Melihat Bisnis Karaoke Keluarga, Tips Dan Solusi Bagi Yang Kurang Modal

  • Bagikan

Bisnis karaoke – Sejak kapan bisnis ini mulai booming ? sepertinya usaha bernyanyi ini baru ada sekitar 5 tahun belakangan ini. Khususnya di tahun ini sedang geliat-geliatnya, hampir tiap kota di Indonesia sudah bertebaran rumah bernyanyi. Kalau sekitar 5 tahun yang lalu, tempat seperti ini masih sangat langka, alias masih bisa di hitung jari. Itupun kalau ada.

Bisnis karaoke keluarga

Awal kemunculannya, bisnis karaoke sempat di ragukan prospeknya. Pasalnya karaoke sudah dikenal lama di masyarakat. Kebiasaan bernyanyi masih di miliki oleh orang-orang tertentu saja, sebab untuk mendapatkan suara yang bagus meliputi sound sistem, monitor, mig itu membutuhkan biaya yang tidak murah.

Namun demikian para elit atau yang memiliki modal atau uang. Mereka mendirikan sebuah tempat dengan beberapa ruangan yang mana setiap ruangannya menyediakan komputer, monitor, serta sound sistem. Tempat demikian, di kenal sebagai rumah bernyanyi. Inilah kemudian yang lagi booming. Bisnis karaoke dengan rumah bernyanyi.

Berapa Modal Untuk Mendirikan Bisnis Karaoke ?

Berikut anggaran yang perlu di persiapkan untuk mewujudkan impian memiliki bisnis karaoke


  • Peralatan Karaoke meliputi, mig, komputer, sofware, Monitor Minimal 29 “ : Rp. 10.000.000
  • Sofa dengan meja       : Rp. 5.000.000
  • Dekorasi dinding termasuk peredam  : Rp. 3.000.000
  • Papan nama dan Accesoris         : Rp. 1.000.000
  •    Total   : Rp. 19.000.000

Biaya di atas hanya untuk paket karaoke keluarga untuk satu ruangan, bagaimana kalau ruangan yang di buat terdiri dari 10 buah ? Bagaimana menurut anda ?. Biaya di atas belum lagi kita masukkan biaya operasional yang juga tidak sedikit, seperti Listrik, Karyawan, Air, Wifi, Dan lain-lain.

Memang tak dapat di pungkiri bisnis karaoke merupakan bisnis kalangan menengah ke atas. Jadi lihat saja Rumah bernyani yang ada di kota anda atau di sekitar tempat tinggal anda siapa yang punya bisnis bernyanyi itu ?

Walaupun modalnya awalnya untuk membuat bisnis karaoke keluarga terbilang tinggi, tetapi prospek dari peluang usaha ini sunggu sangat menggiurkan. Sekarang ini artis Inul Daratista, Ahmad Dani, Anang, Syahrini, dan lainnya tidak mau ketinggalan memanfaatkan peluang usaha yang sangat potensial ini.

Kalkulasi perhitungan omset bisnis karaoke cukup sederhana, Anggap saja sewa perjam itu Rp. 40.000. Lama operasi, dari jam 10 pagi S/D jam 1 Malam, dengan 10 ruangan, kita kalikan saja berapa kira-kira yang bisa di hasilkan. Anggaplah saja sehari/per ruangan itu hanya mendapat tamu 8 jam, berarti 8 x 40.000 = Rp. 320.000 x 10 ruangan = Rp. 3.200.000 / hari x 30 hari = Rp 96.000.000

Belum di keluarkan biaya operasional. Anggap saja Karyawan Berjumlah  7 Orang. Dengan gaji. Rp. 2.500.000 = Rp. 17.500.000 + Rp. 5.000.000 (biaya Listrik) = Rp. 22.500.000 + Rp. 500.000 ( Wifi ) = Rp. 23.000.000 + Pajak dan lain-lain ( Rp. 5.000.000)= Rp. 28.000.000

Coba bandingkan Kisaran Omset yang di dapat dengan biaya operasional , Tentu sangat menggiurkan bukan ?.

Berikut beberapa Tips Mengembangkan Bisnis karaoke Agar Bisa Berkembang

1. Lokasi

Lokasi yang sangat berpengaruh bagi perkembangan bisnis karaoke, lokasi atau tempat yang di maksudkan di sini bukan saja harus berada di pinggir jalan raya, bukan saja harus berada di tengak kota, atau pusat keramaian, tetapi yang lebih penting adalah tempat parkiran pengunjung yang harus luwes. Karena pengunjung nantinya bukan saja motor tetapi akan ada kendaraan roda empat.

Lokasi yang bagus untuk bisnis karaoke keluarga, adalah bagaimana tingkat keamanan pengunjung di daerah tersebut. Ini semua akan menjadi pertimbangan sebelum seseorang berkunjung di usaha kita.

2. Pelayanan Karyawan.

Karyawan yang ramah, cepat respon, akan menjadi magnet kuat agar pengunjung akan datang kembali dan  mungkin akan mengajak teman-temannya untuk menjadikan usaha ini sebagai sarana karaoke bagai keluarga mereka.

3. Kualitas Karaoke

Di sini terkadang kesalahan fatal yang kerap di lakukan bagi pebisnis pemula, mereka lebih memperhitungkan biaya di bandingkan dengan kualitas yang di berikan kepada konsumen. Hnedaknya dalam menjalankan bisnis karaoke tidak boleh main hitung-hitungan dengan namanya kualitas suara yang dihasilkan oleh karaoke kita. Sebab sound sistem yang kurang nyaman kedengaran akan membuat pelanggan menjauh. Pengunjung sangat memperhatikan suara sound.

4. Dekorasi Ruangan

Ruangan yang ada dalam Rumah bernyanyi bukan saja, yang ada di room karaoke. Tetapi dekorasi meliputi dari ruang tunggu, meja kasir, WC dan lainnya haruslah menarik, bersih, pencahayaannya bagus, agar sedap di pandang mata.

5. Diskon

Pemberian kompensasi atau bonus kepada pengunjung merupakan senjata jitu untuk menarik pengunjung itu datang kembali dan akan datang lagi. Apalagi kalau diskon yang di berikan menarik.

Ada beberapa jenis diskon yang kerap diterapkan di bisnis karaoke, misalnya pengurangan biaya sewa ketika booking 2 jam atau kelipatan. Bonus minuman, atau pemberian kupon masuk jika menyewa dalam jumlah tertentu.

6. Promosi

Dan yang tak boleh ketinggalan dalam menjalankan usaha agar bisa tetap eksis adalah. Melakukan promosi. Promosi yang di lakukan dapat menyebarkan brosur di lingkungan kampus, di sekolah-sekolah, di jalan raya. Atau memasang beberapa buah spanduk besar di tempat-tempat yang mudah di lihat, dsb.

Tentu hal ini akan cepat memperkenalkan usaha karaoke keluarga yang tengah di kelola kepada banyak orang. Aapalagi di tambah dengan kalimat-kalimat diskon, maka tentu akan lebih menarik.

Demikianlah refiew singkat mengenai bisnis karaoke keluarga yang lagi banyak peminatnya. Bagaimana kira-kira menurut anda?

Baca juga : Usaha Rumahan Yang Lagi Trend

Solusi Menjalankan Bisnis Karaoke Dengan Modal terbatas

Cara memulai bisnis karaoke

Mungkin anda berkeinginan juga untuk mengadu nasib di bidang ini ? Namun terkendala dengan perkara  modal. Berikut Cara Menjalankan Bisnis Karaoke Yang Punya Modal terbatas.

Kita bisa menjalankan bisnis karaoke dengan konsep penyewaan / rental. Kita tidak memerlukan tempat atau rumah atau ruan

gan yang di desain khusus. Karena yang di sediakan hanyalah perangkat karaoke meliputi sebuah laptop dengan disk space yang tinggi untuk menampung sofware dengan ribuan bahkan jutaan lagu. Sebuah Unit Proyektor, Amplifier dan speaker elekton minimal 6 buah.

Sebelum merancang dan membeli alat-alat karaoke sebaiknya konsultasikan dahulu kepada yang ahli merakit paket ini. Setelah semuanya rampung. Kita tinggal berpromosi baik melalui teman, kerabat, atau menyebar brosur. Buatlah nama usaha karaoke yang menarik yang mudah untuk di ingat orang. Dan yang kedua utamakan kualitas suara.

Sekarang ini, Bisnis karaoke dengan sistem penyewaan paket tidak kalah menghasilkan dengan rumah bernyanyi. Sebab bisnis karaoke dengan model keliling, dapat melayani acara-acara pernikahan, akikahan, pindah rumah, atau bahkan hanya untuk acara-acara ngumpul-ngumpul bareng.

Tarif yang biasanya di terapkan dalam usaha karaoke ini bervariasi mulai dari Rp 300.000 sampai dengan Rp. 700.000 / malamnya. Menurut salah seorang teman yang berhasil meraup untung dari usaha ini modal awal yang dikeluarkan berada di kisaran 40 jutaan suaranya sudah lebih dari lumayan.

###

Demikianlah Yang Sempat di sharing oleh bisnisonlineusaharumahan terkait Bisnis Karaoke keluarga. Semoga apa yang ada di artikel ini dapat menjadi inspirasi peluang usaha bagi onliner sekalian. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *