Modal 1 Juta Bisnis Apa?

Modal 1 Juta Bisnis Apa?

Bisnisonlineusaharumahan.com

Tentunya dalam berbisnis hal yang paling penting dan menentukan lancar atau tidaknya suatu bisnis adalah bagaimana business planning anda, karena Perencanaan bisnis dengan modal minim itu berbeda dengan perencanaan bisnis dengan modal besar.

Berbisnis minim modal adalah bagaimana anda memaksimalkan modal dan bergantung pada cashflow untuk operasi bisnisnya.

Ada 5 bagian business plan untuk minim modal yakni ide bisnis, research, product, marketing dan operation.

Perencanaan Bisnis Dengan Minim Modal

Modal 1 Juta Bisnis Apa?
abdu.com
1. IDE BISNIS

Ide bisnis dengan minim modal tentunya anda jangan terlalu memilih ide bisnis seperti membuat restoran atau ingin punya kantor,

karena bisnis dengan minim modal anda harus lebih mempertimbangkan jualan yang bisa dilakukan secara digital dan gak perlu stok banyak untuk produknya.

Biasanya ide bisnis selalu muncul karena adanya masalah tertentu yang sering muncul dalam keseharian anda. Perhatikan atau mengingat kembali keseharian anda apa saja yang bisa dijadikan ide bisnis,

contohnya seperti makanan favorit anda apa dan biasanya barang apa yang sering anda beli.

Sebenernya untuk bisnis dengan minim modal anda tidak perlu selalu pencari ide kecil, namun ide besar juga bisa anda manfaatkan hanya saja anda harus menjadikan ide besar itu lebih sederhana lagi.

2. RESEARCH

Karena bisnis dengan minim modal, anda tidak bisa terburu-buru membuat banyak produk.

Dalam riset pasar ada 2 bagian berdasarkan buku berjudul “Start Smart” yaitu riset pasar dan riset kompetitator.

Hal ini berhubungan dengan produk yang nantinya akan anda jual, riset pasar berguna supaya anda bisa menemukan atau mencari kesempatan apabila ide produk anda masih jarang ada di wilayah anda.

Dengan memahami peluang ini anda bisa menanyakan ide produk anda kepada orang orang terdekat sebagai pengumpulan research anda yang nantinya akan dipertimbangkan.

Selanjutnya riset kompetitator, yaitu dengan memperhatikan para pesaing yang memiliki produk yang sama,

yang diamati dalam riset kompetitator adalah unsur-unsur dari produk mereka seperti packingnya, harga, rasanya dan hal-hal lain yang berhubungan dengan produknya.

Biasanya bisnis yang memiliki minim modal, tidak ada budget untuk research dan development jadi kebanyakan dari bisnis lean (bisnis memulai) ini dengan ATM (Amatai, Tiru, Modifikasi).

Anda bisa memgamati apa faktor pesaing anda yang produknya bisa lebih banyak terjual (Laku) dari rasanya, facking atau bisa saja dalam hal lainnya.

Jadi sebelum anda ke 3 pembahasan selanjutnya anda harus lebih dahulu menentukan bagaimana marketnya.

3. PRODUCT

Mengambil contoh dari seorang pembisnis yaitu bernama Raymond Chin dalam menentukan produk ada konsep 40-40-20

yaitu dari 1 juta modal anda anda bisa gunakan Rp 40.000 untuk percobaan pertama memulai membuat produk anda. Dalam hal ini anda harus ingat bahwa janga stok banyak produk terlebih dahulu.

Dalam bisnis minim modal juga anda harus lebih memperhatikan Cashflownya yang sebelumnya Rp 400.000 itu digunakan misalnya untuk stok packing produk dan bahan mentahnya.

Jika pemasarannya/pemesanan banyak maka anda bisa juga menggunakan sistem PO atau sistem per batch, sehingga konsumen akan transfer terlebih dahulu dan jika produknya sudah terkumpul semua anda bisa langsung delivery barangnya.

Bisnis minim modal biasanya ada istilah turnover yaitu anda sebagai penjual tidak bisa berekspektasi stok barang banyak dan bisa terjual dalam jangka waktu yang cepat. Jadi turnover anda bisa lebih sederhanakan lagi.

Ada 2 hal penting dalam product, yaitu
1). USP (Unit Selling Proposition)
2). Unit Ekonomics

4. MARKETING

Dalam Market sendiri memiliki 2 bagian yaitu Fondasi dan distribusi.

Namun jika bisnis anda memiliki minim modal maka distribusi tidak disankan untuk digunakan, anda hanya harus memfokuskan diri pada fondasi dari produk anda.

Misalnya jika anda menjual produknya di sosial media maka yang harus anda persiapkan adalah logo produk, postingannya agar lapak online anda bisa bisa lebih menarik konsumen sekaligus memperkuat fondasi dari produk bisnis yang anda miliki.

Sisanya anda bisa gunakan free distribusi yaitu flatprom gratis untuk pemasarannya.

5. OPERATION

Operation adalah dana darurat biasanya digunakan untuk logistic dan accounting.

Hal penting jika anda buka basic finance, karena pencatatan keuangan itu sangat penting apalagi untuk bisnis pemula.

Dari 4 pembahasan sebelumnya anda harus mencatat semuanya, karena kunci penting dari running bisnis modal kecil adalah anda sangat bergantung pada cashflow.

Hasil PO atau jual per batch tadi anda akan mendapatkan profit yang nantinya akan digunakan kembali untuk proses membuat produk.

Ini adalah gambaran besar jika anda ingin memulai bisnis dengan minim modal 1 juta.

Dapatkan informasi mengenai dunia usaha dan keuangan hanya di situs kami
http://bisnisonlineusaharumahan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!