Cara Menentukan Harga Lebih Besar Dari Produksi Pertanian 

Jabar Express, Cara Menentukan Harga Lebih Besar Dari Produksi Pertanian.

http://bisnisonlineusaharumahan.com -Cara Menentukan Harga Lebih Besar Dari Produksi Pertanian, topik bahasan kali ini memang sudah menjadi masalah yang sudah lama dialami para petani, apalagi ketika pengetahuan dan relasi mereka yang sangat rendah, hal ini dapat berbahaya dan dapat mengundang kecurangan dilain pihak yang memanfaatkan kesempatan ini untuk keuntungan dirinya sendiri.

Untuk itu, pada situs ini kami akan sedikit mengulas mengenai solusi bagaiamana caranya agar para petani bisa mendapatkan keuntungan sesuai haknya-Cara Menentukan Harga Produksi Pertanian Lebih Besar.

4 Cara Menentukan Harga Lebih Besar Dari Produksi Pertanian

1. JANGAN JUAL PRODUK SECARA BORONGAN DITEMPAT

Menjual secara borongan kepada konsumen ataupun kepada tengkulak, selain itu akan membuat mereka terbebani dengan jumlah hasil panen yang terlalu banyak sehingga akan sulit mengaturnya, petani pun akan mengalami kerugian mengenai harga yang ditentukan terlalu murah/rendah.

Selain harga borongan yang biasanya dijual lebih murah dan tentunya hal ini akan menghambat usaha Anda untuk balik modal lebih cepat, tidak akan sesuai dengan kerja keras yang sudah para petani lakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. Padahal, jika Anda petani Anda bisa menggunakan cara lain untuk menentukan harganya yakni membagi jumlah/ukuran menjadi bentuk yang kecil dengan menentukan harga di setiap ukuran, tentunya cara ini membutuhkan energi lebih untuk rajin menimbang dan memisahkannya. Namun, jika dilihat dari segi pemasukan uang hasil penjualannya Anda bisa mendapatkan harga lebih menguntungkan bagi para petani.

2. BERMITRA

Kemitraaan, yakni para petani yang memiliki mitra seperti pedagang-pedagang sayuran. Para petani juga bisa melakukan kontrak dengan berbagai pedagang lainnya seperti rumah makan dan sebagainya.

Selain bisa menjual hasil pertanian dengan harga sesuai keinginan, dengan cara membuat anda juga bisa memberikan manfaat lebih dari mereka kepada anda. Apalagi jika Anda bisa melakukan pembudidayaan tanpa menggunakan pestisida atau residu minimum sehingga para pembeli hasil pertanian Anda akan lebih berani menawarkan harga yang jauh lebih tinggi. Adanya hal tersebut dapat menguntungkan dari orang-orang yang memiliki bukti, karena ketika mereka sudah percaya tentang kualitas hasil pertanian yang anda miliki sangat bagus, mereka akan lebih mudah untuk menawarkannya kembali kepada konsumen berupa sayuran/buah-buahan yang baik, sehat, serta masih menjaga kealamiannya. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi seorang petani, mitranya maupun para konsumennya.

3. PEMASARAN ONLINE

Untuk menentukan harga yang lebih besar Anda bisa melakukan pemasaran secara online, sehingga Anda memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan lebih dari menjual terlebih dahulu kepada seorang kulakan atau pengepul. Dalam segi harganya pun bisa lebih menguntungkan kedua belah pihak yakni konsumen dan penjualnya.

Untuk pemasaran online tentunya Anda seorang petani yang tertarik untuk belajar mengenai teknik fotografi angle/sudut poto yang nantinya akan digunakan untuk mempotret hasil panen pertanian dengan gambar yang bagus untuk digunakan, hal itu dapat membantu Anda dalam menarik perhatian para konsumen.

4. PAMERAN TANI

Cara ini masih jarang dilakukan, sehingga masih asing untuk yang pertama kali. Pameran tani ini merupakan berupa pameran yang didalamnya berisi berbagai jenis tumbuhan.

Jika Anda atau para petani tidak memiliki modal untuk mengadakan pameran tani ini, Anda juga bisa menggunakan cara lain yakni berkolaborasi dengan instansi tertentu yang masih berhubungan dengan pertanian. tentunya anda bisa langsung memfasilitasinya sehingga acara anda untuk mengadakan pameran tani ini.

Tujuan dari cara ini ya agar para petani mampu menjual hasil pertaniannya dengan harga yang lebih tinggi, didalam pamerannya produk yang akan ditawarkan harus berkualitas dan juga bebas dari residu pestisida.

Jangan lupa untuk sertakan juga media yang dapat terhubung lebih lanjut antara penjual dan pembeli, agar proses pemasaran hasil pertanian selanjutnya lebih mudah untuk mendapatkan konsumennya.

Dapatkan selalu informasi terupdate, tips, mengenai dunia usaha dan keuangan hanya di situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!