Cara Daftar, Persyaratan Serta Keuntungan Jadi Agen Pegadaian

Agen pegadaian, tulisan ini terinspirasi ketika saya membaca sebuah plakat kecil berukuran kurang lebih 40 x 30 cm, dengan headline yang cukup menarik yaitu peluang jadi agen Pegadaian. Plakat tersebut di tempel di dinding di sebuah ATM, dan terlihat sangat menarik untuk di jadikan postingan di blog bisnisonlineusaharumahan.com

Seperti pada ulasan-ulasan artikel sebelumnya di blog ini yang banyak mengulas mengenai peluang usaha yang bisa di kelola. Dan artikel yang mirip mirip dengan topic kali ini itu ada beberapa. Semuanya membahas peluang ke-agen-an. Ada agen brilink, agen46 BNI, serta ada juga agen loket ppob bank mandiri.

Nah untuk pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara daftar, persyaratan, jenis serta keuntungan menjadi agen di pegadaian.

Namun sebelum kita membahas lebih jauh, mungkin ada diantara kita yang bertanya? Kenapa para perusahaan besar tersebut ramai-ramai mengajak masyarakat menjadi agen.

Tentu jawaban yang paling simple adalah perusahaan tersebut ingin menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan sampai ke pelosok daerah. Dengan mengajak masyarakat untuk ikut berbagi hasil.

Dan kabar baiknya adalah membuka peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan komisi atau penghasilan menjadi seorang agen.

Layanan agen khusunya di pegadaian di bagi atas 3, yaitu : agen pemasaran, agen pembayaran, dan agen gadai. Ketiga bagian agen pegadaian ini memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Sebab wilayah kerjanyapun juga berbeda.

cara daftar persyaratan dan keuntungan jadi agen pegadaian

3 Jenis Agen Pegadaian

Agen pemasaran

Merupakan agen yang tujuan utamanya adalah mengkomunikasikan atau mensosialisasikan produk-produk serta keunggulan pegadaian di bandingkan dengan layanan sejenis agar orang menjadi pelanggan pegadaian.

Agen Pembayaran

Dapat juga di sebut sebagai loket PPOB, karena produknya sama dengan loket pembayaran pada umumnya. Yaitu melayani pembelian pulsa telepon, listrik, PDAM, speedy dan lain sebagainya.

Agen Gadai

Sedangkan untuk agen gadai, ini merupakan produk unggulan dari pegadaian. Sebab pegadaian banyak di kenal masyarakat itu karena layanan yang di berikan bisa menggadaikan barang seperti Laptop, Hp, maupun logam mulia.

Keuntungan Bergabung Menjadi Agen Pegadaian

Berbicara mengenai keuntungan ada beberapa yang tentu akan kita dapatkan, yaitu komisi atau fee yang di terima ketika melakukan transaksi pembayaran pada agen pembayaran. Sedangkan untuk agen pemasaran akan mendapatkan penghasilan ketika mendapatkan nasabah baru atau berhasil menjual produk tertentu yang di berikan.

Mungkin kita bertanya berapa sih besarnya penghasilan yang di berikan ketika menjadi agen ? Maklum saja, dorongan yang paling kuat untuk bergabung biasanya yaitu potensi penghasilan. Jika hasilnya besar, tentu banyak orang yang akan join.

Besarnya komisi yang akan di dapat dari agen itu sangat bergantung kepada banyaknya jumlah transaksi dan banyaknya nasabah baru yang di rekrut. Dan komisi ini akan bertambah lagi ketika target yang di berikan dari pegadaian itu tercapai. Ini berlaku untuk agen pemasaran.

Keuntungan lain yang akan di dapatkan menjadi agen di pegadaian adalah meningkatkan brand usaha atau rumah tempat agen di dirikan. Nantinya memiliki spanduk yang mesti di pasang, hingga banyak orang akan melihat, bahwa kita telah menjadi bagian dari pegadaian. Atau masyarakat akan mengenal kita sebagai perpanjangan tangan dari pegadaian.

Keuntungan lain selanjutnya adalah akan memiliki reputasi nama yang baik di lembaga pegadaian. Terlebih saat ini pegadaian memiliki banyak produk, bahkan sudah ada layanan pembiayaan usaha mikro, pembiayaan kendaraan, sampai kepada paket umrah dan haji.

Syarat-Syarat menjadi Agen Pegadaian

Jika kita tertarik bergabung, karena keuntungannya yang bagus, maka silahkan kita simak syarat yang wajib di penuhi seseorang untuk bermitra dengan pegadaian.

  • Registrasi secara online, untuk caranya akan di bahas di bagian akhir artikel ini.
  • Kelengkapan administrasi,meliputi Biodata seperti  KTP, dan Kartu Keluarga,
  • Memiliki Lokasi untuk transaksi, adapan tempatnya tidak harus toko atau kios, rumah juga bisa digunakan asalkan jelas, mudah di temukan dan di jangkau oleh pelanggan.
  • Kompetensi, Bisa di bilang ini adalah syarat yang agak sulit bagi sebagian orang yang akan menjadi agen pegadaian. Ia harus memiliki kompetensi di masing masing agen.
  • Harus memiliki Deposit atau Jaminan untuk agen Gadai dan Agen Pembayaran. Karena deposit ini yang akan di gunakan untuk bertransaksi. Sedangkan untuk gadai, agen wajib menggunakan dana sendiri dahulu baru kemudian mengklaimnya di pegadaian. Nanti akan di berikan uangnya beserta tambahan komisi.

Syarat Kompetensi Calon Agen Pegadaian

  1. Agen pembayaran, maka orang tersebut harus terbiasa bertransaksi online.
  2. Agen pemasaran, orang  tersebut memiliki kemampuan komunikasi dan kecakapan yang baik dalam menyampaikan fitur-fitur pegadaian.
  3. Agen Gadai, harus memiliki kemampuan dalam menafsirkan nilai atau harga barang yang akan di gadaikan orang, jadinya agen gadai ini wajib telah atau pernah memiliki conter HP, toko emas, atau dealer motor. Karena mereka yang telah bekerja seperti itu memiliki keahlian dalam menafsirkan barang.

Cara Daftar Menjadi Agen Pegadaian

Untuk mendaftar jadi agen, cukup mudah kita hanya perlu registrasi secara online di sini, atau untuk lebih lengkapnya silahkan lihat videonya di bawah ini !

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara daftar, keuntungan serta persyaratan yang wajib di miliki oleh seseorang jika ingin menjadi agen pegadaian. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa di share dan bagikan yah artikel ini. Terima kasih !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *