Cara Atasi Koneksi Anda Tidak Pribadi – CERT DATE INVALID Chrome

Apabila komputer anda menggunakan windows 7 dan menjadikan Google Chrome sebagai salah satu browser untuk berselancar di internet. Kali ini, admin akan berbagi mengenai cara mengatasi masalah Koneksi Anda Tidak Pribadi ketika membuka sebuah situs tertentu. Dan beberapa situs yang lainnya itu lancar dan aman saja.

Saya akan membagikan tips ini agar anda tidak mengalami masalah yang serupa. Agar anda juga bisa mengatasi notifikasi seperti itu, atau ada tanda tidak aman pada awal URL situs tertentu. Walaupun situs yang di buka adalah situs populer. Seperti Facebook, Youtube dan lainnya.

Beberapa solusi untuk mengatasi hal ini. Ada beragam cara yang sudah saya coba, namun semua rekomendasi tips tersebut tidak ada satupun yang bisa mengatasi masalah yang saya alami. Untuk itu, penting sekali bagi saya untuk membagikan pada tulisan ini. 

Bernagai Cara Yang Telah Dicoba Untuk Mengatasi Koneksi “Tidak Pribadi” Namun Tetap Tidak Berhasil.

1. Mengubah Pengaturan Waktu,

Beberapa rekomendasi yang saya dapatkan di internet adalah mereka merekomendasikan mengubah waktu. Mereka menganggap bahwa koneksi tidak pribadi atau pesan tidak aman ketika akses situs tertentu itu karena waktu yang tidak sesuai.

Namun saya heran, karena waktu yang telah saya setting sudah sesuai. Bahkan sampai pada hitungan detiknya pun saya sesuaikan dengan jam tangan atau waktu di ponsel saya.

2. Uninstall dan Install ulang Google Chrome.

Beberapa pula panduan yang ada di blog. Mereka merekomendasikan untuk update google Chrome. Namun saya cek update google chrome yang saya punya sudah up to date.

Namun untuk memastikan, saya melakukan uninstall melalui control panel dan melakukan install ulang atau download ulang melalui situs langsung dari Google Chrome.

Setelah terpasang, saya buka kembali situs yang mengalami masalah tidak aman atau Koneksi anda tidak pribadi tersebut ternyata masih muncul,

Saya coba restart ulang komputer. Ternyata hasilnya tetap sama. Saja, pesan error di google chrome itu masih saja muncul,

3. Menghapus Riwayat Browser,

Kemudian saya menghapus riwayat penjeljahan jangan sampai settingan yang saya gunakan di ke 2 poin di atas tidak erfungsi karena riwayat atau chace browser yang bekerja.

Saya kemudian klik titik tiga pada pojok kanan di Chrome, Pilih Riwayat lalu Hapus Data Penjelajahan.

Tetap sama, situs tetap tidak terbuka.

4. Gunakan DNS Publik Google,

Ada juga tutorial di Youtube dengan masalah yang sama yakni tanda meraha situs tidak aman dan koneksi tidak pribadi. Mereka hanya mengganti DNS Google Chrome dengan menggunakan DNS Publik Google ternyata, hasilnya berhasil.

Namun setelah saya ikuti panduan tersebut, yakni dengan pilih titik tiga yang ada di atas Chrome, lalu pilih Setelan, kemudian Keamanan dan Privacy, Keamanan, lalu cari bagi DNS, lalu pilih DNS Publik Google.

Hasinya tetap saja nihil. Notifikasi pesan kesalahan atau error di Chrome tetap saja ada. Ternyata panduan tersebut tidak berhasil pada masalah yang saya alami.

Saya kemudian menarik kesimpulan, bahwa pesana kesalahan CERT DATE INVALID, Sertifikat tidak valid, Situs tidak aman, dan tanda silang pada SSL HTTPS itu banyak proble yang bisa memunculkan masalah tersebut.

Hingga Akhirnya saya menemukan solusinya. Dan ternyata mudah dan langsung berhasil.

Problem atau masalah yang saya alami adalah masalah sertifikat yang sudah kadarluarsa.

Sehingga kita harus menggantikannya dengan sertifikat baru. Berikut penjelasan mengenai cara mengatasi situs yang tidak bisa dibuka karena “koneksi tidak pribadi”.

Langkah-Langkah Mengatasi Koneksi Tidak Pribadi Pada Situs Yang Tidak Bisa Dibuka 

1. MENDOWNLOAD SERTIFIKAT BARU 

Anda bisa mendownload filenya melalu situs Berdu.com, cari menu “download sertifikat” dan klik “tetap download” jika and pop up yang muncul.

2. PILIH MMC PADA PENCARIAN WINDOWS

Selanjutnya adalah kita harus menghapus file sertifikat yang telah kadarluarsa. Tulis MMC pada kolom pencarian windows dan klik menu MMC yang sudah muncul. 

Setelah itu klik “yes”, pilih menu “file” dan klik pilihan “Add/Remove snap in”.

Selanjutnya cari dan klik “certificate”, lalu klik “add”, Lalu klik “computer account” dan klik finish.

Selanjutnya  klik 2x pada “certificate” dan klik 2x juga pada menu pilihan “trusted root certification authorities” dan temukan file “DST ROOT CA S3” lalu Hapus filenya.

DST ROOT CA S3 adalah sertifikat kadarluarsa tempat penyimpanan semua file sehingga harus dihapus agar digantikan dengan sertifikat baru.

3. GANTI SERTIFIKAT LAMA DENGAN YANG BARU

Untuk menggantinya klik meni “certificate” tadi 2x, lalu klik import, dan cari sertifikat baru yang sudah didownload di browser di folder download.

Jika anda tidak menemukan filenya, anda bisa mencari pada folder lain yang biasa anda gunakan untuk menyimpan file setelah mendownload di browser.

Jika file sudah ketemu maka pilih file dan klik “next” lalu “finish” dan akhirnya akan muncul pop up success.

4. FRES DAN MASUK KEMBALI KE BROWSER

 

Setelah sukses mengganti sertifikat lama dengan yang baru, anda coba freskan dan masuk kembali pada situs yang tadi tidak bisa dibuka, setelah digress anda akan bisa membuka situs tadi.

Jika anda memilki masalah yang sama seperti saya, anda bisa mencoba langkah-langkah diatas untuk mengatasi apabila ada situs website yang yidak bisa dibuka karena kendala “koneksi tidak pribadi”.

Semoga berhasil!!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!