Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil Untuk Pemula

Hai sobat online semuanya, kali ini bisnisonlineusaharumahan akan membagikan tips bagi pemula bagaimana cara bermain saham dengan modal kecil ? sebagaimana kita ketahui, bahwa saat ini kita bisa memulai investasi hanya dengan modal 100 ribu rupiah. Namun karena kurangnya informasi maka peluang seperti itu,hampir luput di mata kita.

cara bermain saham dengan modal kecil

Saat ini sudah banyak perusahaan sekuritas yang memberikan layanan kepada msayarakat yang hendak untuk berinvestasi dengan modal kecil, sebut saja Mandiri securities, BNI securities, dan juga Indoprimier. Kita bisa membuka rekening di sana dengan setoran minimal Rp. 100.000,-.

Setiap kali melakukan transaksi pembelian saham, minimal 1 lot saham atau 100 lembar. Dengan kata lain uang yang di miliki 100 ribu sebagai deposit atau saldo pada rekening itu dapat di gunakan untuk membeli 1 lot saham dengan harga per lembarnya Rp. 1000,-

Namun satu hal yang perlu di perhatikan bagi kita yang pemula dalam bermain saham terlebih dengan modal yang di miliki sedikit, maka perlu ada tips untuk bagaimana cara bermain saham dengan modal kecil.

Silahkan Baca : Cara Berinvestasi di Pasar Modal

Ada beberapa perusahaan yang membuka keran investasi saham utnuk umum dengan modal kecil. Seperti, Alfaria Trijaya Tbk / Alfamart (AMRT), Bank Panin (PNBN), Aneka Tambang Tbk(ANTM) dan Ace Hardware Indonesia Tbk (Aces). Mereka menwarkan harga saham sampai ada di bawah Rp. 1000. Ketika sudah membeli saham yang di pilih, maka untuk dapat menikmati hasil lebih dari investasi yang di tanamkan dan merasa berkontribusi bagi perkembangan perusahaan besar yang di maksudkan, maka cobalah untuk menyisihkan anggaran belanja untuk di investasikan setiap bulan sebesar Rp. 500,000,-

Dengan anggaran yang telah di keluarkan tersebut untuk membeli saham, maka kita memiliki kesempatan untuk membeli lot saham di perusahaan yang kapitalisasi sedikit lebih besar di bandingkan dengan perusahaan seperti yang di sebutkan di atas. Sebut saja saham yang di jual oleh PT HM Sampoerna Tbk (HMSP). Dalam 1 lot nya HMSP menjualnya dengan 5 000 / lembar.

Sebagai langkah awal, mungkin kita akan perlu banyak belajar melihat dan mengamati profile perkembangan perusahaan-perusahaan di bursa efek. Namun ketika kita sudah memiliki sedikit pengalaman. Maka kita akan mampu memilih perusahaan bagus dengan harga saham yang murah. Sebab dengan begitu peluang mendapatkan profit jauh lebih besar, berbeda dengan perusahaan bagus namun harga lot per lembarnya tidak murah, maka peluang profitnya mungkin hanya bisa sampai 15% pertahunnya.

Salah satu trick yang di lakukan orang dalam cara bermain saham dengan modal kecil adalah memilih investasi saham jangka panjang, sebab investasi jangka panjang mengindikasikan harga pada saat kita investasi cenderung lebih murah dan akan mengalami kenaikan seiring waktu. Nah, pada saat harganya naik seperti ini, seorang investor bisa menjual saham yang di milikinya.

Mungkin ada yang bertanya? Apa saja indikator sebuah perusahaan itu di katakan sehat/bagus ?

Berikut ini beberapa indikator sebuah perusahaan bisa di kategorikan pilihan bijak dalam berinvestasi terlebih untuk pemula yang bermodal kecil.

  • Tingkat hutangnya normal atau rasio hutang terhadap ekuitas sekitar 1
  • Minimnya informasi kurang kredibiltas dari media online
  • Keuntungan yang di peroleh perusahaan lebih dari 10% yang dapat di lihat dari data ROE
  • Salah satu yang dapat di jadikan acuan dalam menentukan saham sebuah perusahaan murah adalah dari PE dan PBV. Jika level PE dan PBV nya rendah maka harganya akan murah. Namun di sinilah di perlukan kejelian seorang investor, sebab tingkat kemurahan sebuah saham perusahaan itu tidak menjelaskan mutlak bahwa itu baik. Karena tingkat kemurahaan itu bisa saja tercipta karena profile perusahaan yang jelek akhirnya banyak investor enggan melirik, makanya perusahaan memasang harga murah untuk menarik minat investor.

Baca juga : 6 Layanan Investasi Emas di Pegadaian

Demikianlah pemaparan singkat cara bermain saham dengan modal kecil, terlebih kita yang pemula maka kita memerlukan informasi atau referensi bacaan yang dapat di jadikan acuan dalam berinvestasi di pasar modal. Terima kasih dan semoga bermanfaat !

 


loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *