Tutorial Lengkap Cara Backup Chat Whatsapp ke Icloud Terbaru

cara backup chat whatsapp ke icloud

Apakah kamu sedang ingin mencari bagaimana cara backup chat whatsapp ke icloud? baik, simak ulasan selengkapnya yaa.

Para pengguna iOS memiliki layanan cloud untuk backup yang berbeda dari Android. apabila pengguna Android bertumpu kepada Google Drive mak aplikasi WhatsApp di iPhone mengandalkan iCloud untuk layanan backup tersebut.

Dengan istilah lain, jika kamu menggunakan WhatsApp di iPhone, tidak bisa memindahkan data ke Android. Begitu juga sebaliknya.

karenannya, data yang ada di iCloud tidak bisa dihubungkan ke WhatsApp di Android. Data yang ada di Google Drive pun tidak bisa dihubungkan ke WhatsApp di iOS.

Meski begitu, kamu dianjurkan untuk tetap melakukan backup agar percakapan tidak hilang. Masih tidak tahu cara mencadangkan data chat WhatsApp di iPhone? Tenang saja, di artikel ini kami akan membeberkan cara backup chat WhatsApp ke iCloud di iPhone.

Lakukan Backup Chat Whatsapp Manual

Untuk menyimpan cadangan data di iPhone secara manual, kamu bisa melakukan pengaturan di HP kapan pun diinginkan. Saat kamu membuka aplikasi WhatsApp, pilih Settings > Chatting > Backup Chat > Back up Now.

Jika kamu menggunakan iPhone, histori percakapan WhatsApp tidak disimpan pada server milih WhatsApp. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan fitur backup to iCloud untuk membuat back up dan melakukan restore chat WhatsApp ketika ingin mengganti perangkat.

Namun, perlu diingat bahwa pengaturan media dan pesan-pesan yang di-backup ke dalam iCloud tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end WhatsApp.

Oh ya, untuk melakukan backup ini, iPhone kamu harus dalam keadaan login ke Apple ID. Dengan begitu, akun iCloud kamu aktif dan bisa digunakan.

Lakukan Backup Chat Whatsapp Otomatis

chat pada WhatsApp tidak hanya perlu di-backup jika kamu ingin mengganti iPhone saja. biar lebih praktis, kamu dapat mengaktifkan cadangan otomatis yang terjadwal dengan mengetuk Automatic Backup.

Setelah memilih menu ini, kamu bisa memilih frekuensi back up yang diinginkan, kamu bisa memilih back up harian, mingguan, dan bulanan. Perintah ini akan mencadangkan chat dan media ke akun iCloud.

Kamu juga bisa menentukan apakah kamu ingin menyimpan video untuk di-backup atau tidak. Proses pencadangan data ke dalam iCloud dapat memakan waktu beberapa saat tergantung koneksi internet dan ukuran backup data.

Kirim Percakapan Whatsapp ke Email

kamu tidak bisa memindahkan percakapan dari file backup di iCloud ke Android. Akan tetapi, kamu masih bisa menyimpan percakapan kamu ke e-mail! Dengan begitu, jika kamu perlu membaca kembali suatu percakapan, bisa melihatnya kembali di e-mail.

Caranya cukup mudah, yakni:

1. Buka chat individual atau grup yang ingin kamu simpan di e-mail.

2. Ketuk nama kontak atau grup.

3. Ketuk Ekspor Chat.

4. Pilih apakah kamu ingin melampirkan media atau mengirimkan chat tanpa media.

5. Buka aplikasi Mail. Kamu juga dapat mengetuk Lainnya untuk menu tambahan.

6. Masukkan alamat e-mail, lalu kirim.

Demikian Informasi tentang Cara Backup Chat Whatsapp ke Icloud ,semoga bermanfaat.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!