Cara Membuat Aplikasi di Excel Berupa Database Secara Mudah

Microsoft excel seperti yang diketahui secara umum merupakan software bagian dari Microsoft Office yang berfungsi untuk mengolah angka. Software ini memiliki banyak kegunaan, baik di dunia pendidikan yang biasanya digunakan oleh guru-guru untuk mengelola nilai siswa, di perkantoran, hingga di perusahaan-perusahaan. Secara umum Microsoft Excel dapat dimanfaatkan untuk menghitung statistika, membuat catatan anggaran keuangan, mengkonversi uang, dan keperluan-keperluan perhitungan lainnya. Di dalamnya berisi banyak baris dan kolom yang disebut dengan spreadsheet. Di samping itu, Anda juga perlu tahu mengenai cara membuat aplikasi di excel. Bagi Anda yang sering menggunakan Microsoft Excel tentu tak lagi asing dengan hal tersebut. 

Aplikasi seperti apakah yang dimaksud? Misalnya saja untuk membuat aplikasi pengolah database otomatis. Memadukan Microsoft Excel dengan Visual Basic For Applications (VBA) dapat tercipta sebuah aplikasi dari Microsoft Excel. Pembuatan database sangat diperlukan pada sebuah lembaga maupun perusahaan agar informasi-informasi mengenai lembaga tersebut dapat disimpan secara ringkas dan bisa dibuka kembali kapan saja Anda membutuhkan data tersebut.

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi di Excel Berupa Database?

Berikut ini adalah tahapan dalam pembuatan aplikasi database dengan menggunakan Microsoft Excel yang bisa menjadi pedoman di dalam mempermudah pekerjaan Anda.

  1. Tahap 1

Di tahapan awal ini, Anda perlu untuk membuat tabel database terlebih dahulu. Anda juga harus menentukan berapa banyak kolom yang akan digunakan. Di spreadsheet akan tertera huruf-huruf alfabet yang nantinya bisa Anda sesuaikan dengan jumlahnya. Misal, jika membutuhkan 5 kolom, maka huruf A hingga E. 

Setelah menentukan jumlah kolomnya, kemudian bukalah kotak dialog Create Table yang bisa dilakukan dengan memiliki menu “Insert” lalu “Tables” dan kemudian “Table”

cara membuat aplikasi di excel berupa aplikasi menyimpan database

Setelah ditemukan, kliklah tombol “OK” dan ubahlah tulisan-tulisan pada kolom sesuai dengan judul yang akan Anda buat.

  • Tahap 2

Anda perlu untuk menampilkan menu Form yang dapat dilakukan dengan cara:

  • Di bagian Ribbon terdapat panah kecil yang bisa Anda klik untuk memilih More Commands di pilihan bagian bawah.
  • Kemudian akan muncul berupa kotak dialog “Excel Options” yang tertuju kepada menu “Quick Access Toolbar”.
  • Langkah selanjutnya adalah di menu drop down yang berposisi di bawah tulisan Choose Commands From, Anda bisa memilih Commands Not In The Ribbon dan carilah menu Form di tempat tersebut. Selanjutnya Anda perlu untuk meng-klik tombol “Add” dan menu Form akan tampil di kotak daftar sebelah kanan.
  • Langkah terakhir adalah mengklik tombol “OK” dan icon tersebut sudah menjadi aktif

Setelah langkah-langkah di atas sudah Anda selesaikan, menu Form yang Anda klik akan memunculkan form dari entri data yang disesuaikan dengan judul yang sudah Anda buat sebelumnya. 

Nah selanjutnya tinggal di sesuaikan saja, form atau seperti apa database yang akan di buat. Ada banyak menu pada fitur-fitur tersebut serta fungsinya.

Di dalam Form tersebut Anda bisa juga untuk menghapus data-data yang sudah tidak terpakai lagi atau melakukan perubahan dengan mengeditnya karena suatu kesalahan atau hal lain. Dengan menggunakan Form ini pun, walaupun jumlahnya banyak, Anda dapat dengan mudah untuk mencarinya. Cara membuat aplikasi di excel berupa database ini akan sangat diperlukan dalam penyimpanan data-data Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *