Cara Membatasi Pengguna Wifi Dan Membagi Rata Bandwidth

Nah, pada postingan ini saya akan tambahkan tips cara membagi bandwidth lewat mikrotik. Tips ini sebenarnya memiliki tujuan yang sama dengan cara membatasi jumlah pengguna wifi. Yaitu agar internet tidak melambat karena berebutan bandwidth.

Pada routerOS mikrotik kita bisa membagi bandwith secara merata agar tidak ada monopoli. Cara paling mudah  dengan menggunakan menu Simple Queue pada OS mikrotik bisa menggunakan winbox. Kita bisa melakukan pengaturan bandwidth berdasarkan IP Address pengguna atau client dengan menentukan kecepatan upload dan download maksimum yang bisa dicapai. Tips ini sangat cocok untuk pemilik bisnis hotspot atau Rt Rw Net yang memiliki pelanggan banyak.

Sebelumnya kita perlu menentukan kecepatan maksimum upload dan download yang akan di terapkan pada client. Bisa dilakukan dengan mengisi target upload dan target download max-limit. Bisa menggunakan menu drop down atau langsung ditulis. Dalam satuan bps (bit per second)cara membagi badwidth dengan menggunakan simple queue

Yang perlu di perhatikan dalam menggunakan simple queue dimikrotik dalam membagi bandwidth adalah silahkan beri nama limitasi, target address adalah alamat yang akan masuk dalam golongan limitasi, bisa address per orang, bisa address dalam satu jaringan misalnya 192.168.10.0/24.  Jadi yang akan terlimit mulai 10.1 sampai. 10.254. Atau bisa juga menerapkan beberapa ip address misal 192.168.10.1,192.168.10.3,192.168.10.10

Centang target Upload dan target download lalu isi max limit yang di kehendaki. Maka, berapapun besar aktifitas browsing pengguna mereka tidak bisa melewati limit 128k dan 256 untuk download. Maka bandwidth akan selalu tersedia untuk client yang lain. Namun metode ini akan jadi mubadzir jika yang online cuma 1, maka bandwidth yang tersisa tidak terpakai. Oleh sebab itu langkah di atas perlu di teruskan dengan pindah ke tab Advanced. Di sini kita bisa menerapkan seperti ilustrasi di bawah ini :

Misalnya bandwidth 512 kbps di gunakan 3 client maka 512 / 3 = 170, atau minimal 128 kbps. Dengan metode bandwidth share. jatah bandwidth yang tidak terpakai akan di bagi rata ke client yang online. Jadi tidak ada bandwidth yang tidak terpakai.

cara membagi rata bandwidth

Pada tab Advanced tentukan limit At upload dan dowload 128k (sesuai topologi rencana bandwidth yang kita punya) dengan menekan panah bawah sebelah kanan atau tulis manual. Kemudian pada menu parent pilih Total Bandwidth yang di buat pada tab General sebelumnya.

Penjelasan tekhnik membagi bandwitdh dengan menggunakan simple queue di atas sama saja dengan cara membatasi pengguna wifi, namun yang di batasi di sini bukn orangnya namun bandwidth yang kita miliki, agar bisa terbagi rata, dan dapat dinikmati oleh banyak orang secara merata. Perhitungannya sebagai berikut :

Misalnya 512 kbps, jika ada pengguna yang konek akan mendapatkan limit pertama sebesar 128k, jadi 512kbps-128kbps=384kbps. 384kbps ini akan di kembalikan ke client yang konek tadi. Namun jika ada 2 client. Maka 512-128-128=256 jadi masih ada 256 kbps yang tidak terpakai. 256 kbps ini akan di kembalikan ke 2 client yang konek tersebut dan di bagi 2. Jadinya tiap client akan dapat 128 kbps + 128 kbps ( hasil bagi 2 bandwidth ). Begitu seterusnya jika masih ada yang tersedia dan berapa jumlah pengguna yang online.

Artikel terkait :

Demikianlah cara membatasi pengguna wifi tanpa mengurangi client tetapi membagi rata bandwidth agar tidak terjadi monopoli. Oleh sebab itu, artikel ini sangat bermanfaat bagi para pemilik atau pelanggan telkom, atau yang memiliki bisnis hotspot atau #rt rw net. Meskipun besar paket mbps yang di dapatkan dari telkom, jika pembagian ini tidak merata dan efektif maka hal tersebut tetap saja akan menjadikan internet menjadi lambat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.