Cara Download Sertifikat Vaksin Jika Nomor HP Tidak Aktif

  • Bagikan
download sertifikat vaksin jika nomor tidak aktif

Bagi yang sudah melakukan vaksinansi Covid, tentunya tidak sulit untuk download sertifikatnya. Pasalnya sertifikat tersebut dapat kita download dengan mudah melalui melalui link yang di terima melalui SMS. Yang menjadi problem, jika kita telah melakukan vaksinasi jauh-jauh hari. Lalu tiba-tiba ingin cetak lagi sertifikat vaksin itu, dan ternyata nomor yang terdaftar saat vaksin sudah tidak aktif atau sudah di ganti dengan nomor baru. Sedangkan link juga tidak tersimpan. Bagaimana cara download sertifikat vaksin jika nomor HP tidak aktif ?

Perlu di ketahui, bahwa untuk cetak sertifikat vaksin itu dapat juga di lakukan melalui aplikasi dan juga melalui situs yang telah di siapkan oleh kementerian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO). Namun data yang di perlukan untuk mengakses kedua aplikasi tersebut salah satunya adalah nomor HP. Sedangkan nomor HP yang sudah pernah terdaftar di sana, sudah tidak aktif.

Jika seperti itu, tentunya kita akan kesulitan login. Karena sesuai yang kami kutip dari kompas.com. Untuk dapat login pada aplikasi pedulilindungi (aplikasi cetak sertifikat) itu harus menginputkan no. HP. Dan sistem akan mengirimkan kode 6 digit kode OTP yang harus di masukkan ke aplikasi.

Nah kalau nomor sudah tidak aktif. Tentunya kita tidak dapat menerima 6 digit kode tersebut.

Yang artinya kita tidak dapat login dan tidak dapat melihat dan mencetak sertfikat yang tersimpan di server. Kalau seperti itu, bagaimana cara mendapatkan sertifikat vaksin itu untuk nomor HP yang tidak aktif.

Cara Download Sertifikat Vaksin Jika Nomor HP tidak Aktif

Persoalan nomor tidak aktif itu bukan hal yang asing di ketemukan. Pasalnya hampir setiap provider seluler. Memberlakukan masa berlaku kartu. Kalau tidak di isi ulang, maka masa berlaku tidak bertambah. Di sini terkadang pengguna tidak memperhatikan hal ini.

Setiap pengguna nomor kartu seluler. Apakah itu kartu Telkomsel, Indosat, XL, Tri, atau Smartfren. Tentunya sudah pada tahu. Bahwa kartu akan hangus jika kita tidak melakukan isi ulang pada waktu tertentu. Meski, setiap operator layanan seluler memberikan masa tenggang berbeda. Misalnya saja pada Telkomsel ada masa tenggang 30 hari untuk melakukan pengisian pulsa agar layanan kembali di perpanjang.

Nomor tidak aktif juga terkadang di sebabkan karena nomor tersebut di blokir oleh penyedia layanan. Di karenakan, mereka tidak melakukan registrasi NIK dan KK. Jadinya nomor tidak dapat di gunakan.

Jika masa tenggang dan kartu tidak aktif, maka yang bisa dan perlu di lakukan adalah mengaktfikan kembali nomor tersebut.

1. Mengaktifkan kembali nomor yang tidak aktif / hangus

Untuk cara mengaktifkan kembali nomor hp yang sudah tidak aktif. Saran penulis, silahkan ke grapari. Atau gerai penyedia layanan.

Karena sesuai informasi yang kami dapatkan. Setiap pemilik nomor dapat melakukan recycle number. Sepanjang nomor tersebut belum di produksi ulang dan di gunakan oleh orang lain.

Jadi silahkan datang dengan membawa KTP serta Kartu Keluarga, agar CS yang bertugas dan mencocokan data. Selain itu, siapkan juga setidaknya nomor yang kita hubungi dalam 10 panggilan terakhir. Karena petugas akan menanyakan ini.

Jika nomor sudah kembali aktif. Maka kita sudah dapat login pada pedulilindungi.id untuk mencetak kembali sertifikat.

Cara cetak / download sertifikat vaksin

  • Buka situs pedulilindungi.id. Baik melalui smartphone atau desktop,
  • Setelah itu, silahkan klik tombol Login /Register
  • Jika sudah pernah buat akun, klik Login dan masukkan no. HP yang sudah aktif tadi.
  • Masukkan kode OTP,
  • Jika sudah login, klik menu Profile yang tertera dengan nama depan pengguna
  • Lalu klik menu “Sertifikat Vaksin”,
  • Nantinya Sertifikat vaksin pertama maupun kedua Anda akan muncul.
  • Untuk download sertifikat vaksin tersebut dengan klik “Unduh Sertifikat”

2. Mengajukan perubahan data

Cara yang kedua, yang dapat kita tempuh, untuk mendownload kembali atau mendapatkan sertifikat pada situs pedulilindungi.id atau aplikasinya pedulilindungi. Kita dapat mengajukan perubahan data.

Persoalan data ini, merupakan problem juga. Karena beberapa kasus. Banyak yang tidak dapat login atau mencetak sertifikat vaksin ini karena data yang terinput di sistem saat vaksinasi. Itu berbeda dengan data sebenarnya.

Olehnya itu, kita dapat menghubungi pedulilindungi di twitter melalui link ini

Atau bisa melayangkan email ke [email protected] mengenai kasus yang di alami. Terkait nomor tidak aktif atau nomor yang berbeda ketika vaksin.

DEmikianlah solusi yang penulis tawarkan terkait cara download sertifikat vaksin jika nomor tidak aktif. Problem seputar sertifkat ini banyak, ada yang salah input data. Ada yang sertifkat tidak muncul pada situs dan lain sebagainya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *