Cara Membangun Bisnis Hotspot Voucher Dengan Modal Seadanya !

Tentu kita mau menjalankan bisnis hotspot dengan lancar. Yang namanya gangguan itu, sesuatu yang tidak dapat di hindarkan, kita tentu tidak mau jika pelanggan yang telah membayar paket bulanan ngomel-ngomel karena Hp dan Laptop mereka tidak bisa konek.

Ada beberapa gangguan yang kerap terjadi pada bisnis hotspot voucher yaitu, IP address yang kadang berubah bisa di sebabkan faktor mati lampu (perangkat mati mendadak). Jika itu terjadi maka kita harus memeriksa.

Terkadang gangguan bisnis hotspot voucher yaitu, kita tidak bisa login di mikrotik via winbox, meski kita sudah memasukkan user dan password yang benar. Hal tersebut di sebabkan pengaturan IP address yang tereset sendiri. atau ada orang jahil yang mencoba merusak bisnis hotspot voucher kita.

Olehnya itu, kita perlu tahu dan hapal benar settingan konfigurasi mikrotik untuk hotspot dan jaringan LAN atau warnet.

Langkah-langkah yang di sebutkan di atas, baru sampai kepada membuat layanan hotspot, maka kita perlu lanjut pada tahap berikut ini agar komputer yang berada dalam jaringan LAN/warnet mendapat koneksi dari modem internet.

Setting Mikrotik Di Warnet atau Jaringan Lan

Tiap-tiap PC komputer/laptop sudah terhubung ke Switch/hub. dan Switch terhubung ke ether 2 Mikrotik. Kita juga sudah melakukan settingan sebelumnya seperti setting PPOE client, setting IP address, serta DNS. Maka selanjutnya,

1. Menambahkan Nat

Fungsi nat adalah memetakan alamat Ip public menjadi Private.

Caranya Klik Menu IP Firewal | Masuk ke Tab NAT | Klik pada tombol +  sehingga muncul tampilan seperti berikut

bisnis hotspot voucher

Ket. gambar

Isi chain = Srcnat, Out Interfaces = pppoe-out1. Sedangkan Pada Tab Action Pilih
Masquerade.

2. Menambahkan IP address pada tiap PC

Agar Client bisa konek ke internet kita perlu menambahkan IP Address Pada tiap-tiap
komputer bisa menggunakan IP Static atau IP Dynamis.

Untuk IP static, kita perlu memberi IP tiap PC secara manual, kalau untuk komputer yang sedikit mungkin bisa di lakukan, namun bagaimana kalau komputer cukup banyak dan kita tidak mau repot melakukan settingan di tiap-tiap Pc tersebut. maka jalan pintasnya adalah memberi IP dynamis melalui mikrotik.

Cara Memberi IP Dinamis

Klik IP | DHCP server | DHCP Setup

konfigurasi IP address di jaringan LAN

Setelah klik DHCP setup maka pilih Interface Lan pada DHCP Server. Next

Pilih Alamat Jaringan Untuk DHCP Servernya (biasanya terisi otomatis) namun sesuaikan dengan IP yang ada pada ether 2 sebagai IP jaringan Lan. Next

IP gatewaynya juga terisi otomatis, sesuaikan dengan Ip ether 2 mikrotik

Tentukan Poolnya (Dari – Sampai) alamat IP yang akan digunakan. (otomatis) bisa di sesuaikan. Next

Isi DNS server. Next

Isi lease time, yaitu waktu sewa yang di gunakan oleh masing-masing IP. Next

Maka kita telah berhasil melakukan konfigurasi Ip dinamis tiap-tiap komputer. Jangan lupa untuk tiap ip address komputer harus berada automatic ip seperti di bawah ini

Cara memberi IP static

jika kita mau memberikan Ip static, maka berikut cara yang di lakukan. Tanpa perlu melakukan apa yang ada di atas, caranya sebagai berikut :

Berikut adalah Informasi IP Addres Untuk Client dimulai dari 192.168.2.2
IP Address = 192.168.2.2
Subnet Mask = 255.255.255.0
Default Gateway = 192.168.2.1 (IP Ether 2 Mikrotik)
Primary DNS = 8.8.8.8
Secondary DNS = 8.8.4.4

Jangan Lupa Untuk Mengkoneksikan terlebih dahulu dengan

>>>Dapatkan harga paketan hotspot murah di lazada

Itulah cara setting jaringan Lan / warnet melalui mikrotik, semoga dengan kehadiran artikel ini bisa menjadi bahan referensi bermanfaat, mudah di mengerti, dan dapat menyelesaikan masalah yang anda alami, terutama dalam hal membuat bisnis hotspot voucher begitupun dengan cara ber bisnis warnet.

48 komentar.

  1. Assalamualaikum mas… Kalau boleh tau butuh berapa kabel untuk menghubungkan semua perangkat dan apakah kabelnya menggunakan kabel lan semua?

    1. Iyya pakai kabel LAN semua…kabelnya di sesuaikan saja dengan berapa alat yang di gunakan. Karena perangkat tersebut nantinya,di hubungkan via kabel LAN

  2. Mau tanya mas, kira2 kalo kita pake indihome yang gak wms bisa gak ya mas? Saya punya indihome tripple play yg kecepatannya 20mbps. Tapi kan ada fup nya mas samoe 500gb jadi 75%, , 800gb jadi 40% kecepatan asli. Kebetulan saya udah ada tarik kabel lan dari rumah saya ke tempat toko saya ( kurang lebih 150 m ) disambungkan ke routerr linksys di toko saya. Rencananya saya mau jual voucher di sekitar toko saya itu mas. Cuma masih khawatir fup nya. Takutnya nanti malah lambat n konsumen jadi kecewa. Kira2 gmn ya mas? Harus wms kah? Atau paket 20mbps saya itu sudaj mencukupi untuk jualan voucher? Terima kasih sebelumnya mas…

    1. Seperti itulah yang saya pakai…dan itu sudah cukup bagi saya. Tapi tergantung dari pengguna. Mungkin pengguna Voucher saya belum terlalu ramai.

  3. Asalamualaikum, saya mau tanya, kalau masang mikrotik itu harus langganan wifi indihome dulu atau kita langsung beli alat mikrotiknya tanpa kita langganan internet wifi apapun.. mohon jawabannya?

    1. Iyya kita harus berlangganan wifi indihome terlebih dahulu, karena gunanya mikrotik itu untuk mengatur dan setting jaringan wifi sesuai kebutuhan !!!

  4. ka gimana cara mengatur badwich yg indihome yg tidak di sebar 20mbps, tapi kalo pemancar yg di aces poin untuk menyebarkan wifi cuma 10mbps kecepatanya

    1. Mas, bisa menggunakan fitur “simple queue” pada mikrotik, dengan cara memilih alamat / Ip adress antena pemancar hotspot, lalu melimitnya hanya sampai pada 10 Mbps

        1. bisa sampai 300 meter akses langsung pakai HP / Laptop dalam kondisi Los…kalau tidak nanti di bantu dengan repeater atauu penangkap sinyal wifi out door.

    1. Kurang paham juga saya kalau pakai paket data dari provider tertentu…karena selama ini awalnya saya pakai speedy lalu pindah ke indihome.

  5. setelah belajar dari awal kurang lebih 1 bulan akhirnya bisa juga. terimakasih gan.
    saya pake mikrotik RB750gr3 dan Modem adsl bekasi speedy untuk Acces Point nya.

  6. Assalamualaikum om,, om mau tanya konfigurasi tersebut bisa di pakai ke mikrotik RB941-2nd atau RB931-2nd? Soalnya kedua mikrotik tersebut tergolong murah.

    1. kurang tau juga om, karena apa yang saya tulis itu, hanya dari pengalaman saya saja. Tapi menurut saya kalau tampilannya sama. Seharusnya bisa yah !

    1. Sepertinya laptop hanya di butuhkan untuk setting perangkat saja, setelah itu, tanpa laptop hotspot voucher bisa di gunakan.

  7. Belum lama ini saya beli Paket Selular Router Mas,sepertinya Kemahalan kalau buat di Jual lagi.Dengan cara ini apa bisa lebih Murah nggak ya???
    Trus,apa dengan alat-alat tersebut di atas nantinya bisa di sebar luaskan lagi???
    Trimakasih sebelumnya

    1. Iyya tujuan artikel ini adalah menjual kembali paket wifi yang kita miliki. Alat yang di gunakan adalah alat untuk membagi dan menyebarluaskan wifi dalam bentuk voucher (username) jadi setiap yang mau login harus pakai kode user tersebut agar mereka dapat browsing. Dalam kode tersebut telah di setting jangka waktu, atau kuota atau bandwidth yang akan di jual.

      Misalnya, 1 user punya jangka waktu 10 JAM kita jual 5000, jadi setelah 10 jam terpakai otomatis user akan tidak bisa online,

      demikian yang bisa kami sampaikan,,,

  8. Asalamualaikum kakak semuanya …saya disini ingin sekali berbisnis hospot voucher tapi saya tidak tau mulai dari mana dan harus bertanya pada siapa …kak saya minta bantuannya ngusulin buat grup wa untuk bisa lebih kenal dan belajar lebih membuat bisnis itu kak..sekian terimakasih

    1. Jika di perhatikan artikel ini, saya yakin kita bisa membuat bisnis hotspot mode voucher. Yang perlu di persiapkan terlebih dahulu adalah Antena pelempar bisa pakai hyperlink, dan akses poin pake Bullet M2 HP, lalu kita juga butuh mikrotik pakai rb750gr3, lalu kita hubungkan ke 3 alat ini, setelah itu kita setting…untuk caranya silahkan cari aja di google atau di youtube jika sekiranya artikel ini kurang bisa di mengerti. Coba di perhatikan sekali lagi. Insya Allah Bisa. Saya juga buat hotspot voucher itu, dari otodidak.

      Untuk group, silahkan join aja di grup facebook. Ketikkan saja RT RW Net, ada beberapa komunitas yang aktif di sana.

  9. Assalamualaikum.. Saya sekarang sedang berbisnis wifi hotspot indihome. Masalahnya orang yg menyewa wifi saya berbeda waktu. Gimana yh caranya biar saya bisa mematikan pengguna yg waktu nya telah habis

    1. Waalaikum salam wr wb…Setiap user atau voucher yang di buat itu, otomatis pengguna akan berhenti sendiri jika waktunya telah habis…Cara membuatnya saya menentukan limit user misalnya 1 jam, 2 jam, 5 jam, 10 jam di mikrotik

  10. min, kebetulan saya orang awam dan ingin memulai bisnis seperti ini, jadi masih butuh banyak pencerahan. admin ada cp yang bisa dihubungi?

  11. assalamualaikum

    kalau saya tidak ijin buat dipakai hostpot pakai voucher tapi ,saya beli mikrotik terus setting sendiri seperti tutor mas ini apa boleh,saya sebelumnya pakai buat wifian sendiri dirumah nembak dari penyedia isp mas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.