Cara Membatasi Pengguna Wifi Dan Membagi Rata Bandwidth

Cara membatasi pengguna wifi – Salah satu alasan paling kuat seseorang melakukan pembatasan sinyal wifi yang di miliki adalah agar koneksi internetnya tidak lemot kayak siput. Semakin banyak yang menggunakan internet maka power koneksi pun akan turun. Tentu hal ini tidak nyaman bukan ?

Sebagai pengguna atau pelanggan ISP dari telkom speedy atau indihome, pengetahuan seperti ini perlu di ketahui, pasalnya saat ini ada banyak macam cara seseorang menggunakan wifi yang di miliki di rumah meskipun mereka tidak mengetahui password loginnya. Orang yang melakukan pembobolan demikian dapat di sebut sebagai hacker, sebab mereka bisa masuk di jaringan seseorang tanpa perlu meminta izin.

Untuk itu kita perlu membatasi jumlah pengguna wifi speedy atau indihome. Saya punya pengalaman menarik terkait kecepatan internet saya, saat itu saya baru saja melakukan upgrade dari 1 mbps ke 3 mbps, setelah saya cek menggunakan tesspeed ternyata bandwidth benar sudah jadi 3 mbps.¬† Namun dari segi kecepatan browsing atau nonton youtube, kok tidak ada perubahan yang berarti. Padahal di rumah hanya ada 3 perangkat yang sering online, 2 HP serta 1 komputer desktop. “Mestinya 3 mbps sudah lebih dari cukup kalau hanya untuk youtuban, atau main gameonline saja”. Komentar salah seorang teman di FB.

Teman itu, memberikan penjelasan panjang lebar sebab internet menjadi lemot. Dari penjelasan tersebut, Akhirnya, permasalahan yang saya alami – benar internet di rumah telah di bobol oleh orang lain. Tak ayal, jumlah mac address yang tercantum di modem bisa sampai puluhan, itu berarti jumlah pengguna pun puluhan, pantas internetnya lambat. Sebab banyak yang menggunakan bandwitdh. Akhirnya saya praktikkan Cara membatasi jumlah pengguna wifi seperti yang di sampaikan ke aku. Berikut ulasannya !

Artikel terkait : Cara mengamankan jaringan wifi

Cara Membatasi Pengguna Wifi Via Modem

  1. Akses 192.168.1.1 untuk modem speedy atau 192.168.1.254 untuk indihome di browser. Masukkan username dan password, jika belum pernah di rubah, user dan passwordnya adalah admin. Namun jika mengalami kendala untuk mengakses laman tersebut, sebelumnya kita perlu merubah ip address PC yang di pakai agar sejalur dengan ip modem. Misal 192,186.1.5
  2. Pilih tab Interface setup | Lan | Masukkan jumlah pengguna yang di inginkan di IP Pool Count | angka 3 berarti kita hanya mengizinkan 3 pengguna. Isi sesuai keinginan, lalu SAVE Kemudian Restart modem untuk melihat hasilnya cara membatasi pengguna wifi

Itulah cara paling mudah dan simple membatasi pengguna wifi  melalui modem. Namun kalau kita kembali pada pokok permasalahan, tujuan kita melakukan pembatasan pengguna wifi adalah agar koneksi internet tidak melambat. Internet melambat karena kita berebutan bandwidth dari provider. Hal tersebut di sebabkan tidak adanya managemen bandwidth. Misalnya seseorang pengguna sedang melakukan aktifitas online yang butuh badwidth tinggi, maka bandwidth akan di ambil oleh mereka semua, sedangkan kita yang juga online tidak mendapatkan jatah bandwidth. Akhirnya akan ada client yang kenyang, dan akan ada client yang kekurangan bandwidth.

Cara Membatasi Pengguna Wifi Tanpa Mengurangi Pelanggan / Client

Membatasi pengguna wifi melalui modem memang mudah di lakukan. Namun hal tersebut juga akan jadi persoalan baru bagi pelanggan wifi. Sebab, dalam kondisi tertentu terkadang ada tamu atau teman yang meminta password wifi. Tentu hal itu, tidak mengenakkan kalau tidak di berikan.


loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *