7 Tahapan Sistemasi Bisnis Autopilot Versi Islam

7 Tahapan Sistemasi Bisnis Autopilot Versi Islam
Kompas Money

7 Tahapan Sistemasi Bisnis Autopilot Versi Islam

http://bisnisonlineusaharumahan.com – 7 Tahapan Sistemasi Bisnis. Tahapan sistemasi ini merupakan hal-hal yang harus tetap ada dalam suatu perusahaan bisnis besar maupun kecil.

Dimana diantaranya 3 aspek ditambah dengan 4 aspek sistemasi lainnya.

Dimana sistemasi ini yang nantinya akan menunjang keberlangsungan bisnis yang kita bangun, serta tidak hanya mendukung melainkan bisa berkembang diberbagai aspek-aspeknya.

Sedangkan bisnis auto pilot yang banyak digencarkan yakni memilki arti Si pemilik bisnis bisa bersantai-santai, hiburan keberbagai tempat dengan meninggalkan pekerjaan bisnis mereka,

meskipun bisnis yang ditinggalkan tersebut akan tetap berjalan.

Sayangnya sistem bisnis Kapitalisme justru memasuki ranah tersebut yang menyebabkan kesalahan wewenang. Parahnya bisa sampai perusahaan yang dimilki tidak berjalan sesuai visi misi awal membangun bisnis, dan bisa merugikan berbagai pihak.

Berikut Mengenai 7 Sistemasi Harus Anda Pahami

1. VISI MISI DAN VALUE

Visi misi adalah modal pertama saat membangun suatu bisnis, dimana dengan visi misi ini bisa membuat tim pekerja anda memiliki tujuan yang sama, sefrekuensi.

Tidak hanya dengan tim namun berlaku juga untuk konsumen dan pihak-pihak yang bermitra kepada bisnis tersebut.

Dimana dengan visi misi ini bisnis yang anda bangun memilki value yang bagus, sehingga nantinya bisa saling menguntungkan baik itu kepada para karyawan, konsumen, mitra sampai kepada pihak yang bekerja sama.

Visi adalah tujuan yang akan dicapai saat membangun bisnis, misi adalah upaya atau langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Sedangkan value itu sendiri merupakan suatu rambu-rambu, yang dimana aspek yang menentukan sukses tidaknya bisnis yang dibangun.

2. ORGANISASI

Organisasi merupakan output terakhir dari seluruh rangkaian berbagai persiapan yang telah dilakukan, diamati serta didiskusikan secar bersama-sama.

Dengan membuat struktur organisasi dalam sebuah perusahaan bisnis besar maupun kecil sama-sama penting untuk dimiliki.

Karena dengan organisasi itulah bisa mengetahui kewenangan secara jelas mengenai tugas yang diberikan pada bidang yang berbeda, yang mendorong setiap pelakunya untuk memilki rasa tanggung jawab saat mengerjakannya.

3. PEMASARAN

Pemasaran meliputi strategi kompetisi (Positioning), pemilihan lokasi (place), agenda promosi yang teruji serta pengukuran (awareness, konversi).

4. KEUANGAN

Keuangan meliputi laba/rugi, neraca, proyeksi, proyeksi arus kata dan monitoring fools.

5. OPERASIONAL

Operasional meliputi alur proses, prodesur pelaksanaan, check list dan kalzen.

6. SDM

Pada SDM meliputi reqruitemen, training, job desc, indikator kerja benar (KPI), Evaluasi kinerja (PE) dan jenjang karir.

Dari keempat aspek baik itu pemasaran, keuangan, operasional serta SDM nya, maka sangat penting agar aspek-aspek inilah yang nantinya bisa menjadikan bisnis yang dibangun bisa menjadi bisnis Autopilot.

Dimana tidak hanya memberikan keuntungan pada pemiliknya saja namun memberikan keuntungan juga pada siapa saja yang berhubungan dengan bisnis tersebut.

Tujuan ini agar terciptalah taraf ekonomi yang bisa menyejahterakan para pelaku bisnisnya.

Bukan seperti sistem Kapitalisme yang semakin marak hadir di wilayah-wilayah Indonesia, sistem ini apabila digunakan maka akan berdampak kepada orang lain, yakni bisa merugikan mereka.

 

7. LEADERSHIP

Pada leadership juga sangat penting, sebab semua komponen yang ada pada suatu bisnis tersebut bergantung pada leadershipnya.

Ketergantungan pada pemimpin inilah yang nantinya akan menjadi jalan pada kemajuan suatu bisnis ataupun malah sebaliknya, kebijakan yang diterapkan layaknya selalu dianalisis dan apabila ada hal yang tidak sesuai bisa diperbaiki.

Dapatkan selalu informasi terupdet, tips dan mengenai dunia usaha dan keuangan hanya di situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!