Cara Hapus History Pembelian Tokopedia, Mau Tahu ? Baca Ini !

  • Share
cara hapus history pembelian tokopedia

Bagaimana sih cara hapus history pembelian di Tokopedia atau sering di sebut juga sebagai riwayat transaksi ? History atau riwayat transaksi atau pembelian merupakan informasi yang tersimpan pada akun pembeli sebagai informasi bahwa pernah membeli barang dengan harga sekian, pada toko ini, serta biaya-biaya yang ada.

History merupakan menu wajib pada sebuah situs atau aplikasi toko online seperti Tokopedia. Karena dengan fitur tersebut, akan menjadi informasi yang berguna bagi pengguna. Jika nanti di belakang hari pembeli ingin melakukan pembelian barang yang serupa pada, tidak perlu melakukan order ulang lagi. Cukup klik Tombol Belanja Ulang, pada riwayat transaksi. Selain itu, riwayat ini berguna jika, kita ingin melakukan komplain, terhdap barang yang kita beli saat transaksi tersebut.

Kalau dalam sistem perbankan, hitsory pembelian ini di kenal dengan istilah mutasi.

Melihat pentingnya History transaksi pembelian Tokopedia tersebut, terkadang sesuatu dan lain hal. Pengguna ingin menyembunyikan transaksi yang pernah di lakukannya. Caranya tentu dengan hapus history pembelian tersebut di Tokopedia. Pertanyaannya kemudian apakah hal ini bisa ? Seperti menghapus history transaksi di OVO . Itu tidak bisa secara manual. Kita harus meminta bantuan admin. Itupun kalau di setujui.

Namun sebelum lanjut, pada cara hapus hitsory pembelian Tokopedia. Sebaiknya lihat terlebih dahulu manfaat dari Riwayat transaksi di Tokopedia.

Manfaat History Transaksi Pembelian Di Tokopedia

Seperti telah di sebut di awal tadi, bahwa riwayat itu menyimpan semua data pembelian yang pernah kita lakukan. Manfaat dari informasi ini yakni :

  1. Memudahkan bagi kita kalau mau melakukan pembelanjaan ulang,
  2. Kita dapat dengan mudah menuliskan ulasa atau review terhadap barang yang kita beli tersebut,
  3. Dapat juga, memudahkan bagi kita kalau barang yang kita beli tidak sesuai keinginan, dapat kita ajukan komplain.
  4. Sebagai informasi bagi pembeli kapan dia membeli barang, tanggal, jumlah dan harga berapa. Jadi ketika di akan melakukan order ulang lagi. Ada acuan harga. Apakah harganya naik ataukah tetap sama saat melakukan orderan sebelumnya.

Itulah beberapa manfaat dari sebuah history pembelian Tokopedia. Lalu alasan apa kira-kira yang membuat seorang pembeli ingin menghapus riwayat transaksinya ? tentu mengenai hal ini hanya dia yang tahu.

Cara Melihat History Pembelian Tokopedia

Setelah mengetahui manfaat di atas, bagaimanakah cara akses daftar riwayat Tokopedia. Ini tidak sulit, jika anda sudah pernah melakukan pembelanjaan melalui Tokopedia. Dan sudah punya akun di sana. Untuk cara melihat riwayat transaksi Tokopedia, pastinya kita sudah pernah melakukan pembelian terlebih dahulu. Untuk caranya sebagai berikut !

  1. Silahkan buka dan login pada aplikasi Tokopedia melalui smartphone atau laptop.
  2. Klik menu Garis 3 di pojok kanan atas pada aplikasi
  3. Lalu pilih semua Transaksi,
  4. Di sana akan muncul semua produk yang telah kita beli, di sini bisa pula kita urutkan sesuai dengan tanggal. Misalnya transaksi 30 hari terakhir, 90 hari atau lainnya.

Hapus History Pembelian Tokopedia

Ternyata tidak ada fitur untuk menghapus history transaksi pada Tokopedia, Kita tidak bisa menghapusnya secara manual.

Bahkan sesuai dengan riwayat transaksi yang pernah saya lakukan. Aplikasi menyimpan riwayat transaksi sampai lebih dari 1 tahun

Nah, jika kita tetap ingin menghapus history pembelian tersebut. Jalan satu-satunya adalah menghapus atau mengganti akun login Tokopedia.

Solusi Menghapus Riwayat Pembelian Tokopedia Yang Tidak Bisa

Solusi yang dapat kita tempuh sebagai alternatif menghapus riwayat panggilan adalah sebagai berikut :

  • pilih baris 3 pada pojok kanan atas
  • Lalu klik ikon gerigi atau pengaturan
  • Lalu pilih Keluar Akun
  • Konfirmasi YA
  • Dengan itu kita telah keluar dari akun tersebut. Lalu login menggunakan akun lain. Dengan begitu riwayat pembelian pun akan tidak terbaca dan aplikasi Tokopedia tetap bisa di gunakan untuk belanja.

Demikianlah yang sempat penulis bagikan mengenai cara hapus histori pembelian Tokopedia. Segala keputusan tetap berada di masing-masing pengguna. Apakah ingin menghapus akun dan mengganti akun lain. Ataukah bagaimana ? Jika ada yang kurang silahkan gunakan menu contact Tokopedia.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *