7 Cara Aktivasi Kartu Debit BCA Untuk Transaksi Online Terbaru

  • Share
aktivasi debit bca

Artikel ini akan menjelaskan cara aktivasi kartu debit BCA untuk transaksi online.

Meski pada mesin ATM BCA kita dapat melakukan transaksi tarik dan setor tunai tanpa kartu ATM. Bukan berarti kartu ATM/Debit tidak di perlukan lagi, Buktinya saat ini, transaksi pembayaran online. Bisa menggunakan kartu debit.

Transaksi online yang di maksudkan disini adalah transaksi seperti ketika kita menggunakan kartu kredit. Sebagaimana kita ketahui, bahwa sebagian situs besar, terutama situs – situs luar negeri salah satu metode pembayarannya adalah penggunaan kartu debit.

Nah, bagi pemilik kartu debit terkadang bingung. Karena ketika menginputkan nama, nomor kartu, tanggal kadaluarsa serta kode CCV/CVC yang ada di belakang kartu debit selalu gagal. Alias tidak dapat menyelesaikan transaksi. Dan terkadang hal tersebut muncul pemberitahuan, “kartu debit tidak dapat di gunakan. Tolong hubungi bank pemilik kartu”.

Kurang lebihnya, notifikasi yang muncul seperti itu. Ketika kita mencoba menggunakan kartu debit untuk transaksi online. Dan memang benar, tidak semua kartu debit memungkinkan untuk transaksi online layaknya kartu kredit.

Misalnya, saja pada bank BCA. Kartu debit yang bisa di gunakan untuk transaksi online adalah kartu debit yang berlogo MasterCard. Olehnya itu, bagi pemilik rekening BCA yang memiliki kartu debit selain MasterCard. Bisa melakukan penggantian kartu jika ingin meggunakan untuk transaksi online.

Memiliki kartu debit BCA MasterCard sendiri tidak serta merta langsung dapat di gunakan untuk transaksi online. Terlebih kalau kartu tersebut belum di aktifkan. Nah berikut cara aktivasi kartu debit bca untuk transaksi online !

Aktivasi Kartu Debit BCA Untuk Transaksi Online Melalui BCA Mobile

Untuk menggunakan kartu debit BCA MasterCard transaksi online kita wajib mengaktfikannya terlebih dahulu. Adapun cara mengaktifkannya dapat di lakukan dengan mudah melalui BCA Mobile. Aplikasi ini, akan aktif saat kita buka rekening BCA lewat online.

Jadi kita perlu memiliki BCA Mobile yang sudah aktif. Berikut langkah-langkahnya !

  • Silahkan buka Aplikasi BCA Mobile terlebih dahulu,
  • Setelah terbuka pilih menu m-BCA, masukkan Kode akses
cara aktivasi kartu debit bca untuk transaksi online
  • Perhatikan tab paling bawah, pilih menu Akun Saya (pojok kanan bawah),
aktivasi debit bca online, pilih menu akun saya
  • Nantinya akan muncul informasi jenis kartu debit BCA, nomor kartu. Selanjutnya pilih menu Kontrol,
lalu pilih kontrol pada bca mobile
  • Lalu aktifkan fitur “Transaksi Debit Online” dengan cara menggeser tab di sampingnya,
aktifkan transaksi debit online
  • Masukkan nomor telepon untuk menerima kode OTP. Masukkan no. telepon yang terkait dengan BCA mobile, agar setiap ada transaksi muncul notifikasi melalui BCA Mobile.
masukkan no. hp untuk terima OTP
  • Terakhir, klik “Daftar”.

Lihat juga : Cara mengatasi BCA mobile yang terblokir

Sampai di sini, kartu debit BCA sudah dapat di gunakan untuk transaksi online.

Selain dari langkah tersebut di atas. Hal yang tak kalah penting untuk di ketahui, adalah bagaimana menyiapkan kartu debit BCA MasterCard yang kita punya tidak di salah gunakan oleh orang lain.

Karena seperti kita tahu, tidak selamanya merchant pemilik situs yang menerima pembayaran menggunakan kartu debit menggunakan sistem 3DS.

Sistem 3DS akan mengirimkan kode OTP ke nomor HP ketika kita akan melanjutkan pembayaran. Kalau tidak menggunakan kode OTP, tentu hal ini sangat riskan nomor atau kartu debit di gunakan oleh orang lain.

Untungnya, BCA telah memiliki fitur untuk mengatur limit transaksi dan pemblokiran kartu. Dengan fitur tersebut, setiap transaksi tetap dapat kita kontrol. Dan menjaga penggunaan yang tidak di inginkan.

Cara Mengatur Limit Transaksi Pada Debit BCA MasterCard

Untuk berjaga-jaga fitur limit harusnya di atur agar tidak terjadi penyalah gunaan. Besarnya limit yang di tentukan sesuai keinginan. Misalnya, 1 juta atau 5 ratus ribu. Jadi besaran transaksi tidak dapat melewati nominal itu. Nah ketika kita ingin melakukan transaksi lebih dari itu, kita perlu meningkatkan limit transaksi dengan menggeser tab limit.

Adapun cara untuk melakukan ini sebagai berikut,

  • Buka aplikasi BCA Mobile, pilih menu m-BCA,
  • Kemudian masukkan PIN kode akses,
  • Pilih menu Akun Saya pada tab bagian bawah sebelah kanan,
  • Pilih menu Atur limit, silahkan pilih jumlah limit yang ingin kita terapkan pada transaksi debit online.

Selain dari fitur mengatur limit ini, kita juga dapat segera memblokir kartu debit agar tidak di salah gunakan oleh orang lain. Misalnya saja ketika kartu debit tercecer di tempat umum. Maka yang pertama harus di lakukan memblokir kartu tersebut, agar orang yang akan menggunakannya tidak dapat menarik saldo untuk pembayaran online.

Blokir Kartu Debit BCA Melalui BCA Mobile

Ini juga bisa di lakukan dengan mudah, kita bisa melihat fitur ini di samping menu “Kontrol”dan “Atur Limit”. Silahkan klik tombol “Blokir” lalu lakukan klik tombol Blokir sekali lagi pada halaman konfirmasi. Namun sebelum itu, silahkan baca ketentuan yang ada. Agar proses ini berjalan dengan baik.

Kesimpulan

Untuk menggunakan kartu debit BCA untuk transaksi online, kita wajiban menggunakan kartu debit jenis MasterCard. Setelah itu, kita perlu mengaktifkan kartu debit mastercard tersebut untuk bisa bertransaksi online melalui menu yang ada pada aplikasi BCA Mobile.

Demikianlah yang sempat penulis sampaikan terkait cara aktivasi kartu debit bca untuk transaksi online. Jika anda kendala mengenai hal ini atau ada yang ingin di tanyakan silahkan hubungi bank BCA melalui line telepon 1500888 atau ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai debit online ini. Bisa langsung cek keunggulan lainnya melalui situs bca.co.id/

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *