Perencanaan Membangun Bisnis (Business Plan)

Perencanaan Membangun Bisnis (Business Plan) – bisnisonlineusaharumahan.com

Business plan adalah persiapan yang harus dilakukan oleh setiap pembisnis baik itu untuk pemula maupun yang sedang berproses membangun bisnis.

Perencanaan bisnis jangka panjang adalah upaya yang dilakukan untuk mempertahankan sebuah bisnis dalam kurun waktu tertentu, tentunya untuk waktu yang lama.

Dalam Perencanaan bisnis (business plan) tentunya setiap perusahaan/bisnis memiliki perencanaannya yang berbeda-beda,

namun dalam artikel ini kami akan menyajikan 4 bahasan dari 9 Perencanaan membangun bisnis yang dianggap sering dijumpai dalam berbagai lini usaha dan perusahaan.

9 perencanaan membangun bisnis diantaranya executive summary, company description, services & products, market analysis, competition benchmarkets.

kemudian marketing plan/startegy, organization dan management, financial dan yang terakhir closing & contacts.

Perencanaan Membangun Bisnis (Business Plan)

Perencanaan Membangun Bisnis (Business Plan)
iruls blog
1. EXECUTIVE SUMMARY

Executive summary ini adalah menjelaskan gambaran dari keseluruhan rencana ide bisnis anda.

Biasanya dalam menyampaikan diharapakan anda mampu menjelaskannya secara jelas, tepat dan singkat.

Ketika anda ingin menjelaskan mengenai bisnis yang anda miliki, anda bisa menggunakan konsep elevator pitch, yaitu membutuhkan hanya satu paragrap untuk menjelaskan beberapa hal penting tentang ide bisnis anda. konsep elevator pitch ini harus menjawab 4 poin pertanyaan berikut

a). Apa perusahaan atau bisnis anda?
b). Apa produk atau jasa anda?
c). Apa manfaat dari produknya dan Siapa target konsumen dari bisnis anda?
d). Apa keunikan produk yang anda miliki?

Selalu ingat bahwa menjelaskan tentang bisnis anda jangan terlalu panjang dan bertele-tele, karena hal itu akan menghambat orang untuk tertarik pada bisnis anda.

Jika sudah banyak yang tertarik dengan bisnis anda, maka, barulah menjelaskan lebih detail mengenai visi misi dari bisnis anda kepada para audience (Mission Statements).

Setelah itu anda harus menjelaskan nilai (value) yang dimiliki bisnis anda berupa panduan, attitude, sikap dan etika perusahaan anda kepada konsumen, masyarakat maupun kepada pihak internal dalam perusahaan anda.

2. COMPANY DESCRIPTION

Company description ini adalah untuk memberikan gambaran dan informasi lengkap tentang bisnis dan perusahaan anda.

Ada 4 konsep dari company description yaitu missi dan value, location (lokasi perusahaan atau bisnsi), legalitas dan services products.

Pertama anda harus menjelaskan kembali misi dan value (nilai) dari bisnis yang anda bangun ini, saat menjelaskannya anda bisa menggunakan pernyataan yang berbeda dari penjelasan sebelumnya. Pastikan ketika anda membahas value dari bisnis yang sedang anda bangun tidak hanya cocok untuk produk, konsumen, masyarakat dan juga tren namun cocok juga untuk diri anda sendiri.

Kedua, anda memberikan informasi mengenai lokasi dari perusahaan atau bisnis anda.

Ketiga, yaitu tentang legalitas dari perusahaan atau bisnis yang sedang anda bangun. Jika bisnis anda belum memiliki legalitas maka informasikan bagaiaman rencana selanjutkan agar perusahaan atau bisnis anda memiliki legalitasnya.

Keempat, yakni menjelaskan sejarah dan prestasi yang dihasilkan dari perusahaan/bisnis anda.

3. SERVICES & PRDUCTS

Pada bagian ini anda harus menjabarkan mengenai produk/jasa yang sedang ditawarkan.

Anda harus mempormulasikan jasa/produk ini dengan lebih detail dengan menjelaskan 3 hal, yaitu Masalah yang bisa menjadi peluang bisnis anda, solusi untuk menangani masalahnya dan yang terakhir adalah keunikan dari produk anda dalam membantu menyelesaikan masalahnya.

4. MARKET ANALYSIS

Market analysis adalah dengan melakukan riset pasar, hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko, mengembangkan strategi bisnis menjadi lebih baik dan meningkatkan produk yang lebih tepat.

Lakukanlah riset yang benar, apalagi jika anda menggunakan teknologi (riset online) akan lebih memudahkan anda dalam mencari data dan informasi secara akurat.

Untuk lebih lengkapnya mengenai market analysis kami sudah sajikan pada artikel sebelumnya

Dapatkan informasi mengenai dunia usaha dan keuangan hanya di situs kami

http://bisnisonlineusaharumahan.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!