10 Tips Memulai Bisnis Travel Online Untuk Pemula

bisnis travel online

Memang saat ini, perkembangan teknologi tidak bisa di pungkiri. Banyak bisnis yang sebelumnya hanya mencakup satu daerah saja. Kini dengan adanya internet, produk kita bisa di jangkau di seluruh dunia. Misalnya saja Agen travel online.

Bisnis travel banyak yang sudah menyulapnya menjadi online. Tentu ini terdengar lebih mudah di jalankan. Selain jangkauannya luas, modal yang di butuhkan relatif lebih hemat di bandingkan dengan travel yang hanya mengandalkan fisik.

Tetapi persaingan di industri online sangat ketat. Banyak pendatang baru di bidang ini. Olehnya itu untuk memulai bisnis travel online kita perlu menganalisa semua aspek penting serta rencana pemasaran yang perlu di pikirkan dengan cermat.

Sebelum membahas lebih lanjut tips memulai bisnis travel online. Beberapa fakta menarik yang perlu di simak.

Dari data yang di ambil, di ketahui bahwa ada sekitar 900 juta penumpang dalam setahun. Jika komisi 10.000 yang di dapatkan dari penjualan tiket tersebut. Maka ada 900 milyar komisi tiket pesawat dalam setahun atau 2,4 milyar perhari.

Jumlah jamaah umrah setiap tahun sekitar 699.000. Komisi umrah sekitar 2.000.000 / jamaah. Maka potensi komisi total 1,398. triliun.

Selain itu fakta di lapangan menyatakan bahwa permintaan untuk menggunakan jasa perjalanan akan terus meningkat. Dengan semakin majunya masyarakat, kebutuhan akan rekreasi juga akan meningkat. Salah satu bentuk rekreasi yang paling menyenangkan adalah jalan-jalan atau berkunjung di daerah-daerah pariwisata. Sampai di manca negara.

Ini adalah salah satu bisnis yang dapat di jalankan dari rumah. Tidak perlu kantor permanen dan karyawan yang banyak. Yang semua itu, butuh biaya tidak sedikit. Kita tetap bisa sukses menjalankan bisnis travel online asalkan tahui tips usaha rumahan.

Beberapa tips sukses memulai bisnis travel online

1. Perencanaan

Jika anda tertarik mendirikan bisnis travel online. Rencanakan setiap aspeknya terlebih dahulu. Jangan pernah memulai sesuatu dengan terburu-buru. Mungkin kedengaran omsetnya bisa sampai puluhan juta perhari, tetapi yang menjalankannya bukan kita sendiri. Ada banyak usaha sejenis yang memiliki strategi pemasaran pula.

Jadi perencanaan akan sangat bergantung dengan bisnis yang anda pilih. Misalnya, jika ingin mendirikan bisnis travel online dari rumah maka tentunya perlu mencari agen travel yang dapat memfasilitasi rencana anda tersebut.

Perencanaan yang baik di dalam bisnis akan menjadi pijakan kuat bagi perkembangan bisnis kedepannya. Ini akan membantu mengelola berbagai sumber daya yang terbatas.

2. Kenali target pasar anda

Ketika anda membuka bisnis travel online, tentunya bukan anda sendiri yang menjalankannya. Ada banyak bisnis perjalanan yang juga online yang beroperasi sebelum kita. Dan tidak sedikit di antaranya adalah para perusahaan besar yang sudah mapan. Yang sudah di kenal baik di masyarakat. Jadi bagaimana anda memikat pelanggan untuk bisnis travelnya?

Kuncinya adalah anda harus melakukan sesuatu yang menonjol di banding dengan kompetitor. Menciptakan sebuah layanan unik yang tidak ada atau hanya sedikit yang memakainya.

Tapi apa layanan unik ini ? Ini yang harus anda pikirkan !

Salah tips terbaik untuk mendapatkan layanan unik ini adalah mendengarkan pengalaman pelanggan yang kerap menggunakan jasa travel. Mungkin anda perlu berinteraksi dengan banyak wisatawan, pelancong untuk mengetahui masalah atau unek unek mereka terkait dengan kenyamanan perjalanan.

Jika anda bisa mengidentifikasi dan mendengarkan dengan baik. Maka cobalah untuk memberikan solusi yang benar. Tanyakan lagi kepada diri sendiri, layanan apa lagi yang tidak pelanggan dapatkan dari agen perjalanan. Tentunya layanan yang membuat mereka akan mengingat nama travel kita.

Misalnya layanan pengantin baru untuk mencari lokasi petualangan bulan madu. Secara keseluruhan, memang mencari ide ini tidaklah mudah. Tetapi ketika kita bisa menemukannya dengan tepat. Besar kemungkinan nama kita akan cepat melejit. Walau terbilang baru. Karena ada kesan yang membuat orang mengingat agen travel kita.

3. Memilih Agen induk

Agen induk yang di maksudkan di sini adalah tempat anda mendaftarkan diri untuk menjalankan bisnis travel secara online. Ada banyak perusahaan besar yang membuka kesempatan keagenan. Nah, ini adalah kesempatan emas dan mudah bagi anda. Karena agen induk ini akan memberikan panduan, tips serta tools-tools marketing yang benar-benar anda butuhkan.

Pilihlah perusahaan yang benar-benar sudah memiliki akreditasi dan pengalaman. Kecuali kalau anda memiliki cukup pengalaman dan memiliki hubungan dengan pemasok dan sudah mengetahui seluk beluk menjalankan bisnis travel. Maka memilih untuk mandiri dengan akreditasi sendiri tentu lebih sempurna.

4. Biaya operasional

Hal ini menyangkut modal yang anda pegang saat ini. Karena ini nantinya akan di gunakan untuk membuat brosur, kartu nama, spanduk, serta membuat website profesional, dan bahkan sampai pada pembuatan aplikasi android dan Iphone.

Lalu berapa modal di awal yang di butuhkan untuk menjalankan bisnis travel online ?

Di sini anda perlu mempertimbangkan apakah perlu menggunakan pinjaman dari bank, meminjam dari keluarga, atau menjual sebuah aset untuk mendapatkan dana. Ataukah anda memiliki simpanan ?

Modal bisnis travel online tidaklah besar. Tidaklah seperti membangun bisnis kontraktor atau properti. Tetapi yang di butuhkan di sini adalah arus kas harus berjalan / lancar untuk memenuhi pengeluaran yang tidak di sangka-sangka.

Jika jalan terkahir anda membutuhkan pinjaman dari bank. Cobalah baca artikel berikut ini. Cara mengajukan pinjaman di bank agar di terima !

5. Strategi Branding

Setelah mengetahui target pasar dengan baik dan memiliki modal awal yang cukup. Maka faktor penting selanjutnya dalam meraih persaingan bisnis travel yang sengit adalah menciptakan merk yang berkesan.

Bisnis kita harus menonjol, kita harus tahu bagaimana membuat pelanggan mengetahui tentang usaha kita.

Bagaimana membuat mereka pergi ke situs yang kita punya dan mencari layanan travel ? jawab pertanyaan ini dengan tepat. Beri mereka visi spesifik untuk merk dagang anda.

Berikan mereka alasan mengapa mempercayakan perjalanannya ke travel kita ? berikan kesan unik. jawab pertanyaan-pertanyaan dengan tepat, karena hal ini akan mendongkrak branding.

Salah satu persyaratan untuk memulai usaha menciptakan branding untuk usaha yang baru di buka adalah menciptakan desain logo. Desain logo haruslah unik, karena inilah nantinya yang akan di lihat dan di ketahui pelanggan di brosur, spanduk, dan di mana saja kita berpromosi. Sekali lagi pastikan ini mengesankan !

6. Mengurus perizinan

Perizinan menjadi sesuatu yang mudah untuk memulai bisnis travel online, hampir kurang lebih sama dengan mengurus perizinan usaha yang lain. Tetapi kalau kita join dalam bisnis dengan model membeli lisensi atau mendaftar melalui agen induk. Tentunya kita tidak perlu di repotkan dengan masalah perizinan. Baca : Cara urus izin usaha rumahan

7. Karyawan

Dalam skala tertentu, tenaga merupakan bagian yang penting juga di dalam memulai bisnis travel online. Mereka yang akan merancang website, logo, brosur dll. Di perlukan orang yang ahli di bidang ini. Kecuali kalau anda memiliki basic di bidang desain grafis mungkin karyawan tidaklah penting amat.

Tetapi pastikan tenaga kerja yang kita rekrut benar-benar mampu menghandel, baik itu saat ada gangguan teknis, bagi website atau berhubung dengan pelayanan.

8. Membuat iklan

Karena tidak banyak orang tahu, maka jalan terbaik bagi sebuah bisnis yang baru di buka adalah mengiklankannya di media-media promosi. Namun langkah ini tentunya tidaklah murah, tetapi efeknya sanga luar biasa bagi langkah awal bagi bisnis anda.

Cobalah memilih dan belajar menggunakan iklan media sosial seperti facebook, instagram, atau google adwords, karena ketiga situs itu merupakan media promosi masif yang sangat luar biasa dala memperkenalkan bisnis anda kepada orang banyak. Mereka memiliki target audiens sesuai dengan apa tujuan beriklan anda.

Namun, kita tidak bisa mengandalkan mereka semata, tetapi materi copywriting kita haruslah mumpuni agar konversi kian besar.

9. Tetap menjalin hubungan dengan pelanggan

Bisnis tidak berkembang karena iklan dan brand semata. Pelanggan menginginkan kepercayaan terhadap agen perjalanan terlebih dulu karena agen akan mengirim mereka ketempat liburan. Jika mereka terlanjur percaya sama agen kita maka sulit bagi mereka berpindah ke lain hati.

Olehnya itu, tetap menjalin hubungan dengan pelanggan menjadi salah tips bisnis travel online yang mumpuni. Bagaimana caranya ? kita bisa mengirimi mereka email ucapan ulang tahun, atau ucapan hari raya, atau mengabarkan info promo perjalanan atau mungkin bisa mengirimi mereka email survey terkait layanan yang telah anda berikan selama parjalanan mereka.

10. Testimoni pelanggan

Mintalah pelanggan yang puas dengan perjalanan anda untuk berbagi cerita pengalaman selama dalam perjalanan. Meninggalkan foto-foto menarik mereka di website, tentu akan memberi kesan dan inspirasi bagi pelanggan baru

Dan strategi yang paling jitu dalam mengundang foto-foto menarik ini ke website adalah mengadakan kompetisi foto perjalanan terbaik. Hadiahnya dapat berupa diskon perjalanan ataukah souvenir dari kita.

Itulah 10 tips memulai dan menjalankan bisnis travel online yang sempat bisnisonlineusaharumahan.com sajikan pada kesempatan ini.

One thought on “10 Tips Memulai Bisnis Travel Online Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.