Apa itu Buka Dana ? Simak 5 Keuntungan Gunakan Fitur Bukalapak ini

apa itu buka dana
foto : bukalapak

Buka DANA adalah fitur layanan uang elektronik (e-money) di Bukalapak yang dapat digunakan sebagai alternatif pilihan metode pembayaran transaksi dan menampung dana sementara untuk transaksi yang dibatalkan (refund).

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan fitur Buka DANA

1. Proses pembayaran lebih mudah dan cepat langsung di Bukalapak.

Dengan memiliki akun Buka DANA, kamu tidak perlu susah-susah melakukan transfer uang dari rekening bank untuk membayar transaksi Bukalapak. Kamu juga tidak perlu ke minimarket ataupun ATM untuk membayar transaksimu. Dengan memiliki akun Buka DANA, kamu bisa melakukan pembayaran seketika.

Transaksi yang dapat dilakukan dengan metode pembayaran DANA/ Buka DANA, antara lain:

1. Barang Fisik Milik Pelapak

2. Program Pembeli Prioritas

3. Beli Pulsa Prabayar/Pascabayar

4. Beli Paket Data

5. Bayar Tagihan Listrik Prabayar/Pascabayar

6. Bayar Tagihan PDAM

7. Bayar Tagihan BPJS Kesehatan

8. Beli Tiket: Pesawa & Bus

9. Bayar Melalui kode QR

2. Belanja lebih aman dengan menghubungkan akun DANA di Bukalapak.

Kamu dapat memilih DANA sebagai pilihan metode pembayaran saat berbelanja di Bukalapak. Pembayaran akan lebih mudah jika kamu menghubungkan akun DANA dengan akun Bukalapak.

Akun DANA yang telah terhubung dengan Bukalapak, dapat langsung digunakan sebagai metode pembayaran instant payment di Bukalapak.

3. Kemudahan untuk top up saldo ke Buka DANA

Untuk bisa top up saldo Buka DANA, maka kamu harus melakukan aktivasi atau menghubungkan akun DANA ke Buka DANA. Setelah itu maka ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk menambah saldo Buka DANA.

Pertama, transfer bank. Bank yang telah bekerja sama untuk penambahan saldo Buka DANA antara lain BCA, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, dan BRI. Kedua, kamu bisa menggunakan metode pembayaran instan dengan kartu debit BCA, Visa/Master Card.

Minimal top up untuk pembayaran transfer atau pembayaran instan adalah Rp10 ribu dengan maksimal total saldo top up per bulan adalah Rp20 juta.

4. Jamin 100% keamanan uang karena dibangun dengan teknologi keamanan kelas dunia

Selain menggunaan SMS yang berisi kode OTP, sistem keamanan Buka DANA juga tinggi karena dibangun dengan teknologi kelas dunia. Selain itu untuk setiap pembayaran yang dilakukan, pembeli akan mendapatkan notifikasi berupa SMS (dari DANA) dan e-mail (dari Bukalapak).

Jika proses pembelian gagal, sistem akan melakukan auto-refund dengan ketentuan,

1. Jika pembayaran menggunakan Saldo DANA, dana refund akan dikembalikan ke dalam Saldo DANA.

2. Jika pembayaran menggunakan Kartu Kredit, dana refund akan dikembalikan ke dalam limit Kartu Kredit.

3. Jika pembayaran menggunakan Transfer Bank/Virtual Account, dana refund akan dikembalikan ke dalam BukaDompet.

5. Mudah membayar transaksi dengan metode mix payment antara BukaDompet dan Buka DANA

Mix Payment adalah fitur pembayaran yang dapat menggabungkan dua metode pembayaran sekaligus, yaitu BukaDompet dan metode pembayaran lainnya.

Jika pembeli tidak membayar sisa tagihan yang belum dibayar dengan metode pembayaran lainnya tersebut, maka saldo BukaDompet akan dikembalikan dengan syarat status transaksi telah kedaluwarsa (expired). Khusus mix payment dengan metode pembayaran Buka DANA hanya bisa diakses menggunakan aplikasi mobile apps Bukalapak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!