Cara Buka Usaha Laundry : Mulai Dari Modal, Alat, Serta Tips Memulai

  • Bagikan
cara buka usaha laundry mulai dari modal, alat serta tipsnya

Cara Buka Usaha Laundry – Apakah anda mencari sebuah peluang usaha ? jika jawabannya yah, ikutilah untuk membaca artikel bisnisonlineusaharumahan.com yang satu ini, jangan sampai anda berminat untuk menjalankannya. Diakui sekarang ini kebutuhan hidup  semakin banyak, kenaikan harga bahan-bahan pokok terus melaju, sedangkan penghasilan sepertinya begitu-begitu saja. Tidak ada perubahan yang signifikan bahkan sepertinya tidak mampu mengikuti laju inflasi yang setiap tahun naik.

Apakah anda seorang karyawan yang ingin memiliki usaha sampingan, ataukah anda sedang mencari peluang usaha yang prospek dan menjanjikan penghasilan yang banyak ? jika itu yang kalian alami sekarang cobalah menyimak bagaimana prospek usaha laundry.

Sekarang ini perkembangan arus kehidupan yang bergerak sangat cepat. Banyak orang sibuk tidak sempat menangani seluruh tetek bengek urusannya. Termasuk mencuci pakaiannya sendiri, terutama para pekerja kantoran, pengusaha, yang memiliki jam terbang tinggi. Bukan itu saja, usaha laundry semakin cerah akibat dari gaya hidup perkotaan yang serba instan. Maunya terima beres dan langsung jadi.

Kondisi seperti ini memunculkan banyak orang yang membuka jasa cuci pakaian atau laundry. Bisnis laundry saya kira akan semakin bagus kedepannya. Bagi saya ini bukan usaha musiman seperti batu permata, yang nanti akan surut. Usaha laundry akan terus tumbuh dan di butuhkan selaras dengan laju kehidupan yang seperti di sebutkan tadi yang bergaya hedonis atau serba instan.

Namun meskipun begitu, bukan berarti usaha laundry tidak memiliki tantangan,

Tantangan terbesarnya adalah sengitnya persaingan dalam bidang ini. Yah karena itu tadi banyaknya pengusaha laundry yang bermunculan. Tapi bukan berarti kita tidak bisa survive dan menjalankan bisnis ini dengan baik. Berikut tips untuk memulainya !

Tips Memulai Usaha Laundry

Sebelum membuka usaha laundry ada baiknya memperhatikan beberapa poin berikut ini untuk dijadikan pertimbangan, agar usaha yang dijalankan nantinya bisa bertahan dan berkembangdi tengah persaingan.

1. Tempat Atau Lokasi

Seperti kebanyakan usaha lainnya lokasi merupakan faktor penting dalam bisnis laundry. Lokasi yang baik bagi usaha laundry tidak mesti harus berada di pinggir jalan poros atau di jalan raya, meskipun letaknya di lorong usaha laundry masih tetap bisa di jalankan dan tetap bisa sukses. Hal ini terbukti dari salah satu pengusaha laundry yang pernah saya temui, usahanya tetap jalan dan berkembang, dan itu menjadi usaha utamanya.

Berikut beberapa lokasi yang cocok untuk mendirikan laundry

  • Tidak jauh dari lokasi perkantoran Maks 2 KM
  • Berada Di Pinggir jalan raya
  • Tidak jauh dari kompleks perumahan
  • Memiliki Pekarangan/Lokasi Jemuran yang terlindung dari polusi

2. Persiapan

Sebelum membuka usaha laundry dan menginvestasikan modal untuk itu, baiknya kita perlu memiliki pengetahuan dasar dalam mengerjakannya nanti.

Teknik Dasar Dalam Mencuci

Ketahui tekhnik dasar dalam mencuci, mengeringkan, jenis noda, jenis kain, serta detergen yang cocok. Teknik dasar ini kelihatan simple tetapi efeknya luar biasa. Kesalahan dalam memilih detergen, itu akan berakibat terhadap pakaian yang kita cuci.

Modal & Alat Yang Kita Perlukan

Karena ini bisnis, tentunya pelayanan terhadap pelanggan adalah nomor 1. Olehnya itu, kita tidak boleh serta merta menggunakan mesin cuci / alat yang asal-asalan. Tapi ini bukan berarti harus mahal. Kita bisa sesuaikan budget dan jumlah alat yang kita gunakan. Lihat Modal dan alat usaha laundry.

Selain itu, kita juga bisa belajar cara membuat parfum laundry. Dari pada membeli, ini bisa menekan biaya dan sekaligus bisa kita jual pada pengusaha laundry sekitar kita.

Berapa Jumlah Karyawan

Kita bisa menggunakan untuk 1 atau 2 orang saja dulu untuk langkah awal. Sembari ketika mulai ramai. Barulah bis

Mulai dari menghitung modal yang di butuhkan, berapa mesin cuci yang akan di pakai, siap yang bisa di ambil menjadi karyawan, termasuk dengan yang akan mensuplay bahan seperti sabun dan pengharum pakaian

3. Cara Buka Usaha Laundry Yang Terakhir Adalah : Promosi

Promosi yang bisa di lakukan bagi usaha laundry yang baru di buka, adalah membuat spanduk atau baner yang di letakkan di pinggir jalan yang mudah di lihat. Menggunakan brosur yang di tempel di dekat kompleks perkantoran.

Saran :

Dalam melakukan promosi hendaknya mencantumkan nilai lebih yang bisa di berikan kepada pelanggan yang tidak di berikan oleh pengusaha laundry lainnya. Misalnya, memberi layanan antar jemput, memberi diskon bagi cucian s/d takaran tertentu, ada accesoris, dan lain-lainnya. Kita bisa berkreasi sampai menemukan trik untuk menggaet pelanggan.

***

Setelah mengetahui beberapa tips tersebut, selanjutnya kita lanjut pada bagaimana buka usaha laundry

Bagaimana pendapat anda setelah membaca peluang usaha laundry dan tips usaha laundry. Apakah anda berminat ? mengenai besarnya keuntungan yang di dapat akan saya postingan pada artikel selanjutnya, sedangkan mengenai berapa modal usaha laundry silahkan lihat sendiri. Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat. Adapun jika ada yang ingin di tanggapi, atau ada peluang usaha yang ingin di sharing silahkan berkomentar di bawah.

  • Bagikan