Cara Beternak Kambing

Inilah Panduan Cara Beternak Kambing Yang Baik Untuk Pemula !

 

4. Pemeliharaan Kambing

Memilihara kambing bukan saja sampai kepada pemberian pakan yang bergizi dan cukup, tetapi menjaga kebersihan kandang mauupun di sekitar lokasi juga termasuk dalam hal yang tidak kalah pentingnya dalam beternak kambing.

Seorang peternak harus memiliki semboyan mencegah lebih baik dari pada mengobati. Sebab kondisi lingkungan kandang yang kurang sehat atau tidak bersih dapat mengundang berbagai macam penyakit baik menular maupun tidak.

Begitupun dengan kambing sendiri perlu di jaga kebersihannya. Seorang peternak perlu melakukan pembersihan atau memandikan kambing yang kotor sekaligus untuk membasmi parasit atau kutu-kutu yang hidup di tubuhnya.

Cara memandikan kambing yang baik adalah dengan memberi campuran Asuntol 3 – 6 gram dalam 3 liter air, gunanya untuk membasmi semua kutu-kutunya.

Sedangkan untuk melakukan pencegahan penyakit manular, bulu kambing dapat di gosok dengan sabun karbol, Neguvon, Bacticol Pour, Granade 5% dengan konsentrasi 4,5 gram untuk 3 liter air.

Cara beternak kambing selain dari pembersihan kandang dan memandikan. Untuk mencegah virus dan penyakit berbahaya lainnya kita bisa melakukan vaksinasi terhadap kambing. Untuk hal ini sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan di sekitarnya, atau ke penjual toko obat yang sudah berpengalaman.

Jenis penyakit yang ada pada dunia kambing meliputi : Penyakit parasit yang di sebabkan oleh kutu, cacing, dan kudisan. Penyakit Bakterial termasuk antraks, kuku busuk, dan cacar mulut. Perut kembung, penyakit keracunan sianida, dan keguguran. Tentu jika penyakit tersebut tidak diatasi dan di lakukan pencegahan dapat menyebabkan kematian.

 

5. Pahami Waktu Kawin Kambing

Kambing yang sudah mencapai 10 bulan biasanya sudah layak untuk di persiapkan perkawinannya. Hal ini sangat berguna untuk menambah produktifitas dan juga berguna bagi penggemukan kambing itu sendiri. Tanda-tanda kambing yang sudah mencapai usia perkawinan nafsu makannya melambat, alat kelaminnya berwarna kemerahan dan membesar, serta ekor yang sering dia gerak-gerakkan sebagai tanda ketertarikan kepada pasangannya.

Cara beternak kambing selanjutnya yang perlu di ketahui oleh pemula adalah proses kelahiran kambing, sebab kambing yang sudah melakukan perkawinan biasanya akan mengandung selama 5 atau 6 bulan dan tanda-tanda melahirkannya, si induk akan menggaruk-garuk lantai dan Nampak gelisah.

Induk kambing dapat melahirkan sampai dengan 4 ekor anak kambing, yang dapat melahirkan setiap 7 bulan sekali. Setelah 1 bulan pasca melahirkan induk kambing dapat di pisah dengan anaknya, dan dapat di kawinkan lagi dengan pejantan yang ada.

Anak kambing yang baru lahir perlu mendapat perhatian, sebab nutrisi yang paling di butuhkan dan baik untuk anak kambing adalah susu induknya, Namun pada proses menyusuinya terkadang sang induk enggan untuk memberikan susu kepada anaknya. Oleh sebab itu kita perlu belajar memberi mereka susu buatan.

Demikianlah uraian singkat dan lengkap cara beternak kambing yang baik. Artikel ini sangat cocok di pedomani oleh mereka yang bercita-cita dan memanfaatkan salah satu peluang usaha ternak hewan yang paling menguntungkan.

One thought on “Inilah Panduan Cara Beternak Kambing Yang Baik Untuk Pemula !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *