Invoice Paypal

Ingin Membuat Invoice Paypal ? Berikut Caranya, Mudah !

Diposting pada

Sebagai pengguna paypal yang masih baru, atau yang belum pernah menerima tagihan menggunakan invoice. Merasa kesulitan, dan tidak tahu bagaimana cara membuat faktur atau invoice di paypal. Padahal Invoice ini merupakan fitur gratis, dan sangat bermanfaat. Baik terhadap penerima pembayaran maupun pada perusahaan atau orang yang membayar.

Kebanyakan perusahaan dari luar yang meminta pembayaran melalui Paypal, terkadang membutuhkan pengiriman invoice terlebih dahulu sebelum mereka membayar kita dengan paypal. Walau kita ketahui bahwa mengirim langsung pembayaran menggunakan saldo melalui email paypal yang kita kirimkan juga bisa di lakukan. Tetapi dengan menerbitkan invoice, perusahaan memiliki pembukuan dan administrasi yang jelas terhadap arus kas keuangan yang mereka miliki.

Jika mereka membayar dan tidak memiliki invoice tagihan, mereka tidak tahu detail untuk apa saldo paypal itu keluar. Pada Invoice mencantumkan nama barang, harga, biaya pajak, jumlah barang dan informasi lainnya. Jadi perusahaan senang menggunakan invoice.

Dan kita sebagai penerima harus mengikuti arahan tersebut, karena ini biasanya menjadi syarat mereka untuk untuk membayar. Olehnya itu, sebagai penjual kita harus tahu cara membuat invoice di paypal. Selain itu, Invoice itu sendiri sangat berguna.

Manfaat Invoice

  1. Menjadikan kita sebagai penjual terlihat lebih professional dengan kerjasama bisnis yang kita lakukan,
  2. Setiap faktur yang di buat memiliki no faktur unik pada Paypal yang terbuat secara otomatis. Dengan begini kita dapat meninjau laporan dengan baik,
  3. Kita dapat membuat penagihan ke banyak orang dalam waktu yang sama dengan satu faktur. Ini bisa menghemat pekerjaan,
  4. Faktur bisa kita kirim terjadwal, misalnya harian, mingguan, bulanan,
  5. Sebagai penjual, kita dapat meninjau dengan tepat tagihan yang sudah atau belum terbayarkan,
  6. Sangat berguna bagi pembeli untuk meninjau perkembangan bisnis mereka terhadap uang masuk dan keluar,
  7. Sebagai acuan harga ketika kita ingin memperlihatkan ke orang lain mengenai harga yang kita tawarkan,
  8. Sebagai pembuktian di kemudian hari, jika ada selisih harga atau pembayaran antara penjual dengan pembeli.

Syarat Membuat Invoice Di Paypal

Yang paling utama agar bisa membuat invoice penagihan adalah email tujuan penagihan. Ini yang harus di ketahui terlebih dahulu. Begitupun dengan, nama perusahaan, alamat perusahaan yang di tagih, nama item yang di jual, harga, serta logo perusahaan kita.

Sebaiknya hal itu, kita isi kan agar terlihat lebih professional dan detail. Agar nanti bisa menjadi bahan laporan yang jelas ketika di butuhkan

Cara Membuat Invoice Paypal

Silahkan login pada situs paypal.com

Setelah itu, biasanya tampilan default situs paypal akan berbahasa Inggris. Jadi silahkan ubah bahasa terlebih dahulu ke bahasa Indonesia dengan cara scroll ke bawah. Pilih bahasa Indonesia.

Setelah itu, pada menu pilih Alat kemudian Minta Pembayaran

Kemudian Buat Faktur

Di sini kita bisa menambahkan logo bisnis, membuat jadwal bayar, tanggal jatuh tempo dan lainnya jika di butuhkan (opsional),

Selanjutnya, yang paling utama adalah email tujuan pengiriman. Kita input pada Tagih Ke, seperti gambar berikut. Maka inputkan email, nama, alamat penagihan. Klik Save

Setelah itu, inputkan nama barang, deskripsi, kuantitas, harga, atau lainnya sesuai transaksi.

Sampai di sini, invoice telah layak kita kirimkan. Jika ada informasi lain, silahkan inputkan pada kolom yang tersedia.

Jangan lupa, lihat sebagai pratinjau terlebih dahulu sebelum mengirimkannya. Jangan sampai ada salah. Karena ini terkait pembayaran, perusahaan atau pembeli hanya membayar sesuai invoice yang kita terbitkan.

Setelah beres, silahkan pilih Send Paypal

Kita dapat tahu, invoice ini telah sampai pada penerima Invoice, dengan adanya email notifikasi dari Paypal. Seperti berikut !

Lihat juga : Cara menerima pembayaran dari kartu kredit ke Paypal

Apakah Ada Biaya Penerbitan Invoice Paypal ?

Seperti di sebut di awal, ini merupakan fitur gratis dari Paypal. Tak ada biaya administrasi untuk menerbitkan tagihan ini. Begitupun ketika klien membayar. Jadi tidak ada salahnya, setiap transaksi apalagi tagihan bisnis sebaiknya menggunakan fitur ini agar lebih professional bisnis yang kita kelola.

Dan untuk menghindari pembatasan transaksi wajib bagi kita untuk melakukan verifikasi Paypal dengan rekening bank. Lihat artikel cara verifikasi Paypal tanpa kartu kredit.

Demikianlah yang sempat penulis sampaikan mengenai cara menerbitkan invoice atau faktur melalui Paypal. Semoga bermanfaat ! Dan bisnisnya semakin lancar. Amiin

Pengalaman lebih dari 10 tahun kerja di industri perbankan. Kemudian menjadi professional freelance dan global internet marketing