan yang muncul, seperti ini,

cara membuat blog wordpress

Setelah muncul pemberitahuan seperti di atas, maka klik kotak warna Orange, Maka akan muncul

cara membuat website

Total yang mesti di bayar, dan yang lebih penting Catat No. Tagihan

cara buat website

Setelah melakukan pembayaran  konfirmasi pembayaran di perlukan No tagihan, Untuk Lebih cepat prosesnya lakukan konfirmasi by Email. Contohnya seperti dibawah.

cara bangun web

Setelah konfirmasi terkirim, usahakan melakukan transfer pada jam kerja agar proses lebih cepat. Akan ada email yang diterima, sesuai dengan email yang dipakai saat mendaftar.

cara buat blog

Setelah kita menerima pemberitahuan via email, tentang status hosting dan domain yang telah diaktifkan maka saatnya kita melakukan instalasi wordpress…

 

Cara Install WordPress

Setelah kita kita menerima email pemberitahuan bahwa paket hosting telah aktiv maka langkah kita selanjutnya untuk membuat website dengan menggunakan script wordpress adalah menginstallnya di hosting itu.

Cara melakukan instalasi wordpress dapat dilakukan dengan berbagai cara, cukup dipahami saja salah satunya karena semuanya sama saja yaitu menempatkan script wordpress pada server hosting.

Cara melakukan instalasi wordpress di hosting dapat dilakukan dengan menggunakan fantastico, softaculous, quickinstall, dan sebagian penyedia hosting menggunakan sofware lain untuk instalasi wordpress. Namun karena kita menggunakan Niagahoster maka yang akan dipaparkan adalah cara instalasi wordpress menggunakan softaculous

Instalasi wordpress dengan melalui Softaculous

Buka kembali email pemberitahuan dari Niagahoster tentang status domain dan hosting yang telah aktiv, scroll kebawah dan perhatikan informasi username dan password Cpanel. Catat itu lalu buka halaman Cpanel hosting kita dengan alamat http://namadomain.com/cpanel.

intalasi wordpress
instalasi wordpress
instalasi wordpress

Scroll ke bawah sampai menemukan sub menu softaculous,Klik yang di lingkari merah dengan tulisan softaculous apps Installer, setelah itu akan muncul,Langsung arahkan mouse ke logo wordpress, Sampai muncul tulisan install, klik istall setelah itu laman setup akan muncul, lalu isikan data blog anda.Petunjuk :

No. 1 . Biarkan begitu saja

No. 2. Pilih Nama Domain / Sub Domain Yang di daftarkan

No. 3. Kosongkan saja

No. 4. Tulis Nama Blog

No. 5. deskripsi Blog

No. 6. Beri centang jika ingin menggunakan wordpress multi user.

cara intalasi wordpress

Petunjuk.

No. 1 Buat user name untuk login kedashboard WordPress, Bisa juga tidak di rubah

No.2 Buat Password

No. 3 Tentukan Email Pemulihan jika lupa username dan password

No. 4 Select Bahasa,

No. 5 Beri centang jika ingin membuat Limit Login gagal.

cara install wordpress dihosting

Petunjuk.

No. 1 Beri centang untuk auto upgrade, yang lain di biarkan saja.

cara mengintall wordpress

Selanjutnya pilih tema yang ingin di gunakan, kemudian Klik Install jika semua kolom telah diisi dengan benar dan sesuai dengan keinginan, Masukkan juga emainya jika ingin melihat detail instalasi melalui email.

Maka proses instalasi akan berlangsung beberapa saat, setelah instalasi selesai, akan di tandai dengan Ucapan selamat bahwa Script WordPress telah berhasil diinstall ke server hosting.

Itulah tadi cara melakukan instalasi wordpress melalui menu softaculous, dengan satu nama user. Jika kita memilih atau mencentang WPMU atau banyak pengguna wordpress yang diinstall maka secara otomatis alamat untuk loginnya akan menjadi menjadi http://namadomain.com/user.

Tetapi kalau admin sendiri tidak perlu centang WPMU.

Setelah semuanya berhasil maka untuk login ke dasboard wordpress alamatnya adalah http://namadomain.com/wp-admin. Masukkan Username, dan password yang dibuat sebelumnya.

>>>Video Cara Instalasi WordPress Ke server Hosting<<<

Dashboard Admin WordPress.

Ingat Alamatnya http://namadomain.com/wp-admin

dasboard wordpress

Masukkan nama username dan password, maka halaman dasboard wordpress akan muncul, sampai disini website kita sudah jadi, (untuk melihat tampilan web kita. coba masukkan nama domain di browser)…..Jika semua tahapan diatas sudah dilakukan dengan benar maka tampilan web kita akan sesuai dengan thema/template yang diselect sebelumnya di pengaturan advanced wordpress.

Sampai di sini website sudah jadi tapi masih perawan alias belum memiliki konten. WordPress perlu disetting agar berkinerja bagus.

Cara Membuat webiste selanjutnya yang perlu di pahami agar kita mampu mengelola blog sesuai dengan keinginan dan memiliki navigasi yang mudah dan user frendly. silahkan lanjutkan melihat artikel Cara Setting WordPress.

Gambar Gravatar
Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan referensi terpercaya. Insya Allah bisa dipertanggung jawabkan !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *