Cara Beternak Ayam Petelur Yang Wajib Di Ketahui Bagi Pemula

Ini merupakan salah satu kelebihan kandang ayam batterey, telurnya tidak tercecer kemana-mana. Berbeda dengan kandang terbuka. Telurnya akan tersebar dan kita akan susah mengoptimalkan pemberian pakan, yang akhirnya berdampak pada produktifitas telur yang kurang.

Namun bagi pemula dengan modal secukupnya, kita bisa membuat kandang ayam baterei dengan bahan dasar bambu, yang di iris dan di potong pendek dengan ukuran 60 cm.

Cara beternak ayam petelur dengan kandang baterei di desain bertingkat persekatnya itu, dan sekat bujur sangkar di atas tidak boleh sejajar dengan di bawah, tujuannya agar kotorannya tidak jatuh ke ayam yang berada di bawah. Jumlah tingkatnya maksimal 4 tingkat, dan di buat memanjang sesuai keinginan dan banyaknya jumlah ayam petelur yang akan di pelihara.

Sedangkan untuk tempat makan dan tempat air minum di letakkan menempel di dinding sekat luar, di buat setengah lingkaran dengan tempat air minum berada di atas sedangkan tempat pakan berada di bawah. Tujuannya agar air minum ayam petelur tidak di kotori oleh pakan.

 

Persiapan Bibit Ayam Petelur

Ternak ayam petelur umumnya di kenal dua golongan bibit ayam. Yaitu ayam medium dan ayam petelur putih. Ayam medium memiliki bobot berat dan spesiesnya gemuk. Sedangkan ayam petelur putih cenderung lebih ringan, ramping, dan kurus.

Ayam petelur mampu memproduksi kisaran 300 butir telur pertahun per ekor ayam. Namun untuk jenis ayam petelur putih contohnya ayam leghorn, lebih mudah stress, tidak tahan cuaca di luar apalagi keributan. Ia sangat sensitif. Keadaan seperti ini perlu di antisipasi agar produksi telurnya tidak menurun.

Cara Beternak ayam petelur memang diakui sebagian besar keberhasilan kita terletak pada pemilihan bibit ayam unggul.

Secara kasat mata ayam yang baik itu mata jernih, lincah, tidak memiliki cacat secara fisik.

Dalam memelihara ayam petelur, kita bisa memulainya dengan membeli ayam dari kecil, tentu ini akan membutuhkan waktu, karena kita akan memberinya pakan dan air minum tiap hari sampai bisa untuk bertelur. Kita juga bisa memulai usaha peternakan ini dengan membeli ayam yang sudah siap untuk bertelur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *