Bisnis  

Jenis Saluran Distribusi Bisnis Pemasaran Produk

Jenis Saluran Distribusi Bisnis Pemasaran Produk
Harmony Accounting

http://bisnisonlineusaharumahan.com – Jenis Saluran Distribusi Bisnis Pemasaran Produk. Untuk mengenali terlebih dahulu mengenai jenis apa saja pendistribusian yang bisa dilakukan untuk pemasaran produk bisnis.

Baik itu mulai dari pendistribusian konvensional sampai kepada afiliate merupakan sama-sama dari upaya pemasaran itu sendiri, bedanya yakni setiap sistem yang digunakan pada setiap jenisnya.

Baik itu berdasarkan jenjang distribusi maupun sistem yang sudah menyesuaikan terhadap perkembangan teknologi.

Tentunya bisa disesuaikan dengan jenis bisnis yang sedang dilakoni, sebab baik bisnis secara online maupun offline tentunya sistem pemasarannya pun harus diseimbangkan.

Jenis Saluran Distribusi Bisnis Pemasaran Produk

1. KONVENSIONAL

Jenis saluran distribusi konvensional biasanya anda harus memulai seluruh persiapan bisnisnya dari nol, beserta modalnya juga.

Distribusi konvensional itu melibatkan media masa juga yang nantinya digunakan untuk periklanannya/promosi yakni seperti TV, radio, sampai baliho.

Sistemnya kerjanya sendiri yakni mulai dari pabrik dikirim kepada distributor, lalu dikirm lagi ke pengeceran dan terakhir disampaikan kepada konsumen.

Dimana pada distributornyanya yang berawal dari distributor tunggal lalu bercabang menggunakan distribusi daerah dan kepada agen-agen,

setelah itu barulah dikirm kepada pengecer seperti warung atau minimarket.

Pabrik -> Distributor -> pengecer -> konsumen

2. FRANCHISE

Seperti yang sudah disebutkan pada artikel yang sudah diterbitkan sebelumnya bahwa frenchises adalah suatu jual beli perusahaan bisnis tentu kepada seorang frenchise,

yang dimana frenchise ini nantinya mendapat hak mengenai sistem, branding yang sudah terjamin, serta hal-hal yang berhubungan dengan produk/jasa bisnis tersebut.

Bisa anda baca kembali artikelnya pada link berikut :
https://bisnisonlineusaharumahan.com/peluang-bisnis-franchisees-waralaba/

Nah, proses dari sistemnya sendiri yakni berawal dari frenchisor yang diberikan kepada master frenchise, lalu dijual kepada frenchise yang nantinya akan diaplikasikan untuk pemasaran kepada konsumennya.

Frenchisor -> Master frenchise -> frenchise -> konsumen

3. DIRECT SELLING

Direct selling yakni jenis saluran distribusi mulai dari pabrik yang dikirm ke lokasi gudang, lalu yang nantinya akan dipasarkan oleh sales dan beserta mengamatnya yakni spv dan manajer lalu dipasarkan kepada konsumen.

sales ini merupakan pemasaran yang dilakukan secara langsung kepada konsumen.

4. ORDER ONLINE

Order online yang sperti sistem market place yang sering ditemukan sekarang ini, yakni berupa transaksi jual beli yang dilakukan secara online melalu pelantara website atau aplikasi khusus belanja tertentu.

Contohnya seperti shoppe, lazada atau bisnis perorang dengan memiliki websitenya sendiri.

5. RESELLER

Reseller adalah sistem saluran distribusi yang dilakukan untuk memasarkan produk orang lain, yakni dengan menstok maupun tidak yang nantinya produk tersebut dijual kembali kepada konsumen dengan harga yang lebih tinggi.

Pabrik -> Distributor -> Reseller -> Konsumen

6. DROPSHIPPER

Dropshiper adalah jenis saluran distribusi yang baru-baru ini muncul, sistem kerjanya sendiri yakni dengan konsumen melakukan order kepada Dropshiper yang antinya akan dipesankan lagi kepada sumber marketplace online.

Konsumen -> Dropshiper -> web -> kurir -> konsumen

7. TELE SALES

Sistem cara kerjanya sperti Dropshiper namun pada Tele sales ini menggunakan jasa telpon untuk memesan suatu produk bisnis tertentu yang sudah terjamin kepercayaannya.

Biasanya jenis saluran distribusi ini dipakai pada jaman dulu.

Konsumen -> Telpon -> web -> kurir -> konsumen

8. AFILIATE

Berbeda dengan Dropshiper dan Tele sales, affiliate hanya perlu membagikan link website atau link produk yang tersedia di marketplace online yang nantinya disebarluaskan untuk digunakan oleh konsumen.

Semakin banyak yang menggunakan link tersebut, maka keuntungan yang didapatkan juga akan semakin banyak.

Dapatkan selalu informasi terupdate, tips dan mengenai dunia usaha dan keuangan hanya di situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!