Bisnis MLM Paytren

Mengenal Bisnis MLM Paytren Dalam Syar’i | Bisnis UYM

Sudahkan Anda mengenal Bisnis MLM? Nah, tentunya bisnis ini sudah tidak menjadi hal asing lagi di telinga Anda. Betapa tidak, sebagian besar perusahaan banyak yang menggunakan sistem ini.

Penasaran dengan sitem penjualannya seperti apa? Bisnis MLM ini menggunakan sistem networking atau suatu jaringan yang di kenal dengan sistem MultilevelMarketing (MLM). Jika berbicara bisnis MLM ada kemungkinan sudah banyak yang merasa tertipu dan bahkan alergi dengan bisnis ini bukan?

Pada dasarnya pemikiran masyarakat tentang bisnis MLM yang demikian tidak semuanya benar. Karena pada dasarnya sistem itu hanyalah sebuah strategi dalam mencapai keberhasilan pemasaran produk saja dan bukan menjadi satu-satunya acuan dalam sebuah usaha.

Hal terpenting yang perlu di perhatikan yakni manfaat dari produk tersebut bagi masyarakat. Selain itu juga dalam penjualannya menggunakan harga yang sewajarnya saja. Akan tetapi, kebanyakan orang masih meragukan itu semua. Nah, bagaimanakah jika di tinjau dari segi syar’i apakah di perbolehkan atau tidak?

Memang benar, namun Anda tidak boleh langsung menjudge bahwa semua bisnis MLM itu tidak baik dan menipu yaa. Kenapa? Karena ada sebuah bisnis yang menggunakan sistem MLM namun sesuai dengan syariat yakni payten.

Terdapat kaedah penting yang perlu Anda pahami terkait permasalahan ini di dalam hukum Islam, seperti yang di riwayatkan oleh Imam Ibnu Qoyyim, yakni:

“pada dasarnya semua ibadah hukumnya haram kecuali kalau ada dalil yang memerintahkannya, sedangkan asal dari hukum transaksi dan mu’amalah adalah halal kecuali kalau ada dalil yang melarang” (I’lamulMuwaqqi;in 1/344)

Dari penjabaran di atas tentunya Anda dapat menarik sebuah benang merah bahwa, apapun bentuk dan model suatu bisnis pada dasarnya halal. Namun, jika di lakukan atas dasar yang sama RIDHA dan tidak mengandung unsur keharaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *