10 Alasan Kenapa HP Android Bisa Lemot Saat Dipakai

http://bisnisonlineusaharumahan.com – Android ialah salah satu sistem pada handphone yang sering dan semakin banyak yang menggunakannya. Banyak sekali keluhan yang menyatakan bahwa Handphone android bisa lemot, bukan karena koneksi internetnya melainkan sistem yang terdapat pada handphonenya mulai mengalami penurunan kinerja.

Tentunya handphone yang lemot itu banyak sekali faktor penyebabnya, yang paling berpengaruh besar penyebab handphone anda lemot adalah penggunaan yang tidak teratur dan tidak sesuai dengan ketentuan pemakaiannya sehingga menyebabkan handphone yang digunakan tidak bekerja secara optimal. Berikut 10 alasan penyebab hp android anda lemot.

10 Alasan Kenapa HP Android Bisa Lemot Saat Dipakai

kompas.com

1. APLIKASI BAGROUND

Banyaknya aplikasi yang di instal menyebabkan banyak juga aplikasi yang berjalan di latar belakang handphone, meskipun anda tidak menggunakannya. Hal ini apabila di biarkan saja justru akan memakan sumber daya, mengurangi kinerja CPU yang ada pada handphone dan akan memguunakan kapasitas RAM yang besar sehingga bisa menjadi penyebab handphone anda lemot.

2. LIVE WALLPAPER

Sekarang banyak pengguna handphone yang tertarik menggunakan live wallpaper, padahal penggunaan ini jika terlalu sering setidaknya akan menghabiskan daya baterai lebih cepat.

3. PENYIMPANAN PENUH

Penyimpanan data pada handphone anda yang sudah penuh akan mengakibatkan kinerja sistem handphone melemah, sehingga akan membuat hp anda terasa lemot saat digunakan. Anda perlu membersihkan beberaoa file atau aplikasi yang memang anda tidak terlalu membutuhkannya.

Dalam jenis brand handphone tertentu penyimpanan yang penuh tidak hanya dapat membuat sistem handphonenya lemot, ada juga yang sampai handphone mati total sehingga anda harus mengganti MMC yang ada pada handphone dengan MMC yang baru. Untuk biaya mengganti MMC biasanya relatife cukup mahal, untuk itu agar hal ini tidak terjadi anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan handphone jan sampai digunakan secara terus menerus tidak teratur.

4. FILE UNDUHAN

Terlalu banyak file unduhan pun bisa menjadi penyebab handphone anda lemot saat digunakan. Jenis file unduhan bisa berupa poto, video atau file lainnya yang tersimpan di folder yang akan memakai banyak kapasitas penyimpanan atau menjadikan penyimpanan penuh.

Tentunya anda juga perlu untuk selalu membersihkan file yg sudah tidak digunakan lagi.

5. CACHE MENUMPUK

Cache, anda biasanya bisa menemukan menu “Cache” di profil setiap aplikasi yang sudah anda instal. Cache ini merupakan data sementara yang tersimpan di handphone anda, anda bisa menghapus cache ini apabila sudah terlalu banyak memakai kapasitas penyimpanannya, dengan menghapus cache setidaknya penyimpanan ponsel anda tidak akan terlalu penuh lagi. Karena hal ini tentunya bisa menjadi penyebab handphone anda lemot juga.

6. WIDGET BERLEBIHAN

Widget adalah fitur yang bisa anda gunakan dan tempel di layar tampilan handphone anda. Tapi anda harus hati hati juga karena penggunaan widget yang berlebihan akan menyebabkan handphone lemot.

7. MEMORI EKSTERNAL

Menambah memori eksternal tujuannya yakni supaya anda bisa menambah kapasitas penyimpanan pada handphone. Namun, apabila kualitas memorinya rendah, sehingga kurang terdeteksi memori external justru akan merusak sistem pada handphone anda.

8. RAM PENUH

Sebelumnya mungkin sudah terlihat bahwa apabila penyimpanan RAM sudah terpakai penuh maka handphone anda akan lemot, karena penggunakan dari banyak aplikasi maupun data lainnya mampu mengurangi dan memperlambat sistem handphone anda.

9. UPDATED SOFTWARE

Dalam memperbarui software biasanya memang tidak terlalu menampilkan perbedaan, namun, dengan mengupdate software yang lama menjadi baru tentunya bisa membuat handphone anda yidak lemot lagi dan hal ini bisa meningkatkan kinerja dari handphone anda.

10. BATERAI

Umur baterai yang sudah digunakan terlalu lama, atau penggunaannya yang yidak teratur bisa menyebabkan kehilangan tenaga ataupun mengurangi kinerja pada sistemnnya, CPU yang panas yaitu pengontrol menanjamen daya pada akan melambatkan proses kinerja prosesornya.

Begitulah penjelasan dari 10 alasan penyebab handphone anda menjadi lemot. Pada intinya anda sebagai pengguna harus bisa menjaga dan menggunakan handphone secara optimal yakni tidak terlalu berlebihan juga saat menggunakannya, juga aplikasi yang diinstalnya jangan terlalu banyak cukup yang sangat anda butuhkan saja.

Dapatkan selalu informasi terupdet, tips, mengenai dunia usaha dan keuangan hanya di situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!