[Update] – Cara Belanja Di Shopee Dengan COD Bagi Pemula

Diposting pada

Setelah sebelumnya telah di ulas, bagaimana belanja di Shopee lebih dari 1 barang pada toko yang berbeda. Sekarang penulis ingin membagikan cara belanja di Shopee dengan sistem COD atau bayar di tempat. Hal ini sering banget di tanyakan oleh pemula yang baru saja pertama kalinya menggunakan aplikasi shopee untuk belanja online.

Sistem COD atau Cash On Delivery adalah barang di terima terlebih dahulu baru di bayar. Ini merupakan salah satu metode pembayaran yang ada pada Shopee. Yakni memungkinkan pembeli tidak perlu transfer uang, atau menggunakan dompet digital terlebih dahulu saat memesan barang. Tetapi bisa memesan barang terlebih dahulu, lalu memilih pembayaran COD. Nantinya barang akan di kirimkan. Dan bayarnya saat barang sampai di tangan.

Lalu bagaimana cara belanja di Shopee menggunakan metode pembayaran COD untuk Pemula ? sebelum membahas, ini ada beberapa yang perlu kita ketahui, karena tidak semua barang yang di jual di Shopee bisa COD. Ada syarat tertentu.

Syarat COD Shopee

1. Hanya Barang Tertentu,

Seperti di sebut di awal, tidak semua barang bisa kita bayar dengan COD. Olehnya itu, kita harus tahu bagaimana memilih dan menemukan barang yang bisa bayar di tempat.

2. Maksimal Belanja Rp. 3.000.000,-

Jika pembelanjaan kita lebih dari pada 3 juta. Maka itu tidak bisa memilih pembayaran COD. Sesuai aturan Shopee Per tanggal 4 Januari 2021.

Tapi bagusnya, tidak ada minimal belanja. Kalau dulu ada ketetapan minimal. Jadi kalau harga barang tidak sampai minimal belanja maka fitur COD tidak aktif.

Sekarang berapapun jumlah belanja kita, asalkan tidak melebihi dari 3 juta. Maka memenuhi syarat COD.

3. Memilih Jasa Pengiriman Untuk COD

Syarat COD Shopee selanjutnya, yakni kita perlu memilih jasa kurir yang melayani COD. Karena pada Shopee Kurir yang melayani COD sementara yang aktif adalah : J&T Express, Shopee Express Someday, Shopee Express Standart, Standar Ekspres, ID Express.

4. Biaya Penanganan COD

Perlu juga di ketahui oleh pemula, bahwa COD itu punya biaya penanganan. Tapi ini untuk pesanan COD yang ke-7 sebesar 3% sedangkan untuk pesanan 1 s/d ke 6 masih di gratiskan.

Sedangkan, pembeli yang mengirim ke 3 alamat yang berbeda akan teridentifikasi atau di kategorikan sebagai dropshipper. Biaya penanganan COD nya sebesar 9%. (Sumber).

Itulah tadi 4 syarat COD shopee yang perlu kita perhatikan. Jadi untuk bisa belanja di Shopee dengan COD pemula perlu perhatikan poin tersebut.

Cara Belanja Di Shopee COD Bagi Pemula

Silahkan buka dan login aplikasi Shopee

Lalu ketikkan barang yang akan kita beli pada kolom pencarian. Misalnya kita mau beli Pakaian Gamis untuk Anak-anak. Maka kita ketikkan pada kolom “gamis anak”.

Nantinya akan muncul semua toko yang menjual gamis untuk anak. Baik yang melayani COD maupun tidak. Olehnya itu, agar bisa tampil toko yang hanya menyediakan layanan COD. Silahkan klik menu Filter di samping kolom. Jadi nanti yang akan tampil adalah toko yang hanya melayani COD.

Di sini tinggal kita pilih baju gamis yang menurut kita bagus. Setelah ketemu, tap barang tersebut, lalu tap Beli Sekarang.

Silahkan pilih warna, ukuran dan jumlah yang akan kita beli. Pada halaman berikutnya, lalu klik Beli Sekarang. !

Otomatis barang tersebut, akan masuk ke keranjang Belanja. Di sini kita bisa memasukkan Voucher Shopee, jika kita punya voucher yang dapat di klaim. Lumayan dapat mengurangi harga.

Setelah kita tap tombol CheckOut, kita akan masuk pada halaman Buat Pesanan. Pastikan alamat tujuan pengiriman, dan jasa pengiriman. Pengiriman pastikan adalah COD atau yang bisa bayar di tempat.

Kalau setelah di tap Opsi pengiriman muncul COD tidak di dukung. Berarti barang tersebut, tidak mendukung COD untuk wilayah yang kita masukkan. Pilih Jasa Pengiriman J&T Express. Pada opsi pengiriman jika penjual punya kurir tersebut. Jika tidak, pastinya kita harus memilih barang dari toko yang lain.

Setelah semuanya selesai, tinggal menunggu barang sesuai estimasi lama pengiriman yang tercantum saat Buat Pesanan.

Lihat juga : Cara Menggunakan Gratis Ongkir Shopeepay

Yang Perlu Di Perhatikan Pemula Saat Memilih COD

  1. Kita harus membayar ke kurir saat barang telah di terima tanpa bongkar paket kiriman.
  2. Apabila pembeli tidak membayar ke kurir atau menolak pesanan atau tidak berada di tempat saat kurir datang dalam 2 x 60 hari. Maka ia akan masuk dalam daftar hitam layanan COD. Artinya ia tidak dapat menggunakan fitur tersebut ke depannya.

Demikianlah cara belanja di Shopee dengan COD bagi pemula.

Pengalaman lebih dari 10 tahun kerja di industri perbankan. Kemudian menjadi professional freelance dan global internet marketing