Prospek Pekerjaan Jurusan Ekonomi

Prospek Pekerjaan Jurusan Ekonomi

http://bisnisonlineusaharumahan.com – Prospek Pekerjaan Jurusan Ekonomi. Lulusan perkuliahan jurusan Ekonomi bisa juga bekerja di berbagai jenis bidang loh.

Meskipun lulusan dibidang ini sering kali banyak orang yang menyangka hanya akan bekerja di suatu perbankan.

Untuk anda yang merupakan lulusan dari jurusan Ekonomi ini apabila anda tidak menginginkan bekerja di perbankan, anda bisa mencari peluang lainnya.

Berikut Beberapa Peluang Kerja Selain Perbankan

1. INVESTOR RELATION ASSOCIATE

Menjadi seorang investor yakni seseorang yang melakukan investasi untuk menanam modal serta bisa menjadi seseorang yang membuka peluang supaya bisa bekerja sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lain.

Salah satu tugas dari bidang ini adalah bisa menyampaikan dan menjelaskan mengenai kondisi finansial yang dimiliki suatu perusahaan kepada para pekerja maupun kliennya.

Sehingga menjadikan pelaku bidang ini banyak berinteraksi dengan orang-orang internal dari suatu perusahaan maupun para klien itu sendiri.

Kemampuan yang harus dimiliki yakni cara berkomunikasi, bernegosiasi, menulis serta memahami data yang dimiliki suatu perusahaan.

2. EKONOMI ANALYSIS

Ekonomi analisis merupakan seseorang yang bekerja yakni dengan mengamati suatu perkembangan ekonomi tertentu.

Biasanya seorang analisis ekonomi selalu bisa memahami peluang serta hal-hal apa saja yang berhubungan serta mempengaruhi pada proses kondisi ekonomi tertentu.

3. PERPAJAKAN

Perpajakan merupakan suatu hal yang tidak terlepas dari kegiatan ekonomi itu sendiri.

Semua bidang ekonomi seperti bisnis, perushaanserta alat-alat transformasi yang pastinya berhubungan dengan perpajakan, sehingga hal ini bisa menjadi peluang kerja anda untuk bisa bekerja pada perkantoran di bidang perpajakan.

4. RISK ANALYSIS

Risk analysis adalah seseorang melakukan analisa suatu resiko yang nantinya akan dan harus dihadapi dalam dunia keuangan.

Biasanya dalam bidang ini akan berhubungan dengan pinjaman dan kerja sama dengan suatu perusahaan lain.

5. AKUNTAN

Tidak asing lagi dengan istilah ini, seorang akuntan merupakan seseorang yang menggeluti bidang analisis keuangan.

Tentunya, suatu perusahaan banyak sekali membutuhkan seorang akuntan, karena seorang akuntan sangat penting apalagi dalam pencatatan data keuangan untuk suatu perusahaannya.

Jadi apabila anda memiliki kemampuan tersebut, anda bisa mencoba mencari perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja pada bidang ini.

6. CREDIT ANALYSIS

Anda pernah melihat ada seseorang yang datang kerumah untuk melakukan suatu transaksi baik itu penagihan pembayaran maupun penawaran pinjaman?

Nah, salah satu tugas credit analisis merupakan melakukan survey langsung ketempat klien. Dimana klien tersebut yang sudah berhubungan dengan suatu instansi keuangan tertentu.

7. PENASIHAT KEUNGAN

Menjadi penasihat keuangan bisa menjadi peluang kerja juga loh.

Penasihat keuangan juga sering dibutuhkan di suatu perusahaan-perusahaan, dimana mereka bertugas untuk memberikan saran serta solusi yang bisa diaplikasikan apabila ada kendala mengenai dunia keuangan.

8. GURU/DOSEN

Lulusan jurusan ekonomi juga bisa menjadi guru atau dosen, anda bisa melanjutkan pendidikan jenjang S2 atau sampai S3 dengan memilki jurusan yang lebih spesifik dalam bidang ekonomi.

Dengan itu anda bisa mengajarkan keilmuan yang anda miliki untuk kalangan sekolah menengah atas maupun di suatu universitas.

9. AUDITOR

Auditor ini merupakan bidang pekerjaan dengan memiliki fungsi yang hampir sama dengan seorang akuntan, berbeda dengan seorang akuntan yang menganalisa tentang keuangan,

seorang auditor selain menganalisis sekaligus mengambil kesimpulan mengenai hasil data keuangan yang dimilki baik itu di perkantoran, perushaan ataupun pada pekerjaan lainnya.

10. ANALYSIS SISTEM BISNIS

Terakhir yakni menjadi seorang analysis mengenai sistem bisnis.

Dimana bidang ini bertugas untuk mengamati serta memahami sistem apa saja yang cocok dan strategis untuk perkembangan suatu bisnis tertentu.

Nah, itulah beberapa peluang serta prospek kerja yang bisa dijadikan peluang untuk bekerja selain perbankan dari lulusan jurusan Ekonomi.

Dapatkan selalu informasi terupdet, tips dan mengenai dunia usaha dan keuangan hanya di situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!