apa itu riba dan cara menghindari riba

Apa Itu Riba Dan Bagaimana Cara Menghindari Riba ?

Apa Itu Riba dan Bagaimana cara Menghindarinya ? Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan mengenai arti riba, dan hukumnya, serta gambaran perihal praktik riba yang sudah mendarah daging di setiap sendi kehidupan bermasyarakat indonesia, Kalau mau dilihat secara sekilas sepertinya tak ada ruang bagi kita untuk tidak terkena oleh Riba.

Namun Hukum riba sangat keras. Satu-satunya perbuatan dosa yang Allah sendiri terang-terangan mengumandangkan perang bagi siapa yang melakukannya. Perbuatan riba bukan saja yang mengambil atau memakan hasil riba, tetapi yang memberi, Bahkan saksinyapun juga terkena Hukuman. Silahkan baca dulu Hukum Riba dan Arti Riba sebelum membaca artikel ini.

Lalu bagaimana cara kita bisa terbebas dari riba, sedangkan semua institusi menerapkan sistem ekonomi kapitalis.

Apa Itu Riba ? Dan Cara Menghindarinya

1. Menerapkan Sistem Bagi Hasil

Lembaga perbankan dan pembiayaan selalu menjadi salah satunya alternatif seseorang dalam cara mendapatkan modal usaha. Pihak perbankan dan pembiayaan sendiri bersaing untuk memperbanyak nasabahnya agar semakin banyak bunga pinjaman yang bisa didapatkan (Riba). Lalu bagaimana cara mendapatkan pinjaman tanpa terkena oleh riba ?

3 thoughts on “Apa Itu Riba Dan Bagaimana Cara Menghindari Riba ?

  1. Mohon pencerahan pak.. misalnya teman saya punya usaha konveksi baju anak anak. Dengan harga misalnya 30rb terus saya tawarkan ke orang lain dengan harga 40rb tetapi saya belum membayar ke teman saya yg punya konveksi. Itu termasuk riba atau tidak pak? Terima kasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *