Panduan Lengkap Cara Berjualan di Tokopedia Dengan Mudah

Cara berjualan di tokopedia – Mau jualan online ? Kita bisa berjualan dengan memanfaatkan marketplace seperti Tokopedia. Benar sekali dengan berjualan online kita bisa menjangkau pelanggan seluruh dunia. Bayangkan saja, produk yang di butuhkan di lihat oleh berjuta orang. Apa yang akan terjadi ?

Selain itu, para pembeli akan merasa aman karena metode pembayaran Tokopedia menggunakan rekber alias rekening bersama artinya uang yang di transfer akan sampai ke penjual jika barang yang di pesan telah kita terima atau sesuai dengan pesanan. Jadi pembeli tidak ragu untuk membeli barang online lewat tokopedia.

Kali ini admin akan bagikan tutorial bagaimana cara berjualan di tokopedia? sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini mendapatkan uang lewat online sangat banyak, dan salah satunya adalah menjual di marketplace yaitu tokopedia.

Sudah tahu kan Tokopedia ?

Tokopedia merupakan satu di antara beberapa mall online terbesar di Indonesia yang memberikan kesempatan bagi individu maupun pemilik usaha di Indonesia untuk membuka dan mengelola toko online  dengan mudah dan gratis.

Lalu tantangannya buat pemula, bagaimana jika kita memiliki toko offline lalu mau di kembangkan ke ranah online ? Salah satunya adalah tokopedia, simak cara berjualan di tokopedia.

Cara berjualan di Tokopedia

Anda memiliki barang entah itu baru atau bekas, yang sekiranya masih bagus dan layak pakai segera buka toko di tokopedia. Barang kali barang yang tidak terpakai tersebut bisa menjadi uang. Ataukah anda ingin menjadi penjual di tokopedia namun tidak memiliki barang. Yuk silahkan terus simak artikel ini, nanti saya akan beritahukan bagaimana cara berjualan di tokopedia meski tidak memiliki barang. Atau tidak punya stock.

1. Pertama-tama, kita perlu membuat akun di tokopedia. Klik daftar di pojok kanan atas. Isikan biodata yang di butuhkan dan ikuti petunjuknya.

2. Setelah memiliki username dan pasword login. Maka silahkan login menggunakan pasword dan username yang telah di berikan tersebut.

3. Setelah berhasil login pertama kali maka klik “Buka Toko” pada bagian kiri-atas

cara berjualan di tokopedia

4. Isi semua data yang diperlukan dengan lengkap dan benar, seperti:

  • Domain toko (contohnya : www.tokopedia.com/namatokomu)
  • Informasi toko (nama, slogan, dan deskripsi)
  • Dukungan paket pengiriman
  • Alat pembayaran
  • Gambar profil toko

5. Klik kembali “Buka Toko”.

Masukkan produk-produk yang mau di jual dengan klik “Tambah Produk” di menu “Toko Saya”.

Isi semua informasi tentang produk dengan benar dan lengkap, seperti:

– Nama barang
– Kategori
– Deskripsi barang
– Berapa Berat barang
– Harga barang
– Foto barang

Setelah itu, klik “Simpan”, atau “Simpan & Tambah Baru” jika ingin menambah produk baru lainnya.

cara membuak toko di tokopedia

Namun sebelum mengupload produk dalam jumlah banyak, alangkah baiknya membaca syarat dan ketentuan  Tokopedia kepada semua toppers. Sebab ada barang tertentu yang tidak bisa di jual di Tokopedia. Lihat syarat produknya di sini

6. Setelah berhasil mengupload foto produk, maka jika kita menerima pesanan atau cara mengetahuinya dengan klik Toko saya lalu menu Penjualan di bawahnya ada menu pesanan baru. Seperti pada gambar di bawah !

7. Setelah pesanan baru di klik, lalu kita centang pada pesanan yang di pilih lalu Terima pesanan lalu Respon pesanan

cara menjadi penjual tokopedia

Namun jika karena sesuatu hal barang yang di pajang di toko sudah sold out atau tidak dapat di penuhi pesanannya, maka kita centang Tolak pesanan lalu deskripsikan alasan penolakannya.

8. Langkah selanjutnya adalah mengirim pesanan sesuai dengan agen pengiriman yang telah di pilih oleh pembeli.

9. Jika selesai maka kita perlu mengkonfirmasi secepatnya di situs Tokopedia, bahwa barang yang di order telah di kirim. dengan centang pada kolom pesanan, lalu masukkan no. resi lalu klik Konfirmasi. seperti gambar di bawah

cara daftar tokopedia

10. Status barang yang di kirim dapat pula di cek Toko saya lalu Penjualan lalu Status Pengiriman lalu klik Lacak

Jika barang telah sampai di tangan pembeli, mereka berhak memberikan refiew atau ulasan mengenai Toko kita. Terkait dengan kepuasan mereka dengan barang yang di terima, begitupun tingkat pelayanan dan kecepatan respon yang di berikan.

Seiring dengan itu, maka transfer uang yang tertahan di Tokopedia akan di teruskan ke saldo di tokopedia milik kita. Yang nantinya dapat di tarik ke rekening bank Lokal.

Sebagai penjual kita juga berhak untuk membalas hasil refiew yang di berikan dengan cara klik Menu Refiew di Toko saya lalu Submit

Artikel terkait :

Demikianlah cara berjualan di tokopedia. Mudah kan ? Namun kendala yang banyak di temukan oleh mereka yang ingin menjadi penjual di Tokopedia adalah barang.

Bagaimana cara menjadi penjual di tokopedia jika tidak punya produk ? salah satu caranya adalah menjadi dropship. Atau scrape barang dari marketplace yang lain lalu kemudian di upload kembali di tokopedia. Nanti di lain waktu akan di buatkan postingan mengenai cara menjadi droship.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.