apa itu sukses

Apa Itu Sukses ? Apa Sukses Menurut Anda Sama Di Artikel Ini

Apa Itu Sukses – Khususnya 4 hari yang lalu aku browsing di salah satu situs tentang pengembangan diri, saya tertarik pada salah satu artikelnya yang bertemakan apa itu kesuksesan. ?

Apa yang membuatku tertarik selain dari isi artikelnya, juga terkait banyaknya orang yang berkomentar. Memberikan argumennya masing-masing tentang apa sih kesuksesan itu.

Pada penjelasan lebih lanjut, penulis artikel tersebut menyimpulkan bahwa sukses itu adalah keberhasilan menghasilkan karya dalam hidup yang memiliki dampak positif bagi orang lain.

Artikel ini menarik perhatian saya mungkin karena pendapat yang kurang lebih persis sama dengan apa yang dia sampaikan.

Lalu Apa Itu Sukses, Sukses Adalah ?

Di sini saya tidak mau mengklaim ada benar atau salah dalam mendefenisikan sukses. Karena itu sifatnya amat subjektif. Mungkin defenisi sukses menurut anda berbeda dengan apa itu sukses menurut orang lain. Dan itu hal yang wajar-wajar saja.
Pada kesempatan ini, saya tertarik untuk membahas defenisi sukses. Karena akan membantu kita apakah kita sudah bergerak ke arah yang benar ataukah tidak.

Dulu saya mengatakan bahwa kesuksesan itu adalah yang memiliki uang banyak. Dengan demikian kebutuhan akan terpenuhi, ingin beli rumah, ingin beli mobil, ingin buka usaha, dll semuanya gampang karena kita memiliki uang. Artinya semakin banyak uang maka semakin sukses seseorang.

Namun hati nurani saya sepertinya menolak argumen diatas, karena hal ini sangat tidak berlaku bagi seorang bandar narkoba, mereka memang memiliki uang banyak. Tetapi bagiku ia tidak sukses, karena mereka memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan.

Contoh lain, Linus Torvalds. Dia adalah pendiri gerakan Linux, yang menciptakan salah satu proyek open source sukses hingga saat ini, dan memungkinkan jutaan orang untuk menggunakan sistem operasi bebas dan sangat bagus. Saya tidak memperhatikan berapa banyak uang dia, berapa megah rumahnya, walaupun ia mungkin tidak memiliki uang, bagiku dia adalah orang yang sukses, karena dari hasil karyanya dapat dinikmati oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Dalam hal ini, sudah banyak orang-orang yang sukses yang memiliki karya yang sangat berguna bagi kehidupan ini, misalnya saja, pendiri dan pemilik Microsoft, Facebook, Steve Jobs, Jeff Bezos, Larry Page, dan Sergei Brin.

Saya menduga bahwa orang-orang besar ini di motivasi untuk membuat sesuatu yang dapat dipergunakan oleh banyak orang, mereka tidak terdorong bekerja hanya untuk mencari uang, kita bisa lihat profil-profil mereka yang telah sukses bagaimana mereka dahulunya berjuang mewujudkan impiannya, tidak mempedulikan lingkungan sekitar.

Baca juga : Cara menjadi orang sukses meski tiada gelar

Lihat saja Mark Zuckerberg pendiri facebook, yang sempat diremehkan, di cemooh oleh teman-teman kampusnya saat itu, karena kegiatannya yang membuat situs pertemanan dalam kampus. Andaikan saat itu Mark Zuckerberg  mendengar apa yang di ucapkan oleh lingkungannya, maka jelas saja media sosial facebook tidak ada sampai sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *