Tips  

7 Material Kayu Umum Dipakai Furniture

7 Material Kayu Umum Dipakai Furniture
AgroIndonesia

http://bisnisonlineusaharumahan.com – 7 Material Kayu Umum Dipakai Furniture. Apabila anda Ingin tahu mengenai jenis-jenis material yang sering dipakai dan cocok untuk pembuatan berbagai jenis produk furniture.

Yang tentunya jenis material tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, bisa anda jadikan rekomendasi juga untuk membuat produk furniture yang nantinya disesuaikan dengan jenis produk yang akan anda buat.

Simak berikut penjelasan mengenai jenis-jenisnya ya.

7 Material Kayu Umum Dipakai Furniture

1. PLYWOOD

Multipleks atau plywood merupakan bahan Furniture yang terbuat dari papan tipis yang ditumpuk serta direkatkan untuk mencapai ukuran ketebalan tertentu.

Ketebalan ini merupakan hal yang menentukan kekuatan dari furnitur itu sendiri. Apabila kayu lapis terbuat dari tiga lembar maka disebut dengan triple, sedangkan apabila lebih dari tiga maka disebut multipleks.

Dilihat pada segi harga yakni pada material ini tentunya lebih murah dibandingkan pada harga jenis Kayu solid.

Jenis material kayu ini biasanya digunakan untuk membuat lemari pakaian, kitchen set, meja, tempat tidur, dan juga rak buku.

Memilki beberapa motif yakni mulai dari motif jati, sungkai, nyatoh dan Lainnya. Apabila tidak memiliki motif (polos) bisa dilapisi dengan HPL dan melaminto.

2. SOLIDWOOD

Solid wood merupakan Kayu yang diolah secara langsung, memiliki ketahanan dan keawetan fungsi serta memiliki ketahanan terhadap air apabila tidak terendam dalam jangka waktu yang sangat lama.

Keawetan dari material ini bisa bertahan sampai 15 tahun tergantung cuaca serta perawatannya itu sendiri.

Jenis material ini juga digunakan untuk membuat perabotan. Dilihat dalam bidang arsitektur kayu ini memberi kesan hangat pada suatu ruangan.

Namun, pada jenis material solid wood juga memiliki kekurangan yakni rentan menurunnya kualitas furnitur apabila terkena sinar matahari.

3. MDF (MEDIUM DENSITY FABERBOARD)

MDF merupakan olahan material yang berasal dari serpihan kayu yang dipadatkan, serta bisa dijual dalam bentuk potongan triplek atau papan.

Jenis ini memilli keunggulan apabila dibandingkan dengan HDF dan particle board, serta memiliki medium yang tidak mudah patah maupun bengkok.

4. BLOCKBOAD

Blackboard merupakan potongan kotak kecil-kecil yang merukuran sekitar 4-5 cm. Lalu, potongan kayu tersebut dipadatkan dengan mesin

dan diberi pelapis sehingga menjadi lembaran menyerupai papan.

Apabila dilapisi dengan jati maka disebut dengan Cteakblock, penggunaannya bisa untuk kitchen set minimalis paling tipis 15 m.

5. HONEYBOARD

Honeyboard sendiri merupakan papan sarang lebah kuat yang dibuat berdasarkan struktur hexadiagonal.

Berfungsi untuk menahan beban berat, memiliki ukuran ringan, mudah digunakan dan dapat didaur ulang, memilki permukaan datar dan lembut serta tidak memerlukan fumigasi dan memenuhi aturan ISPM 15.

6. PARTICLE BOARD

Jenis material ini merupakan kayu yang dibuat dengan ketebalan dibawah 3m yang direkatkan serta ditambah adhere mesin press bertekanan tinggi.

Particle broad terbuat dari potongan kayu atau disebut juga dengan veneer.

Bisa digunakan untuk interior, furniture, flooring dan masih banyak lagi lainnya. Bahan pembuatannya pun lebih ramah kingkungan namun tidak sangat tangguh apabila dibandingkan dengan fiber HDF dan MDF.

7. ROTAN

Terakhir adalah rotan dimana material ini merupakan berbahan dasar dari rotan.

Jenis ini memiliki keunggulan dalam segi furniturnya, sebab termasuk jenis furnitur yang unggul sekaligus secara melibatkan seninya juga.

Biasanya digunakan untuk bangunan dan barang-barang alat rumah tangga yang bergaya tradisional.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai jenis material umum yang sering dipakai untuk bahan furniture.

Dapatkan selalu informasi terupdet, tips dan mengenai dunia usaha dan keuangan hanya di situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!