6 Tahap Cara Melamar Kerja Lewat Email Yang Baik Dan Benar

Cara melamar kerja lewat email – itulah yang admin akan sajikan pada kesempatan ini. Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini orang melamar kerja tidak lagi seperti dulu. Kalau dulu, kita membuat email harus di tulis tangan dan di buat secara manual, kalau saat ini hampir sebagian besar instansi atau perusahaan telah membuka layanan pengiriman surat lamaran pekerjaan via email. Tentunya ada beberapa kelebihan atau manfaat jika melamar kerja menggunakan email. Kita tidak perlu membeli kertas, membeli map, bayar jasa kurir, menghemat waktu perusahaan dan calon pelamar kerja.

Namun sebelum melayangkan lamaran lewat email ada beberapa hal yang perlu di ketahui dan mencakup tujuan Anda melamar kerja?, apa saja yang perlu lampirkan?, hal-hal apa yang menurut Anda perlu diketahui oleh pemberi kerja? Gunakan bahasa yang benar, dengan tanda baca yang benar, dan kata-kata yang profesional. Tulis body email yang baik namun komprehensif. Tidak perlu terlalu panjang dan bertele-tele cukup jelaskan secara singkat.

Bagi anda yang ingin tahu cara melamar kerja lewat email, berikut akan saya berikan panduannya !

 

Cara Melamar Kerja Lewat Email Dan Contoh Surat Lamaran Kerja Email

Persiapkan akun email

Tentunya sebelum mengirim lamaran hendaknya anda telah memiliki email sendiri. Saran saya jangan pernah menggunakan email orang lain atau menyuruh orang lain untuk mengirimkan file lamarannya, karena terkadang beberapa perusahaan mengirimkan pemberitahuan menggunakan email yang di gunakan untuk mengirim. Jangan karena informasi sesaat menjadikan kita tidak dapat mengikuti prosedur selanjutnya. Jika belum memiliki email silahkan buat satu akun email. Dan anda bisa pilih salah satu layanan atau situs untuk membuat email gratsi seperti yang ada di bawah ini.

https://mail.google.com
http://mail.Yahoo.com
http://dashboard.aim.com/aim
http://hotmail.com
http://gmx.com
Outlook.com –
iCloud Mail
AOL Mail
Zoho Mail
Yandex Mail
Mail.com
Lycos.com

 

Menyiapkan berkas pendukung lamaran

Setelah anda memiliki satu akun email yang akan di gunakan untuk mengirim lamaran. Maka selanjutnya adalah menyiapkan berkas pendukung atau file lampiran. Berikut file lampiran yang perlu di persiapkan !

  • Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )
  • Ijazah yang telah di legalisir
  • Transkrip Nilai
  • KTP
  • Kartu Kuning Dari Dinas Tenaga Kerja
  • Surat Kesehatan Jasmani Dari Puskesmas
  • SKCK dari Kepolisian
  • NPWP
  • Foto Seluruh badan dan Pas Photo
  • Surat pengalaman Kerja (jika ada)

File lampiran yang ada di atas sifatnya optional, tergantung dari permintaan perusahaan yang akan menerima karyawan. Tetapi alangkah baiknya sebagai pencari kerja menyiapkan semua file tersebut, agar nanti akan melamar kerja lewat email tidak lagi kerepotan.

Setelah semua file itu siap, maka bawalah file itu ketempat fotocopy yang menyediakan layanan scan. Scan semua file itu lalu minta tukang forocopy untuk menyimpan file yang anda punya di atas di simpan di dalam Flash disk atau memori card agar dapat di gunakan di kemudian hari, dan ini merupakan salah satu cara mengirim lamaran kerja lewat email.

 

Perhatikan besarnya ukuran file yang di terima

Biasanya pihak penyeleksi administrasi lamaran kerja sebuah perusahaan menetapkan besarnya file lamaran kerja yang di kirim. Oleh sebab itu, kita harus benar-benar memperhatikan file gambar hasil scan yang kita miliki. Jangan melebihi dari atau sama dengan batas ukuran file yang di terima, sebab file yang besar akan kesulitan untuk di buka/di download. Jangan sampai kita telah susah payah membuat surat lamaran kerja dan mengirmnya via email, ditolak mentah-mentah karena file tidak di buka.

Nah, jika kita memiliki file gambar hasil scan yang ukurannya ingin di kecilkan maka kita perlu mengcompressnya. Ada beberapa cara untuk mengcompress gambar. Namun saya sering menggunakan compress online yaitu compressjpeg.com

Lanjut ke hal 2


loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.