Fungsi Dari Router Juga Switch Dan WI-FI Acces Point

http://bisnisonlineusaharumahan.com – Untuk mengenal fungsi dari ketiga alat tersebut maka pahami terlebih dahulu penjelasnnya berikut.

ISP (internet servis provider), yakni penyedia layanan internet contohnya seperti Indihome, First Media, Myrepublic, Indosat gig, Biznet, Balifiber, CBN fiber, MNCplay dan
Oxygen. ISP ini merupakan yang memasukan internet ke rumah/kantor ataupun ke tempat lainnya. Jalur yang untuk menghubungkannya memilki macam-macam jenis yakni yang paling umum digunakan kabel fiber optik, kabel koaksial, label telfon atau bisa juga melalui jalur tanpa kabel melalui pain to pain radio misalnya dengan jaringan seluler dan powerSV.

Agar internet itu bisa dihubungkan yakni anda harus menggunakan perangkat yang namnya modem (Modulator-Demodulator). Alat ini berfungsi untuk menerjemahkan apapun data yang dikirmkan ke internet melalui jalur koneksi, Jadi karena ada berbagai jalur yang bisa digunakan untuk koneksi ke Internet tentunya membuat modem memilki banyak jenisnya, perbedaan ini menjadikan format data yang akan dikirimkan pun akan berbeda-beda juga.

Jenis-jenis modem yakni ada DIAL-UP MODEM, DSL MODEM (yakni merupakan jenis Indihome pada jaman dahulu), WIRELESS/RADIO MODEM (Jalur Radio), CABLE MODEM (JALUR Koaksial) dan FIBER OPTIK MODEM (Jalur yang paling sering dipakai). Pada jaman sekarang ini koneksi internet di bagi lagi agar bisa di akses ke beberapa perangkat termasuk seperti pada komputer, PC, Smart TV, Smartphone, Laptop, IP CAM dan masih banyak lagi.

Untuk membagi koneksi internet agar masuk ke modem itu diperlukan beberapa perangkat tambahan lagi seperti Router, Switch/hub dan Wi-Fi Access Point.

Fungsi Dari Router, Switch Dan WI-FI Acces Point.

Jagat Riview
1. ROUTER

Router ini merupakan perangkat yang agar rumit, karea memilki fungsinya yang sedikit sulit untuk dibayangkan. Fungsi dari Router sendiri adalah untuk menghubungkan jaringan berbeda agar bisa berkomunikasi dengan baik.

Router akan menghubungkan modem ke jaringan lokal tepatnya memindahkan ke perangkat jaringan lokal. Seperti pada umumnya pada perangkat sering memilki alamat atau I’VE Address, di komfigurasi alamat sebuah perangkat biasanya memilki Default Gateway yakni perantara untuk menghubungkan dari jaringan lokal ke internet. Kalo dilihat dari namanya Router itu merupakan pengatur rute untuk menghubungkan jaringan.

Dalam jaringan lokal tentunya membutuhkan perangkat lagi yakni untuk menghubungkan jaringa ke Routernya, nama perangkat Switch/Hub (dengan kabel) atau WI-FI (tanpa kabel).

2. SWITCH/HUB

Switch ini yakni akni seperti tempat colokan kabel, yang merupakan penghubung perangkat yang berbasis kabel. Berfungsinya untuk menghubungkan peralatan-peralatan ke jaringan lokal.

3. WI-FI ACCESS POINT

WI-FI yaitu media penghubung yang peralatan ke jaringan lokal tanpa berbasis kabel. Supaya ada konektifitasnya maka dibutuhkan perangkat yang bernama Access Point, yakni titik tempat dimana jaringan bisa diakses.

Jadi wifi ini hukanlah internet tapi merupakan pengganti dari kabel yang bisa menghubungkan peralatan ke jaringan lokal.

Begitulah penjelasnanyya semoga bisa membuat paham mengenai ketiga alat tersebut.

Dapatkan informasi terupdet, tips, mengenai dunia usaha dan keuangan hanya di situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!