Cara Daftar Creative Market Dan Mulai Jual Produk

  • Share

Creative Market merupakan salah satu marketplace yang memungkinkan kepada siapa saja pengguna internet yang ada di seluruh dunia untuk membeli karya desain seperti foto, font, logo, dan vektor. Banyak dari pengguna, terutama yang masih pemula, bingung tentang cara daftar Creative Market, cara Open a Shop, membuat portofolio yang baik, dan lain sebagainya.

Karya yang di jual di sana. Merupakan karya yang di jual oleh pengguna internet sendiri. Bagi yang memiliki hobbi dan keahlian dalam dunia desain. Ini adalah tempat atau situs yang sangat baik untuk menwarkan hasil karyanya.

Namun di balik itu, untuk mendaftar di Creative Market dan mulai membuka Toko atau yang di kenal Open a Shop. Ada beberapa hal yang perlu di ketahui. Karena, pada situs Creative Market ini, tidaklah seperti menjual foto di Shutterstock atau situs – situs tempat menjual hasil karya desain lainnya.

Pada situs ini, setiap calon penjual harus mengajukan permohonan terlebih dahulu. Pengajuan ini harus di tinjau dan review. Di sini banyak yang memiliki keahlian membuat desain bagus. Gagal dalam membuka toko di Creative Market. Mengapa ? karena mereka tidak mengetahui cara daftar Creative dengan benar.

Seperti di ketahui, Creative Market sangat memperhatikan kualitas. Jadi apabila anda ingin daftar, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini. Baca sampai paragraf terakhir yah !

Cara Daftar Creative Market

Sebelum membuka Toko, kita harus mendaftar di CM sebagai member terlebih dahulu. Kalian bisa mengunjungi link pendaftarannya di sini.

cara daftar creative market

Kita bisa daftar menggunakan email, akun Google, Facebook atau Dribbble.

Open a Shop

Misalnya, kita daftar menggunakan akun Google, nanti prosesnya. Langsung di setujui dan akan terdaftar sebagai member di sana.

Setelah itu, kita cari menu Open a Shop. Di sini poin pentingnya. Kalian perlu mengajukan Request Invite, Agar nantinya kalian di kirimkan undangan untuk jadi penjual di Creative Market. Kalian harus, mengisi ke 3 kolom ini dengan baik. Ikuti tips berikut.

Kolom 1,

Apabila anda memiliki link jualan di marketplace lain, silahkan isi di sini. Misalnya kalian punya link toko di Freepik, Shutterstock atau temat lain. Namun jika tidak ada, kalian bisa berikan tanda minus.

Kolom 2

Di sini kita di anjurkan untuk memasukkan link di mana karya kita di posting sebagai portofolio. Apakah itu dari Facebook, Instagram, Dribble, atau Behance.

Kolom 3

Pada kolom ini, kita perlu mencantumkan alasan yang paling masuk akan kenapa kita mendaftar dan Open a Shop di Creative Market. Di sini kita perlu jelaskan, bahwa memang kita ahli di bidang atau di karya yang di jual.

Setelah mengisi ketiga kolom tersebut, dan sudah yakin. Silahkan klik tombol Request Invite. Proses pengajuan ini. Bisa memakan waktu 5-7 hari kerja.

Notifikasi atau pemberitahuan di terima atau di tolaknya pengajuan, bisa di lihat pada akun Creative Market. Pada menu Message.

Apabila di terima, pesannya : your shop has been opened, namun apabila di tolak : your shop has been rejected.

Lihat juga : Cara pembayaran di Shutterstock

Tips Agar Di setujui

Agar di setujui, berikut tips yang admin bisa berikan. Selain dari apa yang di sebutkan di atas, yakni silahkan buat.

1. Cari Referensi portofolio yang baik. Silahkan amati dan modifikasi portofolio yang telah eksis di marketplace lain seperti Behance. Kalian bisa mengikuti, desainer top di sana. Misalnya,

  • Saxon Campbell
  • Spencer Harrison
  • Shanti Sparow
  • George Simkin
  • Emma Stokes
  • Anna Dun

2. Gabung di forum, grup media sosial, atau komunitas online Creative Market. Minta saran dan ilmu dari para member yang sudah berhasil. Atau yang senior, mengenai cara agar bisa di setujui. Mungkin ada saran dari sana yang lebih detail dan lebih up to date mengenai portofolio yang baik.

3. Siapkan atau pilih karya terbaik yang menurutnya paling baik. Lebih baik mengajukan 5 buah karya dari pada 50 karya yang asal-asalan.

4. Apabila anda memiliki budjet lebih. Kalian bisa menggunakan jasa dari mengenai membuat portofolio atau presentasi yang baik.

5. Terus tingkatkan, ilmu dan skill desainnya. Bisa belajar dari blog atau dari video-video yang ada di Youtube.

Inilah cara daftar Creative Market, open a shop dan tips membuat portofolio yang baik.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!