Side Hustle Sebagai Penghasilan Tambahan

Apa itu side hustle?

http://bisnisonlineusaharumahan.com-Side hustle adalah istilah dari kerja sampingan yang bisa menghasilkan uang tambahan dari kesenangan atau passion yang dimiliki seseorang.

Gaji dibawah atau sesuai UMR kadang membuat seseorang ingin mencari kerja sampingan. Tentunya berbeda dengan Main job atau pekerjaan utama, pekerjaan sampingan biasanya dilakukan berdasarkan kesenangan, hobi atau passion lainnya.

Sekarang, terkenal dengan istilah sistem gig economy yakni pekerjaan yang menggaji karyawannya sesuai projek yang telah diselesaikan. Berbeda dengan sistem gaji dari perusahaan atau pekerjaan lain, namun, biasanya penghasilan dari side hustle itu tidak tetap.

Kadang dalam sebulan side hustle itu bisa mendapatkan gaji lebih dari pekerjaan utama atau bisa juga kurang, karena side hustle ini tergantung pada adanya jumlah projek yang sudah dikerjakan.

Dalam side hustle tentunya ada 2 hal yang harus anda perhatikan yakni manajemen uang dan manajemen waktu.

2 Hal Penting memulai Side Hustle

SOROGAN
1. Manajemen Uang

Gaji UMR haruslah digunakan dengan baik, untuk itu memanaje uang adalah hal penting yang harus anda lakukan.

Untuk memanjemen uang paka anda tetlebih dahulu harus mementingkan kebutuhan primer yakni seperti kebutuhan hidup dan untuk dana darurat. Setelah itu barulah anda memikirkan sisa uang untuk di investasi.

Untuk investasi biasanya di reksadana atau dalam bentuk saham, namun ada yang lebih penting juga yakni investasi untuk diri sendiri. Insvestasi untuk diri sendiri bisa dengan menambah skill atau belajar hal lain yang dapat membantu anda memulai side hustle/pekerjaan sampingan yang anda miliki.

Sisihkan uang dari gaji UMR anda untuk bisa mengekplore kemampuan diri anda sendiri melalui kelas-kelas yang diadakan. Anda bisa memilih skill apa yang bisa anda pelajari dan yang dapat membantu dalam membangun side hustlenya.

Biasanya dengan skill yang diasah dengan maksimal itulah, side hustle anda akan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Karena di jaman gig economy ini banyak sekali orang yang berani menawarkan gaji besar dari skill on demand dibandingkan dengan yang kerja full time.

2. MANAJEMEN WAKTU

Pekerjaan utama biasanya membutuhkan waktu dari jam 08.00-17.00, nah dalam membangun side hustle anda membutuhkan hanya 3 jam untuk melakukan pekerjaan client anda. Selain itu, secara subjektif mungkin dalam pekerjaan utama anda tidak akan benar-benar full time yakni bekerja tanpa waktu kosong, biasanya dalam pekerjaan apapun selalu ada sela-sela waktu kosong yang bisa anda gunakan untuk mengisi hal-hal yang berhubungan dengan side hustle anda yakni seperti membalas email, DM atau sebagainya.

Yang paling penting dalam memanjemen waktu adalah bagaimana kita pintar menggunakan dan memanfaatkannya.

Dan dijaman sekarang ini, pekerjaan bisa dilakukan ada yang dari rumah atau ada juga di kantor, yakni yang pastinya akan lebih minim transportasi.

Intinya dalam side hustle anda harus menentukan waktu khusus untuk mengerjakan pekerjaan sampingan anda, juga tidak lupa untuk menyempatkan diri anda melakukan hal-hal yang bisa merelakskan diri anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!