Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Yang Belum Dan Sudah Dibayar

  • Share
cara batalkan pesanan di shopee terbaru

Apakah anda baru saja memesan barang di Shopee, dan barang tersebut ternyata tidak sesuai keinginan ? Jika itu yang anda alami, jangan khawatir kalian bisa membatalkan pesanan. Shopee memiliki fitur “batalkan pesanan”, namun terkadang sebagai pembeli masih banyak yang bingung untuk melakukannya. Olehnya itu, pada artikel ini akan menunjukkan cara membatalkan pesanan di Shopee yang belum atau sudah di bayar.

Pesanan yang belum di bayar, cara membatalkannya lebih mudah dari pada pesanan yang sudah di bayar. Karena pesanan yang sudah di bayar harus menunggu konfirmasi / persetujuan dari penjual terlebih dahulu sebelum uang yang sudah di transfer itu di kembalikan ke rekening atau ke akun Shopeepay.

Lihat juga :

Sedangkan pesanan yang belum di bayar dapat di lakukan dengan 2 cara untuk membatalkannya. Yakni dengan pembatalan otomatis dan pembatalan manual.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan, kalian perlu tahu terlebih dulu status pesanan yang ada di Shopee.

Status Pesanan Shopee

1. Belum Bayar

Ketika kita belum mentransfer uang ke Shopee, maka pesanan yang akan di batalkan akan masuk ke bagian status belum bayar.

2. Dikemas

Sedangkan bagi di kemas. Itu artinya, kita sudah melakukan pembayaran. Jadi kalau sudah melakukan transfer, pesanan yang ingin di batalkan sudah ada pada menu ini. Jadi kita harus buka menu tersebut untuk melakukan pembatalan pesanan.

3. Dikirim

Barang sudah di bayar dan penjual sudah menyerahkan barang pesanan ke kurir. Itu artinya, jika kita mau batalkan pesanan yang sudah di kirim maka kita perlu meminta persetujuan oleh penjual. Jika mereka menolak maka fitur pembatalan otomatis hilang. Artinya, kita tidak dapat membatalkan pesanan.

Ada 2 Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Yang Belum Dibayar

1. Batal Otomatis

Jika anda belum melakukan transfer ke rekening Shopee. Maka tidak perlu panik. Kalian bisa menggunakan fitur pembatalan otomatis oleh sistem.

Ketika anda memesan barang, maka kita akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan transfer ke rekening Shopee sesuai dengan harga di tambah biaya ongkir. Proses transfer ini harus di lakukan dengan jangka waktu 1 x 24 jam sejak pesanan di buat.

Apabila kita tidak melakukannya, maka pesanan akan batal secara otomatis.

2. Pembatalan Manual

Sedangkan pembatalan manual, kita bisa melakukannya langsung ke aplikasi Shopee.

Buka aplikasi Shopee, pilih tab akun Saya di bagian bawah, lalu pilih bagian Belum Bayar.

cara batalkan pesanan di shopee yang belum di bayar

Nantinya akan muncul barang pesanan, tap lagi barang tersebut. Nantinya akan membuka detail pesanan serta fitur untuk membatalkannya.

batalkan pesanan di shopee

Lihat juga :

Membatalkan Pesanan Yang Sudah Dibayar

Nah, seperti yang di sebutkan tadi. Membatalkan pesanan di Shopee juga dapat di lakukan meskipun pesanan tersebut sudah di bayar. Tetapi langkah ini, terbilang sedikit sulit. Karena harus ada persetujuan dari penjual terlebih dahulu, agar dana yang sudah di keluarkan dapat di kembalikan.

  • Langkahnya, seperti cara di atas, namun barang yang sudah di bayar akan masuk ke bagian Dikemas atau Dikirim. Jadi silahkan pilih bagian itu.
  • Nantinya akan muncul detail pesanan, pilih tombol “Batalkan Pesanan” lalu pilih salah satu Alasan pengajuan pembatalan.
  • Kemudian Konfirmasi.

Berikut yang sering di tanyakan pembeli terkait syarat dan ketentuan pembatalan pesanan !

>>>Lihat Videonya Di sini Cara Batalkan Pesanan Di Shopee<<<

FAQ

Bagaimana Kalau Penjual Tidak Menyetujui Pengajuan Pembatalan ?

Pengajuan pembatalan akan di kirimkan ke penjual. Dia harus mengonfirmasi pengajuan tersebut 1 x 24 jam. Jika tidak di konfirmasi. Maka proses pengajuan pembatalan otomatis di setujui. Dana akan di kembalikan.

Tetapi, kalau penjual menolak pembatalan tersebut. Maka barang tetap akan di kirimkan ke alamat yang telah di inputkan saat Check Out. Jadi kita tidak dapat mengembalikan dana tersebut.

Solusinya, sebaiknya sebelum mengajukan pembatalan pesanan yang sudah di bayar ini. Konfirmasikan terlebih dahulu ke pihak penjual melalu chat shopee.

Lihat juga : Cara kirim gambar dan video melalui chat Shopee

Berikan alasan yang masuk akal, dan tidak membuat kecewa penjual. Kalau penjualnya professional dan mengerti dengan alasan tersebut. Mereka akan menyetujuinya.

Bagaimana Membatalkan Pesanan COD Yang Sudah Di kirim Atau Telah Sampai ?

Apabila kita memilih metode pembayaran COD atau Cost on Delivery, maka uang baru di bayarkan setelah barang sampai di terima. Kalau kita mau membatalkan pesanan tersebut, kita tinggal gunakan seperti langkah yang ada di atas.

Namun perlu di ingat jika pengajuan pembatalan, di lakukan setelah 1 jam saat Check Out. Maka, itu perlu menunggu persetujuan penjual. Tetapi kalau belum sampai 1 jam saat melakukan pesanan. Maka pesanan akan di batalkan otomatis. Langkah-langkahnya seperti ini !

  • Buka aplikasi Shopee
  • pilih tab Saya pada pojok kanan bawah
  • Klik barang yang sedang Dikemas
  • Pilih pesanan yang ingin dibatalkan
  • Batalkan pesanan,
  • Konfirmasi YA,
  • Pilih salah satu alasan pembatalan.

Bagaimana Kalau Pesanan COD Shopee, kurir Sudah Didepan Rumah ?

Ini sudah menjadi banyak pengalaman buruk bagi toko yang menggunakan COD. Banyak pembeli yang melakukan pembatalan pembelian dengan metode COD ini. Alasannya, banyak macam : tidak jadi beli, tidak di tempat, menutup rumah dan sebagainya.

Kalau seperti ini, kurir sudah tahu. Apa yang harus di alkukan. Ia biasanya akan membuat alasan pada aplikasi Shopee bahwa pembeli tidak ada di rumah.

Jadi kalau kalian mau membatalkan barang COD Shopee, kalian bisa mengikuti seperti yang di sebutkan itu. Tetapi perlu di ketahui, jangan sampai membuka paket kiriman. Atau mencobanya. Karena kalian akan di bebankan biaya pengembalian barang dan harus mengajukan return ke pusat resolusi penjual.

Selain itu, jika keseringan. Akun Shopee bisa saja di banned serta no. HP yang terkait.

Informasi terkait : Cara belanja COD bagi pemula.

Demikianlah yang sempat kami bagikan mengenai cara membatalkan pesanan di Shopee yang belum dan sudah di bayar. Jika ada masalah lain, kalian bisa menghubungi CS Shopee di sini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *