Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah Sederhana

Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah Sederhana
Dekoruma

Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah Sederhana

http://bisnisonlineusaharumahan.com – Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah Sederhana. Peralatan instalasi merupakan benda-benda yang berhubungan dengan Listrik yang kerap kali ditemukan di sekitar rumah.

Tentunya sebagai pemilik rumah anda harus tau mengenai benda-benda Listrik tersebut, dimana agar anda bisa mengetahui fungsi dari benda instalasi listrik tersebut.

Berikut Jenis-Jenis Peralatannya

1. BARGAINSER

Bargainser merupakan alat yang berfungsi untuk pembatasan daya listrik yang masuk kerumah tinggal sekaligus berfungsi untuk mengukur jumlah daya listriknya (dalam satuan kwh).

Biasanya untuk daya listrik kisaran 220 VA hanya digunakan rumah biasa, sedangkan untuk daya 380 VA keatas digunakan untuk industri-industri yang memerlukan daya listrik yang banyak.

Daya listrik tentunya memilki berbagai kapasitas sesuai penggunaan dari rumah tinggal tersebut yakni mulai dari 220 VA, 450 VA, 900VA, 1300 VA dan 2.200 VA.

Pada bargainser terdapat tiga bagian utama yakni MCB yang berfungsi untuk memutuskan aliran, daya listrik secara otomatis serta Meter listrik (Kwh meter) yang berfungsi untuk mengukur besaran daya yang digunakan oleh rumah tinggal.

Dan bagian ketiga Spin kontrol, yaitu alat kontrol daya listrik pada rumah tinggal, dimana spin kontrol ini akan berfungsi selama rumah tinggal tersebut memilki daya listrik.

Semakin banyak daya listrik yang digunakan maka, semakin kencanglah perputaran dari spin kontrol tersebut.

Pada kanal output bargainser biasanya terdapat 3 kabel yaitu kabel fasa, kabel netral dan kabel ground, dimana kabel ground ini yang akan dihubungkan ke tanah.

Listrik dari PLN harus dihubungkan dengan bargainser terlebih dahulu sebelum masuk ke instalasi listrik rumah tinggal.

2. PENGAMAN

Pada Instalasi Listrik tentunya membutuhkan alat pengaman, dimana alat ini berfungsi untuk memutuskan rangkaian listrik apabila terjadi gangguan pada instalasi rumah tinggal tersebut.

Pada pengaman listrik memiliki 2 jenis yakni pengaman libur dan MCB.

》 Pengaman libur atau yang biasa disebut sikring adalah alat pengaman yang berfungsi untuk memutuskan rangkaian listrik dengan cara meleburkan kawat.

》 MCB atau listrik thermis merupakan alat pengaman yang akan berfungsi memutuskan rangkaian apabila terjadi pemanasan.

3. KABEL

Kabel yakni salah satu alat yang digunakan sebagai pelantara pengantar listrik, pada kabel memilki lapisan karet serta dilengkapi perisai semacam isolasi yang berfungsi untuk menjaga aliran listriknya.

Berikut jenis-jenis kabel yang tersedia di pasar yang bisa digunakan untuk instalasi rumah tinggal

1. NYA
2. NYM
3. NGA
4. NYHGBbY
5. NYAF

4. PIPA

Pipa berfungsi untuk melindungi pemasangan kawat pengantar listrik, dengan pemasangan pipa alan diperoleh bentuk instalasi yang tidak hanya baik dan rapih namun sebagai pengaman juga.

Pada pipa juga memilki beberapa jenis yakni pipa UNION, PVC dan pipa Fleksibel.

5. KOTAK SAMBUNG

Kotak sambung ini adalah benda instalasi pengganti pipa, dimana berfungsi sebagai alat pelindung dari 2 kawat atau lebih yang disambungkan.

Karena kebanyak penyebab terjadinya arus pendek atau kebakaran adalah karena ketika menyambungkan dua kawat atau lebih, kawatnya terputus pada saat dimasukan ke dalam pipa.

Kotak sambung memilki beberapa jenis yakni ada Kotak sambung jarang dua (untuk penyambungan lurus),

Kotak sambung cabang tiga (untuk perdagangan pada saklar stop kontak) dan Kotak cabang 4 (untuk perdagangan ross)

6. SAKLAR

Saklar adalah alat yang digunakan untuk memutuskan dan menghubungkan arus listrik pada rumah tinggal.

Jenis-Jenis saklar ada 3 yakni saklar penerangan, instalasi tenaga dan saklar elektronika.

7. STOP KONTAK

Stop kontak adalah suatu komponen yang berfungsi sebagai tempat terminal untuk mendapatkan arus dan tegangan pada listrik.

Alat ini biasanya digunakan untuk alat-alat rumah tangga seperti televisi, kipas angin, kulkas, setrika dan masih banyak lagi lainnya.

8. STEKER

Steker adalah alat yang sering disebut colokan yakni berfungsi sebagai pelantara Penghubung antara alat rumah tangga dan sumber listrik.

Pada saklar penerangan memilih beberapa jenis juga yakni yang bermutu ganda, tiga dan kelompok

Nah, itulah penjelasan mengenai peralatan instalasi listrik rumah sederhana.

Dapatkan selalu informasi terupdet, tips dan mengenai dunia usaha dan keuangan hanya di situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!