Tantangan – Tantangan Sektor Ekonomi Di Indonesia

http://bisnisonlineusaharumahan.com – Tantangan-Tantangan Sektor Ekonomi Di Indonesia. Pemulihan ekonomi ditahun 2022 ini terlihat dengan banyaknya informasi yang dihadirkan mengenai upaya-upaya yang dilakukan pemerintah untuk memulihkan ekonomi akibat krisis 2 tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19.

Tantangan – Tantangan Sektor Ekonomi Di Indonesia

Tantangan - Tantangan Sektor Ekonomi Di Indonesia
Kompas Money

1. DIGITALISASI PADA SEKTOR KEUANGAN

Digitalisasi yang semakin banyak digunakan pada sektor keuangan menjadi tantangan tersendiri bagi perkembangan ekonomi di Indonesia. Dimana sekarang transaksi keuangan apapun bisa dilakukan secara digital, seperti itu melalui e-commerce maupun aplikasi yang mudah didapat dan sudah tersedia di setiap smartphone.

2. KEMUDAHAN MENDAPATKAN PENDANAAN

Adanya kemudahan pendanaan justru menjadi tantangan ekonomi di Indonesia dimana sudah banyak masyarakat yang tertipu dan terjerat pinjol ilegal. Hingga pada bulan November 2021 satgas waspada investasi OJK telah memblokir sebanyak 3. 631 pinjol ilegal yg ada di Indonesia.

Dengan kemudahan pinjaman dana ini menyebabkan banyak praktik penagihan dan pencurian data kian marak terjadi. Banyak pengajuan yg dilakukan kepada OJK yakni seperti adanya pencairan tanpa persetujuan, ancaman penyebaran data pribadi, intimidasi dan teror terhadap kontak handphone, penagihan dengan kata-kata kasar sampai pelecehan seksual.

Perlunya meningkatkan literasi keuangan di tahun 2022 ini agar masyarakat tidak mudah tertipu dan terjerat lintah darat.

3. KEBANGKITAN SEKTOR EKONOMI PARIWISATA

Berdasarkan data yang disampaikan CNN INDONESIA pada tahun 2019 ada 16 juta kunjungan destinasi pariwisata lalu disusul penurunan jumlahnya yakni 4 juta pengunjung pada tahun 2020 serta 1,3 juta pada tahun 2021. Sayangnya, pengunjung pada tahun 2021 ini memang mengalami penurunan sangatlah drastis sampai di tahun 2022 ini semakin diperhatikan sektor pariwisata yakni di Batam, Bali, Banyuwangi dan destinasi prioritas lainya.

Pada bulan November sekarang KTTG20 ini akan dipegang presidensi oleh Indonesia dimana ada acara yang akan berlangsung di Bali dengan membahas berbagai membahas topik yakni mengenai sistem kesehatan di Indonesia, transformasi ekonomi digital dan transisi energi. KTTG20 ini di informasikan oleh CNN INDONESIA akan membawa banyak manfaat ekonomi diantaranya peningkatan konsumsi domestik mencapai 1,7 triliun rupiah, penambahan PDB Nasional 7,4 triliun rupiah hingga penyebaran tenaga kerja dari berbagai sektor.

4. TAHUN 2022 AKSELERASI PEMULIHAN EKONKMI

Tahun 2022 ini dianggap sebagai tahun akselerasi pemulihan ekonomi, setelah banyak penurunan ekonomi diberbagai sektor di tahun 2021 menimbulkan optimisme mengenai pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor di tahun 2022 ini. Terlihat dari target insvestasi pemerintah pada tahun 2022 yang mencapai 1200 triliun rupiah naik menjadi 900 triliun rupiah.

Nah, itulah tantangan yang dihadapi Indonesia mengenai pemulihan dan perkembangan ekonomi diberbagai sektornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!