Sektor Perekonomian Industri Pertanian

Sektor Perekonomian Industri Pertanian
Jabar Express

Sektor Perekonomian Industri Pertanian

http://bisnisonlineusaharumahan.com – Sektor Perekonomian Industri Pertanian Merupakan salah satu dari banyaknya jenis ketahanan pangan untuk mempertahankan serta meningkatakan perkembangan ekonomi di Indonesia.

Industri pertanian sendiri merupakan upaya pengelolaan, pengolahan sekaligus pemasaran dalam memanfaatkan hasil pertanian untuk mendapatkan nilai jual yang lebih tinggi.

Biasanya dalam Industri pertanian diantaranya melakukan pengolahan kembali bahan mentah yang dihasilkan pertanian lalu dijadikan suatu produk yang lebih memilih nilai fungsi dan nilai jual yang lebih tinggi.

“ketahanan pangan ialah bagaimana caranya untuk meningkatkan jumlah produksi, baik itu dalam sektor ekonomi perikanan, pertanian, perdagangan dll.

Serta bagimana pemerintahan bisa memfasilitasi masyarakat agar ketahanan pangan ini tidak diambil oleh Kapitalisme”

Terang Indra Firmansyah selaku narasumber pada talkshow yang diadakan di perguruan tinggi Institute Pendidikan Garut. (04 Agust 2022)

Apa saja produk yang bisa dihasilkan dari Industri pertanian ini?

Dilihat dari kestrategian jumlah konsumsi sekarang salah satu produk paling potensial yang dihasilkan dari industri pertanian adalah minyak goreng.

Dimana sampai saat ini pasokan minyak goreng masih kurang apabila dibandingkan dengan daya konsumsi di kalangan masyarakat.

selain itu, ada juga produk hasil dari Industri pertanian dilihat dari segi luas lahan pertanian yang ada di Indonesia adalah produk gula, kopi, teh serta sampai pada jenis makanan.

Yang sekarang ini sering dipasarkan dalam bentuk kasan instan dengan ukuran minimalis.

Serta apabila dilihat dari jenis komoditas yang bisa di ekpor dengan jumlah besar di Indonesia adalah produk karet, kopra, inti sawit, minyak sawit, kopi, sembako dan rempah-rempahan.

Apa tujuan Industri Pertanian?

Selain menjadi salah satu upaya mempertahankan ketahanan pangan untuk ekonomi Indonesia,

industri pertanian ini merupakan upaya pembudidayaan masyarakat indonesia yang dimana menjadi tulang punggung ekonomi di beberapa wilayah di Indonesia.

Dimana lahan yang paling bagus untuk digunakan sebagai lahan pertanian di Indonesia adalah di wilayah Jawa dan Bali. (Sumber : Indoinfo)

Kesimpulannya

Sampai saat ini sektor perekonomian jenis ini masih mendapat perhatian lebih dari pemerintah dikarenakan masih banyaknya kendala dalam sistem layanan

maupun proses pengolahan hasil panen pertaniannya itu sendiri.

Upaya pemerintahan sekaligus masyarakat untuk menjadikan industri pertanian supaya bisa memiliki kemampuan

untuk menopang sekaligus meningkatkan produktivitas agar daya konsumsi yang ada bisa terpenuhi.

Baik itu dari mancanegara maupun memenuhi konsumsi dari kalangan masyarakat di Indonesia.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai sektor industri pertanian.

Untuk informasi lebih lanjutnya anda bisa menunggu atau merequest melalui kolom komentar hal apa saja yang ingin anda ketahui mengenai sektor perekonomian ini.

Dapatkan selalu informasi terupdet, tips dan mengenai dunia usaha dan keuangan hanya di situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!