Cara Membangun Bisnis Hotspot Voucher Dengan Modal Seadanya !

Demikianlah cara setting mikrotik via winbox dengan mudah tanpa perlu menggunakan tenaga ahli. Sebagai calon pengusaha bisnis hotspot voucher maka kita harus tahu langkah-langkah konfigurasi alat hotspot, seperti setting modem speedy, mengubah IP address, memberi IP address, dan konfigurasi dns, serta membuat paket harga voucer dengan membatasi limit pada user profile, dan lain sebagainya.

Tentu kita mau menjalankan bisnis hotspot dengan lancar. Yang namanya gangguan itu, sesuatu yang tidak dapat di hindarkan, kita tentu tidak mau jika pelanggan yang telah membayar paket bulanan ngomel-ngomel karena Hp dan Laptop mereka tidak bisa konek.

Ada beberapa gangguan yang kerap terjadi pada bisnis hotspot voucher yaitu, IP address yang kadang berubah bisa di sebabkan faktor mati lampu (perangkat mati mendadak). Jika itu terjadi maka kita harus memeriksa.

Terkadang gangguan bisnis hotspot voucher yaitu, kita tidak bisa login di mikrotik via winbox, meski kita sudah memasukkan user dan password yang benar. Hal tersebut di sebabkan pengaturan IP address yang tereset sendiri. atau ada orang jahil yang mencoba merusak bisnis hotspot voucher kita.

Olehnya itu, kita perlu tahu dan hapal benar settingan konfigurasi mikrotik untuk hotspot dan jaringan LAN atau warnet.

Langkah-langkah yang di sebutkan di atas, baru sampai kepada membuat layanan hotspot, maka kita perlu lanjut pada tahap berikut ini agar komputer yang berada dalam jaringan LAN/warnet mendapat koneksi dari modem internet.

Setting Mikrotik Di Warnet atau Jaringan Lan

Tiap-tiap PC komputer/laptop sudah terhubung ke Switch/hub. dan Switch terhubung ke ether 2 Mikrotik. Kita juga sudah melakukan settingan sebelumnya seperti setting PPOE client, setting IP address, serta DNS. Maka selanjutnya,

1. Menambahkan Nat

Fungsi nat adalah memetakan alamat Ip public menjadi Private.

Caranya Klik Menu IP Firewal | Masuk ke Tab NAT | Klik pada tombol +  sehingga muncul tampilan seperti berikut

bisnis hotspot voucher

Ket. gambar

Isi chain = Srcnat, Out Interfaces = pppoe-out1. Sedangkan Pada Tab Action Pilih
Masquerade.

 

2. Menambahkan IP address pada tiap PC

Agar Client bisa konek ke internet kita perlu menambahkan IP Address Pada tiap-tiap
komputer bisa menggunakan IP Static atau IP Dynamis.

Untuk IP static, kita perlu memberi IP tiap PC secara manual, kalau untuk komputer yang sedikit mungkin bisa di lakukan, namun bagaimana kalau komputer cukup banyak dan kita tidak mau repot melakukan settingan di tiap-tiap Pc tersebut. maka jalan pintasnya adalah memberi IP dynamis melalui mikrotik.

Cara Memberi IP Dinamis

Klik IP | DHCP server | DHCP Setup

konfigurasi IP address di jaringan LAN

Setelah klik DHCP setup maka pilih Interface Lan pada DHCP Server. Next

 

 

Pilih Alamat Jaringan Untuk DHCP Servernya (biasanya terisi otomatis) namun sesuaikan dengan IP yang ada pada ether 2 sebagai IP jaringan Lan. Next

IP gatewaynya juga terisi otomatis, sesuaikan dengan Ip ether 2 mikrotik

Tentukan Poolnya (Dari – Sampai) alamat IP yang akan digunakan. (otomatis) bisa di sesuaikan. Next

Isi DNS server. Next

Isi lease time, yaitu waktu sewa yang di gunakan oleh masing-masing IP. Next

Maka kita telah berhasil melakukan konfigurasi Ip dinamis tiap-tiap komputer. Jangan lupa untuk tiap ip address komputer harus berada automatic ip seperti di bawah ini

Cara memberi IP static

jika kita mau memberikan Ip static, maka berikut cara yang di lakukan. Tanpa perlu melakukan apa yang ada di atas, caranya sebagai berikut :

Berikut adalah Informasi IP Addres Untuk Client dimulai dari 192.168.2.2
IP Address = 192.168.2.2
Subnet Mask = 255.255.255.0
Default Gateway = 192.168.2.1 (IP Ether 2 Mikrotik)
Primary DNS = 8.8.8.8
Secondary DNS = 8.8.4.4

Jangan Lupa Untuk Mengkoneksikan terlebih dahulu dengan Switch

 

Itulah cara setting jaringan Lan / warnet melalui mikrotik, semoga dengan kehadiran artikel ini bisa menjadi bahan referensi bermanfaat, mudah di mengerti, dan dapat menyelesaikan masalah yang anda alami, terutama dalam hal membuat bisnis hotspot voucher begitupun dengan cara ber bisnis warnet.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.