Cara Membangun Bisnis Hotspot Voucher Dengan Modal Seadanya !

Bisnis Hotspot Voucher – Salah satu peluang usaha yang dapat di lakukan di rumah. Bisnis hotspot yang di maksudkan di dalam artikel ini adalah menjual voucher internet, agar mereka yang memiliki user dan password dapat terkoneksi dengan internet. Mirip-mirip dengan wifi.id. Dimana para pelanggan perlu membeli username dan password untuk mereka pakai login, yang sudah di tentukan paket harga yang sebelumnya sudah di setting. Untuk Paket harga dapat di sesuaikan, apakah itu di dasarkan pada waktu ( Jam ), apakah paket harga di setting berdasarkan kuota, dan lainnya.

Saat ini, Bisnis yang menggunakan wifi sudah banyak dan tersebar luas. sebut saja, warung kopi, resto and cafe, hotel dan lainnya semuanya telah menjadikan internet sebagai sarana penunjang untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, dan digunakan sebagai salah satu trik untuk menarik pelanggan.

Untuk membuat bisnis hotspot voucher itu, gampang-gampang susah. Bagi mereka yang memiliki keahlian dalam melakukan settingan hotspot di mikrotik, tentu hal ini bukan hal yang susah. Namun akan berbeda jika kita sangat awan dengan aplikasi winbox atau melakukan konfigurasi di mikrotik.

Namun pada kesempatan ini, saya akan membagikan tutorial cara membuat hotspot di mikrotik menggunakan winbox. Artikel ini, terkait dengan postingan kami yang sebelumnya yaitu peluang bisnis wifi/hotspot.
Bisnis hotspot voucher kerap juga di kenal sebagai usaha RT RW Net

 

Ada Beberapa Syarat Yang Perlu Di persiapkan, Sebelum Membangun Bisnis Hotspot Voucher

Dalam membuat bisnis hotspot, tentu kita memerlukan alat yang akan di gunakan. Dalam hal ini, alat itu sangat fleksibel. Artinya di sesuikan dengan budget dengan jangkauan jarak hotspot yang akan di buat. Sebab setiap alat, memiliki power dan harga yang berbeda. Jika kualitas yang bagus biasanya harganyapun akan tinggi. Terlebih jika yang akan di buat itu adalah usaha RT RW net dengan jangkauan yang luas. Jika ingin membuat usaha seperti itu, lihat artikel cara membuat usaha RT RW net yang telah saya posting pada kesempatan lalu.

Di artikel tersebut, telah di sebutkan alat yang di gunakan untuk RT RW net. Namun karena topik kali ini, adalah bisnis hotspot voucher dengan modal kecil maka alatnyapun seadanya.

Alat usaha hotspot modal kecil

Setelah alat di atas telah di siapkan maka langkah selanjutnya adalah membangun bisnis hotpot adalah cara setting hotspot di mikrotik. Buka aplikasi winbox yang sebelumnya telah di ekstrak, lalu login

>>>>>>Beli Paket Bisnis Hotspot di sini <<<<<<

Cara Setting Hotspot Di Mikrotik RB 750 Menggunakan Winbox

Langkah pertama adalah merencanakan topologi jaringannya, pada kesempatan ini alur topologi yang saya bangun sebagai berikut.

bisnis hotspot

Setelah itu, tentukan IP adress masing-masing Ethernet. Caranya mengetahui Ip Adress modem, access poin, agar Ip adress yang di buat satu jalur dengan yang di modem dan accesspoint. Berikut Ip Adress yang saya buat


Ip Modem

  • 192.168.1.1                                                         Modem Adsl Speedy

IP Mikrotik

  • 192.168.1.1/24                                                  Ether 1 ke modem / public
  • 192.168.2.1/24                                                 Ether 2 ke Lan / Warnet
  • 192.168.3.1/24                                                  Ether 3 Layanan Hotspot

Konfigurasi awal membuat bisnis hotspot voucher.

  • 1. Setting Modem ADSL ke mode Bridge

Secara default, modem Adsl menggunakan pengaturan PPOE nah ini yang perlu di rubah, alihkan ke mode Bridge. lalu deactivkan SSID atau Access Pointnya. Sebab SSID dan access point yang di gunakan nantinya ada pada Access point yang satunya.

Cara melakukan settingan modem adsl, yaitu kita perlu menghubungkan modem adsl dengan komputer / laptop dengan kabel LAN, lalu memberi IP adress komputer yang searah dengan IP modem menjadi 192.168.1.2 jika IP modem 192.168.1.1

Jika masih belum mengerti silahkan lihat cara setting modem adsl

  • 2. Memberi nama masing-masing interface agar lebih mudah dalam melakukan settingan lanjutan.

Buka aplikasi winbox, namun sebelumnya kalian perlu memasang topologi yang di gambarkan di atas dengan benar, artinya modem ADSL, mikrotik RB 750, serta switch, dan komputer untuk setting telah terhubung.

Aplikasi winbox login pertama menggunakan MAC adress agar kita bisa meremote dengan leluasa, saat pertama kali login, silahkan REMOVE CONFIGURATION, untuk menghapus settingan mikrotik standar, karena kita akan melakukan settingan sendiri.

Klik menu interface, klik 2 kali pada tiap- interface dan ganti nama sesuai topologi yang di buat sebelumnya.


loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.