6 Tahap Cara Melamar Kerja Lewat Email Yang Baik Dan Benar

Cara melamar kerja lewat email – itulah yang admin akan sajikan pada kesempatan ini. Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini orang melamar kerja tidak lagi seperti dulu. Kalau dulu, kita membuat email harus tulis tangan dan buat secara manual, kalau saat ini hampir sebagian besar instansi atau perusahaan telah membuka layanan pengiriman surat lamaran pekerjaan via email. Tentunya ada beberapa kelebihan atau manfaat jika melamar kerja menggunakan email. Kita tidak perlu membeli kertas, membeli map, bayar jasa kurir, menghemat waktu perusahaan dan calon pelamar kerja.

Namun sebelum melayangkan lamaran lewat email ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dan mencakup tujuan Anda melamar kerja?, apa saja yang perlu kita lampirkan?, hal-hal apa yang menurut Anda perlu perusahaan ketahui ? Gunakan bahasa yang benar, dengan tanda baca yang benar, dan kata-kata yang profesional. Tulis body email yang baik namun komprehensif. Tidak perlu terlalu panjang dan bertele-tele cukup jelaskan secara singkat.

Bagi anda yang ingin tahu cara melamar kerja lewat email, berikut akan saya berikan panduannya !

Cara Melamar Kerja Lewat Email

1. Persiapkan akun email

Tentunya sebelum mengirim lamaran hendaknya anda telah memiliki email sendiri. Saran saya jangan pernah menggunakan email orang lain atau menyuruh orang lain untuk mengirimkan file lamarannya, karena terkadang beberapa perusahaan mengirimkan pemberitahuan menggunakan email yang kita gunakan untuk mengirim. Jangan karena informasi sesaat menjadikan kita tidak dapat mengikuti prosedur selanjutnya. Jika belum memiliki email silahkan buat satu akun email. Dan anda bisa pilih salah satu layanan atau situs untuk membuat email gratis. Seperti :

  • https://mail.google.com
  • http://mail.Yahoo.com
  • http://dashboard.aim.com/aim
  • http://hotmail.com
  • http://gmx.com
  • Outlook.com –
  • iCloud Mail
  • AOL Mail
  • Zoho Mail
  • Yandex Mail
  • Mail.com
  • Lycos.com

Atau lebih lengkapnya silahkan lihat cara buat email.

2. Menyiapkan berkas pendukung lamaran

Setelah anda memiliki satu akun email yang akan kita gunakan untuk mengirim lamaran. Maka selanjutnya adalah menyiapkan berkas pendukung atau file lampiran. Berikut file lampiran berkas !

  • Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )
  • Ijazah yang telah di legalisir
  • Transkrip Nilai
  • KTP
  • Kartu Kuning Dari Dinas Tenaga Kerja
  • Surat Kesehatan Jasmani Dari Puskesmas
  • SKCK dari Kepolisian
  • NPWP
  • Foto Seluruh badan dan Pas Photo
  • Surat pengalaman Kerja (jika ada)

File lampiran yang ada di atas sifatnya optional, tergantung dari permintaan perusahaan yang akan menerima karyawan. Tetapi alangkah baiknya sebagai pencari kerja menyiapkan semua file tersebut, agar nanti akan melamar kerja lewat email tidak lagi kerepotan.

Setelah semua file itu siap, maka bawalah file itu ketempat fotocopy yang menyediakan layanan scan. Scan semua file itu lalu minta tukang fotocopy untuk menyimpan file yang anda punya lalu simpan pada Flash disk atau memori card agar dapat kita gunakan lain waktu, dan ini merupakan salah satu cara mengirim lamaran kerja lewat email.

3. Perhatikan besarnya ukuran file yang

Biasanya pihak penyeleksi administrasi lamaran kerja sebuah perusahaan menetapkan besarnya file lamaran kerja yang kita kirim. Oleh sebab itu, kita harus benar-benar memperhatikan file gambar hasil scan yang kita miliki. Jangan melebihi dari atau sama dengan batas ukuran file yang akan mereka terima. Jangan sampai kita telah susah payah membuat surat lamaran kerja dan mengirimnya via email.

Nah, jika kita memiliki file gambar hasil scan yang ukurannya ingin di kecilkan maka kita perlu mengcompressnya. Ada beberapa cara untuk mengcompress gambar. Namun saya sering menggunakan compress online yaitu compressjpeg.com

4. Perhatikan format file yang di terima

Salah satu tips cara melamar kerja lewat email adalah kita perlu memperhatikan format file yang perusahaan terima. Ada beberapa format seperti jpeg. png dan pdf. Jadi kita perlu melihat format file yang kita miliki. Apakah ia berbentuk jpeg,png,atau pdf. Nah jika anda ingin mengubah format file yang kita miliki ke format lain kita bisa menggunakan layanan online seperti https://image.online-convert.com

5. Buat Lamaran kerja

Surat Lamaran kerja lewat email yang baik itu sebaiknya memiliki bagian-bagian seperti :

1. Email yang tujuan

2. Subject email

3. Salam Pembuka

4. Tuliskan Dimana Anda menemukan iklan lowongan kerja ini dan posisi apa yang Anda inginkan.

5. Perkenalan Diri

6. Tuliskan Kemampuan Anda, Keterampilan dan Pengalaman yang Relevan dengan Posisi yang hendak Anda lamar

7. Kesimpulan

Bagian ini berisi keyakinan diri untuk bisa berkontribusi dan menjadi bagian dari tenaga kerja pada perusahaan itu. Misalnya, Berdasarkan itu, saya yakin dan bisa menjadi karyawan yang siap berkontribusi positif bagi perusahaan.

8. Penutup

Bagian yang berisi ucapan terima kasih karena telah membaca surat lamaran ini, dan jangan lupa cantumkan rasa hormat dan nama sebagai pelamar pada bagian bawah surat lamaran kerja boleh sebelah kiri atau kanan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Lewat Email

To : recruitment.hrd@banksitinaja.co.id
Cc : –
Subject : Penerimaan AO

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi yang ada pada website olang-aling.com, bahwa Bank sitinaja sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Accoun Officer (AO), maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Mauli
Alamat : Jln. Merdeka, No. 45, Kalimantan
TTL : Djakarta, 16 Januari 1980
Pendidikan : S1 Manajemen

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.

Bersama dengan surat ini saya juga melampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu ke dalam bentuk attachment yang bisa Bapak / Ibu unduh.

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data saya. Karena saya sangat yakin bisa menjalankan pekerjaan dengan baik dan mampu mememnuhi target perusahaan sesuai dengan pengalaman dan hobbi saya selama ini bekerja lapangan dan bertemu dengan banyak orang.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Mauli

Mengirim email

Setelah semua langkah telah kita lakukan, maka cara mengirim lamaran kerja lewat email yang terakhir adalah mengirim surat lamaran dan file pendukung. Berikut panduannya, admin menggunakan contoh akun email dari google atau gmail.

Login ke akun email sobat setelah itu, klik menu compose atau tulis email seperti gambar

cara melamar kerja lewat email

lalu klik icon seperti yang di tunjuk pada panah nomor 5 untuk upload file pendukung, jadi sebelumnya kita perlu tahu file lampiran kita simpan di mana. Setelah ketemu, lanjutnya pilih file tersebut dengan tekan sift pada keyboard dan klik semua file yang akan kita kirim. Lihat gambar

cara melamar kerja by email

Ok, sobat demikianlah cara melamar kerja lewat email yang sempat admin sajikan, semoga informasi ini bermanfaat buat sobat semuanya. Terima kasih !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *