Cara Membuat Soal di Google Formulir Lengkap Dengan Kunci Jawaban

Salah satu dampak pandemi covid 19 di bidang pendidikan adalah memaksa para guru untuk melaksanakn pembelajaran online. Nah, salah satu cara untuk menyukseskan program tersebut adalah perlunya seorang guru mengetahui cara membuat soal di google formulir. Mau tidak mau, hal ini memaksa para pengajar dan siswa untuk menyesuaikan diri. Demi tetap menjaga kesehatan dan tetap melaksanakan proses belajar mengajar.

Mungkin masih ada yang belum mengetahui caranya, maka di kesempatan ini penulis akan menguraikannya. Tidak sulit kok !

Mengapa Harus Google Formulir ?

Membuat soal di google formulir memiliki kelebihan tersendiri karena fitur fitur yang di miliki dari form ini sudah di rancang oleh google untuk memenuhi fungsi tersebut.

Tidak di perlukan lagi untuk membuat situs tersendiri, tidak perlu jago desain, bisa menambahkan warna thema, upload gambar ataupun video dan yang lebih utama lagi adalah layanan ini gratis.

Berikut Model Soal Yang Bisa di Buat Dari Google Formulir

  1. Soal pilihan ganda
  2. Pertanyaan dengan jawaban singkat
  3. Centang dengan beberapa jawaban yang benar
  4. Pertanyaan dengan jawaban yang butuh penjelasan

Olehnya itu, jika kita mengetahui cara membuat google formulir maka kita bisa membuat soal sesuai dengan topik pembelejaran. Apakah kita akan membuat soal pilihan ganda, atau centang dengan beberapa jawaban yang benar.

Untuk model soal 1, 2 dan 3 siswa dapat mengetahui secara otomatis hasil dari jawabannya. Jadi guru tidak di pusingkan lagi dengan pertanyaan atau perlu menyampaikan lagi nilai sisa itu.

Berbeda dengan model soal nomor 4 (soal dengan jawaban yang butuh uraian) itu perlu di lakukan pemeriksaan secara manual.

Berikut Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Di Google Formulir

Silahkan kunjungi alamat google form https://docs.google.com/forms

Klik tanda tambah

Cara Membuat Soal di Google Formulir

Beri nama formulir ini dengan mengetikkan judul, tambahkan pula deskripsi jika di perlukan.

buat soal di google form : 1 masukkan judul soal

Klik pada ikon palet untuk mengubah tema Anda,
warna latar belakang, tajuk, dan font.

jangan lupa ganti theme agar tampilan menarik bagi siswa di google formulir

Lakukan pengaturan seperti apa hasil yang anda harapkan dari soal tersebut. Dalam Pengaturan Umum, Anda dapat memilih untuk kumpulkan email alamat, batas tanggapan, atau izinkan siswa untuk mengedit setelah mereka kirim!

Cara Membuat Soal di Google Formulir

Di tab Presentasi, Anda dapat memilih untuk menunjukkan kemajuan siswa, kocok urutan pertanyaan atau berikan siswa a tautan untuk mengirim tanggapan lain. Anda juga dapat membuat pesan yang akan diterima siswa saat mereka telah menjawab soal yang ada di formulir ini !

Cara Membuat Soal di Google Formulir

Pada tab Quis memungkinkan Anda untuk membuat formulir kuis sehingga Anda dapat menetapkan nilai atau poin! jangan lupa klik Simpan

aktfikan mode kuis untuk membuat penilain otomatis bagi siswa

Jika semua pengaturan telah di lakukan. Selanjutnya kita masuk pada tahap pembuatan soal. Anda akan melihat ikon berikut di bagian kanan layar. yang masing masing memiliki fungsi yaitu untuk menambahkan pertanyaan, mengimpor soal yang pernah di buat sebelumnya jadi kita tidak perlu buat soal ulang lagi, di sini kita juga bisa memasukkan video dari youtube, menambahkan gambar dan bagian

klik ikon gambar di samping pada soal. Saat Anda menambahkan gambar ke pertanyaan, Anda dapat menambahkan keterangan di bawah gambar.

kita juga bisa menambhakn gambar,,,bagi soal yang butuh gambar dengan menekan tombol gambar

Buat soal, serta opsi jawaban jika pilihan ganda seperti di bawah ini !

cara membuat soal di google form

Klik slider “Diperlukan” sehingga siswa harus menjawab
pertanyaan untuk diizinkan mengirimkan formulir. Jadi mereka tidak bisa mengirim google formulir kalau ada salah satu soal yang bertanda begini tidak di jawab

Pilih model soal yang akan di buat. apakah pilihan ganda, jawaban singkat atau lainnya. Nantinya di setiap model soal, ada beberapa pengaturan yang perlu di sesuaikan.

Jika sudah semuanya, Selalu tinjau formulir Google Anda sebelum
menyuruh siswa untuk menjawab dengan mengklik ikon ini.

Bisa juga aktifkan Respon, di samping tab pertanyaan untuk melihat apa yang siswa telah kerjakan

Cara Membuat Soal di Google Formulir

Jika sudah beres, klik tombol kirim dan silahkan salin link untuk di bagikan ke siswa. Di sini juga, bisa kirim lewat email, menggunakan baner sematkan, atau membagikannya lewat facebook atau twitter.

 Google Formulir

Buat Kunci Jawaban Di Google Formulir

Untuk membuat jawaban maka model soal yang kita pilih perlu model pilihan ganda. Atau jawaban singkat seperti soal matematika.

Caranya aktifkan model kuis pada Pengaturan, setelah itu barulah membuat pertanyaan atau soal dan tambahkan beberapa pilihan jawaban.

Lihat juga : cara membuat aplikasi database di exel

Kunci jawaban yang benar, dan masukkan jumlah poin jika benar. Nanti hasilnya sebagai berikut !

Cara Membuat Soal di Google Form

Demikianlah cara membuat soal di google formulir yang bisa membantu tenaga pendidik yang belum mengetahui atau ingin menerapkan sistem pembelajaran secara online. Perlu di ketahui juga, bahwa google formulir tidak terbatas hanya untuk membuat soal, kita bisa menggunakan untuk fungsi yang lain seperti melakukan survey, menjadi form pendaftaran dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *