5 Tips Bagi Kamu yang ingin bangun Brand Kosmetik Sendiri

brand kosmetik

Membuat Brand Komestik Sendiri bukanlah hal yang mudah, namun jika dilihat peluang untuk brand kosmetik sendiri selalu terbuka untuk anda. selain modal, kamu juga harus memperhatikan aspek lainnya yang dapat mampu menunjang brand kosmetik kamu agar bisa eksis dipasaran.

Berikut Kami berikan 5 Tips penting jika ingin membangun brand kosmetik sendiri, dilansir laman resmi perusahaan manufaktur di bidang kosmetik Protea Nutri Cosmetindo, Rabu (8/6).

1. Tentukan target pemasaran

Tips pertama untuk membangun brand kosmetik sendiri adalah mencari tahu target pemasaran. Mulailah dengan melakukan riset sederhana secara langsung ke lapangan atau melalui internet. Ini berguna untuk membantu Anda menentukan target pemasaran yang jelas sekaligus menetapkan metode pemasaran yang tepat.

Dengan mengetahui target pemasaran, itu juga dapat membantu Anda menentukan harga kosmetik yang pas dengan konsumen yang dituju.

Perlu Anda pahami bahwa kosmetik memiliki pasarnya sendiri sehingga setiap produk yang diciptakan harus memiliki target pemasaran yang spesifik. Sebagai contoh, hindarilah menjual produk dengan harga yang tinggi jika produk tersebut dibuat khusus untuk remaja.

2. Tonjolkan keunikan dari produk kosmetik Anda

Tips selanjutnya yang harus Anda terapkan setelah menentukan target pemasaran adalah menggali keunikan dari produk kosmetik Anda. Keunikan ini bisa meliputi bahan, kandungan, warna, tekstur, atau fungsi dari kosmetik itu sendiri. Anda juga bisa mengangkat keunikan produk Anda dari sisi packaging.

Supaya produk Anda terlihat berkarakter dan lebih menonjol dari brand kosmetik lainnya, pastikan untuk mengemas produk Anda seunik dan semenarik mungkin. Misal, jika target pemasaran Anda adalah remaja, maka kemaslah produk kosmetik Anda dengan packaging yang ceria dan tentunya eye catching.

3. Buat logo yang menarik

Logo dapat mencerminkan atau mewakili suatu produk. Tak sampai di situ, logo juga dapat memudahkan konsumen untuk mengenal sebuah brand.

Oleh sebab itu, kenalkanlah produk kosmetik Anda dengan menampilkan logo yang menarik, unik, dan memiliki karakter yang sesuai dengan brand yang Anda bangun. Cobalah untuk membuat logo yang detail dan memiliki arti dalam setiap gambarnya. Sehingga, brand kosmetik Anda akan senada dengan logo yang ditampilkan.

4. promosi dan branding

Di tengah banyaknya produk kosmetik yang beredar di pasaran, Anda harus pandai-pandai dalam melakukan strategi pemasaran yang meliputi promosi dan branding. Promosi bertujuan untuk mendongkrak penjualan produk kosmetik Anda. Sementara itu, branding dilakukan untuk mendorong produk Anda supaya bisa menjadi “Top of Mind” di kepala konsumen sehingga konsumen tertarik untuk membelinya.

Bisa dilakukan secara beriringan, Anda dapat melakukan promosi dan branding dengan memanfaatkan media sosial atau membuat website resmi. Nah, agar brand kosmetik Anda memiliki citra yang positif di mata konsumen, pastikan untuk menjalankan media promosi dan branding dari produk Anda dengan baik serta informatif ya.

5. Manfaatkan influencer

Di era digital seperti saat ini, kehadiran influencer dapat sangat menguntungkan Anda yang sedang membangun brand kosmetik. Tergolong cukup ampuh, Anda bisa menggunakan jasa influencer khusus kecantikan untuk menyiarkan brand kosmetik Anda ke khalayak di jagad maya.

Berkat jumlah followers-nya yang tidak sedikit, influencer akan membantu mempromosikan produk Anda dengan menyampaikan review bagus kepada para followers-nya. Kemungkinan besar, followers dari influencer tersebut akan tertarik untuk menggunakan produk yang sama dengan idolanya yang mana produk tersebut berasal dari brand Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!