Bisnis Online VS Bisnis Offline

 

KOR PML

http://bisnisonlineusaharumahan.com- Dalam bisnis juga memiliki 2 jenis bentuk yakni bisnis online dan bisnis offline.

Menurut anda lebih bagus mana bisnis online atau bisnis offline?

Sebelum anda menjawab, simak yuk penjelasanya terlebih dahulu. Sebelum memutuskan mana yang lebih baik kita harus memahami kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu dari kedua jenis bisnis ini.

Bisnis Online VS Bisnis Offline

1. BISNIS ONLINE

Bisnis Online adalah bisnis yang dilakukan secara online, tanpa bertahap muka dan hanya bermodalkan handphone dan internet.

Tentunya sarana prasarananya memang serba digital seperti saat pemasaran produknya dan saat mempromosikannya.

Kelebihan dari bisnis online dilihat dalam perencanaan kebutuhan modal bisa lebih sedikit dan tidak terlalu banyak mengeluarkan uang. Karena bisnis online anda bisa menjual produk tanpa harus memiliki stok produk, anda bisa menjual barang orang lain dengan mudah tanpa stok barang, anda juga tidak akan direpotkan untuk memikirkan tempat, biaya operasional dan lain sebagainya.

Dilihat dari cara mempromosikan suatu produknya juga, bisnis online lebih mudah karena bisa hanya menggunakan handphone dan internet saja, tanpa harus harus membuat brosur dan membagikannya satu persatu kepada banyak orang seperti bisnis offline.

Transaksi pembayarannya pun lebih mudah, dengan handphone berisikan aplikasi khusus untuk melakukan pembayaran secara online dan digital, transaksi tidak perlu ribet lagi apalagi dengan transaksi online kita dapat menghemat waktu juga.

Kekurangannya bisnis online kerap kali sering ditemukan banyak penipuan-penipuan, entah itu dari jumlah followers yang sekarang bisa dibeli, dari penipuan produk, transaksinya pun sangat rentan penipuan. Apalagi jika penipu itu melakukan bisnis online, banyak kejadian uang sudah ditransfer namun barangnya tidak dikirimkan. Karena bisnis online kita tidak dapat memastikan siapa dan bagaimana orangnya dari seorang pembeli maupun penjual sehingga memang rentan korban dari bisnis online.

2. BISNIS OFFLINE

Kebalikan penjelasan dari bahasan sebelumnya. Bisnis offline yaitu bisnis yang dilakukan secara offline atau nyata langsung, bukan di dunia maya. Berbeda dengan bisnis online, bisnis offline tidak hanya membutuhkan stok barang, membutuhkan tim namun membutuhkan tempat, biaya operasional dan lain sebagainya.

Kelebihan dari bisnis offline adalah pembeli dan penjual bisa langsung bersitatap, pembeli dapat melihat produknya secara langsung sehingga jarang ditemukan penipuan yang menyebabkan barang tidak sesuai keinginan, penjual juga dapat mengamati pembelinya secara langsung.

Dalam bisnis offline transaksinya bisa secara langsung, sehingga jarang ditemukan penipuan.

Kekurangannya dari bisnis offline adalah sebelum membangun bisnis kita terlebih dahulu harus sudah memiliki persiapan modal yang cukup, sehingga segala macam biaya operasional, gaji tim, biaya tempat dan lain sebagainya bisa diatasi.

Namun, ternyata dalam berbisnis kita tidak bisa memutuskan memilih dalam satu bentuk bisnis saja, adanya peningkatan permintaan konsumen biasanya mendorong kita supaya bisa mengkolaborasikan kedua bentuk bisnis tersebut sehingga bisnis yang sudah kita bangun bisa stabil dan tetap lancar.

Agar perkembangan bisnis tetap berjalan sesuai harapan, baik itu bisnis online maupun offline harus bisa saling melengkapi. sehingga bisa mengatasi setiap Kekurangannya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!